Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru-Guru SD Sebagai Upaya Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi

Widayati Widayati, Aan Hendroanto

Abstract


Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Madureso Kuwarasan Kebumen, selama masa pandemi kurang efektif, karena siswa masih tetap harus didampingi dalam belajar. Di sisi lain, guru juga belum memiliki kemampuan dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang interaktif secara daring. Dari dua permasalahan tersebut, guru memerlukan pelatihan pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Solusi dari permasalahan ini yaitu menggunakan media pembelajaran yang dipadukan dengan media waqom agar pembelajaran menjadi interaktif.  Pelatihan ini dilaksanakan menjadi dua tahap yaitu pelatihan pembuatan video menggunakan aplikasi screen recording dan pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan pen tablet waqom. Selain itu dilaksanakan pendampingan bagi guru untuk menerapkan produk dalam pembelajaran matematika daring. Kegiatan dilaksanakan mulai bulan Juni sampai dengan bulan November 2021. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 4 pertemuan secara daring maupun luring dengan peserta sebanyak 25 guru. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan guru yang semula belum mengenal penggunaan screen recording dan waqom menjadi tertarik untuk mengaplikasikannya dalam kegiatan pembelajaran.

During the pandemic period, learning at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Madureso Kuwarasan Kebumen was less effective because students still had to be accompanied in learning. On the other hand, teachers cannot develop interactive online mathematics learning. From these two problems, teachers need interactive learning training to improve students' understanding. The solution to this problem is to use learning media combined with waqom media so that learning becomes interactive. This training was carried out in two stages: training on making videos using a screen recording application and training on making learning videos using a waqom pen tablet. In addition, mentoring is also provided for teachers to apply products in online mathematics learning. The activities are carried out from June to November 2021. This activity was held four times online and offline with 25 teachers. This activity showed that teachers who were previously unfamiliar with the use of screen recording and waqom became interested in applying them in learning activities.


Keywords


Media Interaktif; Screen Recorder; Video Pembelajaran; Waqom

Full Text:

PDF

References


Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.

Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, 2(1), 47–66.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar, 96–102.

Harahap, M. Y., & Sukriah, Y. (2020). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di kelas x smk swasta muhammadiyah-13 sibolga. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 117–128.

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166.

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2014). Analisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik sekolah menengah pertama dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika (studi kasus eks-karesidenan madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1).

Mafidah, E. (2021). Efektivitas video pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga dengan menggunakan pen tablet. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 315–322.

Maharani, N. (2021). Analisis kebutuhan bahan ajar video berbasis pen tablet dalam pembelajaran topik integral selama pandemi covid-19. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 41–48.

Rhine, S., Harrington, R., & Olszewski, B. (2015). The role of technology in increasing preservice teachers’ anticipation of students’ thinking in algebra. Contemporary Issues in Technology & Teacher Education, 15(2), 85–105.

Rivai, A., & Sudjana, N. (2009). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rumidjan, R., Sumanto, S., Sukamti, S., & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan pembuatan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Samura, A. O. (2016). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1).

World Health Organization. (2021). WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard Information.

Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 234–237.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats