Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Open Journal Systems (OJS) bagi Guru di SMPN 8 Banjarbaru

Dodon Turianto Nugrahadi, Muliadi Muliadi, Rudy Herteno

Abstract


Guru sebagai individu tenaga pendidik dan profesional khususnya guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) diharapkan dapat peningkatan pangkat dan jabatannya. Untuk meningkatkan pangkat dan jabatan tersebut perlu memiliki syarat, yaitu salah satunya karya ilmiah. Karya ilmiah yang memenuhi syarat adalah karya ilmiah yang diterbitkan oleh penerbit dimana harus terdapat dewan redaksinya atau suatu lembaga pemerintah yang disebarluaskan kepada masyarakat. Kurangnya pengetahuan tentang tata cara publikasi karya ilmiah secara online merupakan salah satu penyebab kurangnya karya ilmiah yang dihasilkan guru. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru tetnag proses pendaftaran dan submit karya ilmiah melalui Open Journal System (OJS). Pengabdian ini ditunjukan kepada tenaga pendidik, yaitu guru PNS yang memiliki pangkat fungsional dan ingin melakukan kenaikan. Metode yang digunakan untuk pelatihan dan pendampingan ini adalah penyampaian teori dan praktek langsung menggunakan OJS. Target serta luaran dari kegiatan ini adalah: (1) Terlaksananya kegiatan pelatihan pengelolaan dan penggunaan jurnal bagi guru SMPN 8 Banjarbaru (2) Meningkatkan kemampuan guru dalam memahami proses penerbitan karya ilmiah. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan setelah kegiatan ini, sekitar 80% peserta dapat melakukan proses pendaftaran dan submit karya ilmiah pada OJS yang telah disediakan.

Teachers, as professional educators, are required to increase their rank and position. There are requirements to improve ranks and positions and scientific work. Published scientific papers are works published by a publisher with an editorial board or a government agency and disseminated to the public. Lack of knowledge about the procedures for publishing scientific papers online is one of the causes of teachers' lack of scientific papers. This Community Service aims to provide knowledge and skills to teachers regarding the registration process and submitting scientific papers through the Open Journal System (OJS). This service is aimed at educators, in this case, educators (teachers) who have functional ranks, most of whom currently have not received registration training from OJS publishers. The method used for this training and mentoring is the delivery of theory and direct practise using OJS. The targets and outcomes of this activity are: (1) the implementation of training in the management and use of journals for teachers at SMPN 8 Banjarbaru; (2) Improving teachers' understanding of the process of publishing scientific papers. Based on the evaluation results carried out after this activity, around 80% of participants were able to register and submit scientific papers to the Open Journal System provided.


Keywords


Guru; OJS; Publikasi; Karya Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 59–65.

Arief, I., & Handoko. (2017). Jurnal online dengan open journal systems. Padang: LPTIK Universitas Andalas.

Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan

Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru, (2001).

Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penulisan artikel. Ecogen, 2(4), 596–600.

Mauko, I. C., Setiohardjo, N. M., & Noach, F. P. (2017). Pengembangan website unit penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan penerapan jurnal elektronik berbasis opensource di Politeknik Negeri Kupang. Jurnal Ilmiah FLASH, 3(2), 100–108.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan, (2007).

Sari, D. B. K. (2020). Pengenalan Open Jornal System Madika Pusat Pendidikan Dan Pelatihan. Medika, 5(1), 95–106.

Shiddieq, D. F., Purwanto, H., & Santoso, A. B. (2018). Pemanfaatan open journal system pada jurnal teknologi informasi LPKIA Bandung. LPKIA, 11(2), 40–48.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, (2005).




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats