Peningkatan Soft Skill Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Islam Riau memiliki tujuan utama untuk meningkatkan soft skill guru PAUD yang berada di daerah agar tetap memiliki semangat mengajar dan mengembangkan kompetensi diri. Sasaran pelaksanaan kegiatan kepada seluruh guru PAUD Kecamatan Kuantan Mudik, dimana kegiatan dilakukan pada tanggal 6-7 Oktober 2021 di KB Mawar Putih Kecamatan Kuansing Mudik Kabupaten Kuantan Sengingi yang berjumlah 12 orang. Metode kegiatan berupa ceramah dan prktik langsung dengan peserta. Hasil pelatihan dan pendampingan ini agar para guru dapat memperhatikan dan mengembangkan soft skill dalam kehidupan sehari-hari sebagai guru professional dan menjadi teladan bagi para peserta didik. Selain itu, guru PAUD dapat menguasai teknik mendongeng yang baik dan mempraktekkan kepada peserta didik di sekolah masing-masing.
Community service carried out by a team of lecturers and students at the Islamic University of Riau has the main goal of improving the soft skills of PAUD teachers in the area so that they have the spirit of teaching and developing self-competence. The activity's target is all PAUD teachers in Kuantan Mudik District. The activity will be carried out on 6-7 October 2021 at the Mawar Putih KB, Kuansing Mudik District, Kuantan Sengingi Regency, totalling 12 people. The activity method is in the form of lectures and direct practice with participants. The results of this training and mentoring are so that teachers can pay attention and develop soft skills in daily life as professional teachers and become role models for students. In addition, PAUD teachers can master good storytelling techniques and practice them on students in their respective schools.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Mufti, A. Y. (2016). Soft skill bagi guru dalam pendidikan islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).
Aprianti, E. (2019). Pengaruh komunikasi interpersonal dalam kegiatan mengajar antara guru dan murid paud pada proses pembentukan karakter. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 1–9.
Asmawati, L., Suparno, S., & Hidayat, S. (2020). Peningkatan literasi guru paud melalui pelatihan mendongeng. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 133–144.
Konaspi. (2016). Arah Kebijakan Pendidikan Guru di Indonesia.
Musaropah, U. (2016). Pemberdayaan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini berbasis pesantren. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 177–185.
Nuryati, N. (2016). Pengembangan kompetensi profesional guru pendidikan anak usia dini melalui pemberdayaan organisasi himpaudi di kecamatan serang. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 165–176.
Puspitasari, N. A., Hidayatullah, S., & Jupri, A. R. (2019). Revitalisasi sastra lisan melalui pelatihan media dan waktu mendongeng bagi orang tua dan guru paud/tk aisyiah di jakarta selatan. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(2), 115–121.
Rokhimawan, M. A. (2012). Pengembangan soft skill guru dalam pembelajaran sains sd/mi masa depan yang bervisi karakter bangsa. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 49–61.
Sujiono, & Yuliani, N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.
Syarifah, F. (2013). Nilai Pendidikan dalam kumpulan dongeng-dongeng asia kanggo bocah-bocah seri 1, 2, dan 3. ADITYA-Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa, 3(6), 18–23.
Wahyuni, I. W. (2021). Descriptive study on the effectiveness of interpersonal communication of paud teachers in mandiangin village. International Journal of Latest Research in Humanities and Social Science, 4(3), 58–63.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Pendampingan penyusunan administrasi paud sekato desa mandiangin kecamatan minas kabupaten siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 125–132.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |