Workshop Penyusunan Bahan Ajar Elektronik Topik Dinamika Partikel Bermuatan Ayat-Ayat Al-Quran

Dewi Dewantara, Abdul Salam M, Sarah Miriam, Misbah Misbah

Abstract


Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan No. 3 Tahun 2017 pasal 4 tentang penyelenggaraan pendidikan menyatakan bahwa maksud penyelenggaran pendidikan yaitu menyiapkan sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, berilmu, cerdas, cakap, kreatif, mandiri dan unggul. Untuk menyelaraskan dengan hal tersebut, maka tim mengadakan “Workshop Penyusunan Bahan Ajar Elektronik Topik Dinamika Partikel Bermuatan Ayat-Ayat Al-Quran”. Hal ini agar guru terlatih dalam menyusun bahan ajar elektronik yang bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an. Mitra adalah Guru MGMP Fisika Kabupaten Tanah Bumbu. Pelatihan dilaksanakan pada bulan Maret- Juni 2021. Metode kegiatan dibagi menjadi tiga tahap yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian ini  berjalan dengan lancar. Guru pada akhirnya mampu menyusun bahan ajar elektronik dinamika partikel bermuatan ayat-ayat Al-Quran secara mandiri. Guru akan mengimplementasikan bahan ajar yang telah disusun sehingga permasalahan pada mitra dapat diminimalisir.

  

South Kalimantan Provincial Regulation No. 3 of 2017 Article 4 concerning the implementation of education states that providing education prepares human resources who are faithful and devoted to God Almighty, healthy, knowledgeable, intelligent, capable, creative, independent and superior. The team held a "Workshop on the Preparation of Electronic Teaching Materials on the Topic of Particle Dynamics Containing Al-Quran Verses" to harmonize with this. This is so that teachers are trained in compiling electronic teaching materials containing verses of the Qur'an. Partners are MGMP Physics Teachers in Tanah Bumbu Regency. The training will be held from March-June 2021. The activity method is divided into three stages, namely preparation, implementation, and evaluation. This service is running smoothly. The teacher can finally independently compose electronic teaching materials for particle dynamics charged with Al-Quran verses. The teacher will implement the teaching materials prepared so that problems with partners can be minimized.

  


Keywords


Bahan Ajar Elektronik; Bermuatan Ayat-Ayat Al-Qur’an; Workshop

Full Text:

PDF

References


Anisah, A., Wati, M., & Mahardika, A. I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran getaran dan gelombang dengan model inkuiri terstruktur untuk siswa kelas viiia smpn 31 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1.

Azhary, Y., Mastuang, & Dewantara, D. (2021). Development of linear impulse and momentum teaching material with al-quran verses to practice students’ problem solving skills: validity review. The 1st International Conference on Education and Technology.

Elmasari, Y. (2017). Pengaruh bimbingan guru teknik informatika terhadap kesiapan siswa dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 2(2), 128–132.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 6(1), 14–25.

Fitriah, L. (2019). Efektivitas buku ajar fisika dasar 1 berintegrasi imtak dan kearifan lokal melalui model pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 82–96.

Hendriansyah, I., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2018). Penerapan model generatif dalam pembelajaran fisika untuk mengatasi hasil belajar dan miskonsepsi siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 336–344.

Hidayat, R., M, A. S., & Dewantara, D. (2021). The development of electronic teaching materials on linear impulse and linear momentum to improve students’ scietific literacy. Journal of Physics: Conference Series, 2104.

Marlina, Mastuang, & Dewantara, D. (2021a). Kepraktisan bahan ajar dinamika partikel bermuatan ayat-ayat al-qur’an menggunakan model pengajaran langsung. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 88–92.

Marlina, Mastuang, & Dewantara, D. (2021b). Validity of learning material about particle dynamics contained quranic verses using direct instruction model. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 371–378.

Misbah. (2016). Identifikasi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada materi dinamika partikel. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–5.

Mujab, A. I., Setyadi, A., & Rukiyah. (2015). Persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dalam layanan referensi di perpustakaan universitas katolik soegijapranata. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 1–7. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9513

Novitasari, N. (2016). Profil kemampuan memahami materi dinamika partikel pada siswa SMA kelas X. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 7, 41–44.

Nurilyasari, D. F., Zainuddin, A., & Hariyanto, P. A. (2018). Analisis keterampilan pemecahan masalah pada mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Surabaya materi dinamika gerak partikel. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 3(1), 15–21.

Setiawati, R. (2013). Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing untuk mengoptimalkan sikap ilmiah peserta didik pada pokok bahasan listrik dinamis di sma n 8 purworejo kelas x tahun pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 24–27.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats