Pendampingan Belajar Bagi Siswa Selama Pandemi Covid-19 di Dukuh Blagung, Desa Teter, Kabupaten Boyolali
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan KKN ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan aspek pendidikan akibat adanya Pandemi Covid-19 yang terjadi di Dukuh Blagung, Desa Teter, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Adapun program kegiatan pengabdian ini secara garis besar terbagi menjadi empat program utama yaitu bimbingan belajar, pendampingan belajar dengan pendekatan fun learning, sosialisasi psikoedukasi dan pengembangan taman baca. Pelaksanaan kegiatan pengabdian melalui kegiatan KKN ini dilaksanakan selama Bulan Agustus 2021 dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Segala pelaksanaan program yang direncanakan seperti bimbingan belajar, pendampingan belajar dengan pendekatan fun learning, sosialisasi psikoedukasi telah berlangsung dengan sukses dan lancar dengan antuasiasme siswa yang mengikuti dan serta dukungan dari para orang tua. Selanjutnya kegiatan pengembangan taman baca juga melibatkan warga masyarakat dalam pelaksanaannya dengan harapan dapat dikelola dengan baik oleh masyarakat kedepannya. Implikasi dari kegiatan pengabdian diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa untuk mengikuti pembelajaran dan menambah pengetahuan melalui cara-cara yang menyenangkan.
Community service activities through KKN activities aim to overcome problems in the educational aspect due to the Covid-19 Pandemic that occurred in Dukuh Blaagung, Teter Village, Simo District, Boyolali Regency. The service activity program is broadly divided into four main programs: tutoring, learning assistance with a fun learning approach, psychoeducational socialization, and reading gardens development. The implementation of service activities through KKN activities will be carried out during August 2021 while still using health protocols. All planned program implementations such as tutoring, learning assistance with a fun learning approach, and psychoeducational socialization have been carried out successfully and smoothly with the enthusiasm of students participating and with support from parents. Furthermore, reading garden development activities also involve community members in its implementation in the hope that the community can manage it properly in the future. The implications of service activities are expected to increase students' enthusiasm for learning to participate in learning and increase knowledge through fun ways.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., Imtihan, Z., Hasmiati, W., Mustapida, H., & Sukenti, K. (2021). Optimalisasi minat belajar dengan metode fun learning pada era new normal di desa sengkerang, kecamatan praya timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 2–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.682
Chairulhaq, A. I., Hendarti, A. M., Fendi, R. M., & Fitrianto, A. R. (2021). Pendampingan belajar daring untuk mengurangi kecanduan gadget pada siswa sekolah dasar optimizing online learning assistance to reduce gadget. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 5(2), 63–74. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/2023/619
Darmayanti, N. W. ., & Sueca, I. N. (2020). Pendampingan bimbingan belajar di rumah bagi siswa sd dusun buruan tampaksiring untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2206
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan belajar di rumah bagi siswa sekolah dasar terdampak covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Ilpaj, S. M., & Nurwati, N. (2020). Analisis pengaruh tingkat kematian akibat covid-19 terhadap kesehatan mental masyarakat di indonesia. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 16. https://doi.org/10.24198/focus.v3i1.28123
MacDonald, C. (2012). Understanding PAR: A qualitative research methodology. Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34–50. file:///C:/Users/Christelle/Downloads/37-Article Text-89-1-10-20120913.pdf%0Ahttps://pdfs.semanticscholar.org/3b78/ecfe0b4a0a7591d2ea068c71e8ea320ff451.pdf
Mawaddah, N., Sari, I. P., Fatmawati, A., Suhartanti, I., Prasetya, A., Ariyanti, F. W., Puspitarini, A. D., Keluarga, K., & Psikososial, M. (2021). Psikoedukasi ketangguhan keluarga mengatasi masalah psikososial di masa pandemi covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 998–1003.
Nasution, E. Y. P., & Veronica, D. (2022). Program bimbingan belajar (BIMBEL) matematika untuk siswa sd di desa semerap pada era pandemi covid-19. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.35970/madani.v4i1.771
Nurmala, R. (2021). Optimalisasi pendampingan belajar home learning di era pandemi covid-19 di binalatung pantai amal kota tarakan. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 138–145. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.74
Rosidah, A., Faizal, N., & Pringsewu, U. M. (2020). Bimbingan belajar teknik problem solving. Fokus Konseling, 6(1), 54–59.
Rustantono, H. (2021). Pendampingan kualitas pendidikan di era pandemi. Madaniya, 2(4), 355–360.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |