Pelatihan Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, menyebabkan pemerintah menerapkan aturan belajar di rumah. Banyak kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Multimedia interaktif merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan guru. Program Studi Pendidikan Komputer FKIP ULM telah mengembangkan multimedia interaktif berbasis Geogebra yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika, yaitu multimedia interaktif pada materi Sistem Koordinat untuk siswa kelas VIII dan multimedia interaktif pada materi Fungsi Kuadrat untuk siswa kelas IX. Untuk itu akan dilakukan sosialisasi dan pelatihan khususnya kepada guru-guru matematika di SMP/MTS Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang berjumlah 33 orang. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan multimedia interaktif pada materi Sistem Koordinat untuk siswa kelas VIII dan multimedia interaktif pada materi Fungsi Kuadrat untuk siswa kelas IX. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan para guru dalam menggunakan Geogebra sebagai media pembelajaran interaktif untuk pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tangal 4 Agustus 2021 secara daring. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan diketahui bahwa 81.8% peserta menyatakan bahwa materi yang disampaikan pada pelatihan ini akan digunakan dalam mengembangkan bahan ajar di kelas dan dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan antusias dalam mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis geogebra.
The Covid-19 pandemic that has hit the world has caused the government to implement study rules at home. There are many obstacles faced in the implementation of distance learning. For this reason, learning media are needed that can assist teachers in delivering learning materials. Interactive multimedia is an alternative learning media that teachers can use. The Computer Education Study Program FKIP ULM has developed interactive multimedia based on Geogebra that is suitable for learning mathematics, namely interactive multimedia on the Coordinate System material for class VIII students and interactive multimedia on the material of Quadratic Functions for class IX students. For this reason, socialization and training will be carried out, especially for mathematics teachers at SMP/MTs in Banjarmasin City, South Kalimantan, totalling 33 people. This activity aims to introduce interactive multimedia on Coordinate System material for class VIII students and interactive multimedia on Quadratic Function material for class IX students. This activity is expected to improve the skills of teachers in using Geogebra as an interactive learning medium for learning. This training activity will be held online on August 4, 2021. Based on the results of the activity evaluation, it was found that 81.8% of participants stated that the material presented in this training would be used in developing teaching materials in the classroom, and it can be concluded that the trainees were enthusiastic about developing GeoGebra-based interactive multimedia learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (Animasi software geogebra dan alat peraga) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. Jurnal SOLMA, 9(2), 354–360. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.3975
Aris, N., Erawaty, N., Massalesse, J., Sirajang, N., Wahda, K., & Jaya, A. K. (2019). Peningkatan kualitas pembelajaran matematika bagi guru sma melalui media google classroom dan geogebra. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 196–200.
Dewantara, D., Misbah, M., & Wati, M. (2020). The implementation of blended learning in analog electronic learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012002
Goldschmidt, K. (2020). The Covid-19 pandemic: Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, 53. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Himmah, F. (2017). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan ispring suite 8 pada sub materi zat aditif untuk meningkatkan hasil belajar siswa smp kelas viii. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73–82.
Kharisma, N. N., Roesminingsih, M. V., & Suhanadji, S. (2020). Gambaran kebutuhan pembelajaran daring pkbm budi utama surabaya pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan NonFormal, 15(1).
Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan program geogebra dan casyopee dalam pembelajaran geometri ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Mercumatika, 1(2), 119–131.
Misbah, M., Khairunnisa, Y., Amrita, P. D., Dewantara, D., Mahtari, S., Syahidi, K., & Deta, U. A. (2021). The effectiveness of introduction to nuclear physics e-module as a teaching material during covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 12052.
Qurohman, Q., Taufik, M., Romadhon, A., Syaefani, S., & Wulandari, R. (2018). Peningkatan kompetensi siswa dan guru. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 3, 1–4.
Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Wiranda, N., Purba, H. S., & Rosyadi, I. (2021). Pelatihan penggunaan learning management system (LMS) untuk Peningkatan kompetensi pengajar dalam pengelolaan kelas online saat pandemi covid-19. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 205–210.
Tani, S., & Ekawati, E. Y. (2017). Peningkatan kemandirian belajar peserta didik pada materi teori kinetik gas melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite 8. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 7(2), 13–16.
Zayyadi, M., Lanya, H., & Irawati, S. (2019). Geogebra dan maple sebagai media pembelajaran matematika untuk meningkatkan kualitas guru matematika. Abdimas Dewantara, 2(1), 53. https://doi.org/10.30738/ad.v2i1.2919.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |