Sosialisasi Pentingnya Nilai-nilai Pancasila dan Eksistensinya bagi Mahasiswa
Abstract
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk membantu mahasiswa HKBP Nommensen Universitas Pematangsiantar menggunakan dan menyebarluaskan karakter Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, karena Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara multikultural, yang dibuktikan dengan keragaman ras, suku, agama dan budaya. Metode Kegiatan sosialisasi ini di lakukan dengan tiga tahap yaitu adalah penyerahan materi, bagian dari sesi tanya jawab dengan mahasiswa, pembagian hadiah kepada mahasiswa. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini adalah banyak adat istiadat yang diungkapkan dalam bahasa Pancasila, yaitu Bhineka Tunggal Ika, memiliki arti yang berbeda tetapi tetap sama. Pancasila sebagai dasar negara harus menjadi ruh budaya individu negara. Dengan mengajarkan karakter Pancasila sejak dini, Indonesia akan kuat dan fleksibel dalam menghadapi kesulitan. Oleh karena itu kesimpulan yang ditarik dan kegiatan sosialisasi ini adalah bahwa Pancasila ingin mencerminkan harkat dan martabat dunia yang dikenal agar dapat diwujudkan dalam kehidupan nyata. Semoga karakter Pancasila ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
This socialization activity aims to help HKBP Nommensen students at Pematangsiantar University use and disseminate the character of Pancasila in their daily lives because Pancasila is the basis of the Indonesian state. Indonesia is a multicultural country, as evidenced by the diversity of race, ethnicity, religion and culture. Methods: This socialization activity was carried out in three stages: submission of materials, part of a question and answer session with students, and distribution of prizes to students. The result of this socialization activity is that many customs expressed in the language of Pancasila, namely Bhineka Tunggal Ika, have different meanings but remain the same. As the basis of the state, Pancasila must be the individual state's cultural spirit. By teaching the character of Pancasila from an early age, Indonesia will be strong and flexible in facing difficulties. Therefore, the conclusion drawn from this socialization activity is that Pancasila wants to reflect the dignity of the known world so that it can be realized in real life. Hopefully, this Pancasila character can be applied in everyday life.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, M. M., Perdana, D. R., & Supriyono, S. (2021). Nilai pluralistik: Eksistensi jatidiri bangsa indonesia dilandasi aktualisasi penguatan identitas nasional. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 10–20.
Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Al Amin, M. D. A. (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 2(1), 11–18.
Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 50–64.
Bo’a, F. Y. (2018). Pancasila sebagai sumber hukum dalam sistem hukum nasional. Jurnal Konstitusi, 15(1), 21. https://doi.org/10.31078/jk1512
Darmadi, H. (2020). Apa mengapa bagaimana pembelajaran pendidikan moral pancasila dan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn): konsep dasar strategi memahami ideologi pancasila dan karakter bangsa. An1mage.
Fauzan, M., Suminar, S., Armiansyah, R., Ratnasari, R., & Wulandari, A. (2021). Analisis penerapan nilai-nilai pancasila dan strategi kepuasan pelanggan di dalam visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan manufacturing di PT. AW Faber Castell, Bekasi. Prosiding EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 33–50.
Hasanah, U. (2021). Implementasi nilai-nilai pancasila di kalangan generasi millenial untuk membendung diri dari dampak negatif revolusi indutri 4.0. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52–59. https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.705
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.
Lestari, P., Sunarto, S., & Cahyono, H. (2021). Implementasi nilai-nilai pancasila pada sila kelima dalam pembelajaran. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), 130–144.
Muslich, A. (2018). Nilai-nilai filosofis masyarakat jawa dalam konteks pendidikan karakter di era milenial. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2).
Nurgiansah, T. H. (2020). Fenomena prostitusi online di kota yogyakarta dalam persfektif nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Diterbitkan Oleh: Jurusan Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial-Universitas Negeri Medan.
Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Sari, I. N. (2018). Idealisasi ideologi pancasila untuk pencegahan radikalisme melalui aktivitas bela negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1680–1687. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.13103
Rusman, E. S. (2018). Implementasi politik hukum islam dalam perumusan piagam jakarta. Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies, 2(01). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/jicl.v4i1.4331
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Penerbit Lakeisha.
Sidjabat, B. S. (2021). Membangun pribadi unggul: suatu pendekatan teologis terhadap pendidikan karakter. PBMR ANDI.
SS, A. W. D. (2015). Pancasila dan multikulturalisme Indonesia. Studia Philosophica et Theologica, 15(2), 109–126.
Widisuseno, I. (2012). Pendidikan berbasis multikulturalisme suatu upaya penguatan jatidiri bangsa. HUMANIKA, 15(9). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/humanika.15.9.
Widiyastuti, R. (2020). Kebaikan akhlak dan budi pekerti. Alprin.
Widodo, R. A. P., & Pandin, M. G. R. (2021). Implementation of the Pancasila Lifestyle for the Life of the Millennial Generation 4.0 in the Era of Globalization. Preprints, 2021060287
https://doi.org/10.20944/preprints202106.0287.v1
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |