Impelementasi Literasi Numerasi Kampus Merdeka di SDIT Darul Hikam Insani
Abstract
Tujuan dari pengabdian ini untuk mengimplementasikan kegiatan literasi dan numerasi dalam upaya menghidupkan pembelajaran di SDIT Darul Hikmah Insani. Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh ketidakefektifan Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) di SDIT Darul Hikmah. Kegiatan pengabdian yang diadakan adalah kelas tutor dan yang menjadi sasaran utamanya adalah para siswa yang masih kurang paham mengenai literasi dan numerasi. Keberhasilan program diukur dari sejumlah soal yang diberikan pada siswa seputar literasi dan numerasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan kelas tutor yang mengajarkan literasi-numerasi pada siswa berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan utamanya. Kelas tutor yang dilaksanakan setiap habis pembelajarn ini berfokus pada pengajaran literasi-numerasi pada siswa yang mengalami keterlambatan pemahaman. Dalam mengatasi kendala tersebut SDIT Darul Hikam Insani bersama mahasiswa Kampus Mengajar meningkatkan pendekatan terhadap siswa dengan cara menambah jam untuk belajar literasi-numerasi setiap hari Senin-Jumat setelah jam pelajaran wajib selesai, tepatnya dari jam 10.30-11.00 WIB selama 2 Agustus-17 Desember 2021.
The purpose of this service is to implement literacy and numeracy activities in an effort to revive learning at SDIT Darul Hikmah Insani. This dedication is motivated by the ineffectiveness of Distance Learning (PJJ) at SDIT Darul Hikmah. The service activities held are tutor classes and the main targets are students who still do not understand literacy and numeracy. The success of the program is measured by a number of questions given to students about literacy and numeracy. The data collection techniques used in this service are documentation, interviews, and observations. The results of this service activity indicate that tutor class activities that teach literacy-numeracy to students are going well to achieve its main goal. The tutor class, which is held after each lesson, focuses on teaching numeracy-literacy to students who experience delays in understanding. In overcoming these obstacles, SDIT Darul Hikam Insani and Campus Teaching students improve their approach to students by adding more hours to study literacy-numeracy after compulsory school hours are over, from 12.00-13.00 WIB (2 August-17 December 2021) to be exact.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.
Darwanto, Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah (Sebuah upaya menghadapi era digital dan disrupsi). Jurnal Eksponen, 11(2), 25–35.
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan i program merdeka belajar kemdikbud di sekolah dasar. Jurnal Dedikasi, 1(20), 1–8.
Kusumawati, I. (2016). Landasan filosofis pengembangan karakter dalam pembentukan karakter. Academy Of Education Journal. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–15.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Literasi berbahasa indonesia usia prasekolah: Rancangan metode dia tampan dalam membaca permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 434–441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Rachman, B. A., Fidaus, F. S., Mufidah, N. L., & Sadiyah, H. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.
Rahman, K. (2018). Perkembangan lembaga pendidikan islam di indonesia. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1), 1–14.
Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan program kampus mengajar perintis pada sekolah dasar tedampak pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(54), 42–49.
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Jurnal Metodik Didaktik, 16(2), 102–107.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5069
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |