Pelatihan Foto Produk bagi Aswan Snack
Abstract
Pengabdian masyarakat ini mengulas masalah yang dihadapi UMKM/UKM pada masa pandemi Covid-19. Aswan Snack tidak bisa menjual dagangannya karena masih berdagang secara offline. Penjualan secara daring masih merupakan hal yang baru, karena itu dilakukan pelatihan foto produk agar pihak mitra bisa aktif berjualan secara daring. Mitra juga diberikan bantuan studio mini portabel, tripod, ring fill light dan latar foto produk portabel. Perlengkapan tersebut diberikan agar memudahkan mitra untuk berlatih sendiri setelah pelatihan selesai. Pelatihan dilaksanakan pada 11 September 2021 dengan menggunakan studio mini portabel yang merupakan cara yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan. Penggunaan ring fill light dan tripod membutuhkan persiapan yang lebih lama daripada mini studio portabel, karena berkaitan dengan penataan alat dan penempatan cahaya yang tepat. Latar untuk memotret dengan tema berbeda yakni kayu dan makanan menjadi tambahan keanekaragaman pilihan ketika mitra ingin menggali ide foto. Pengabdian masyarakat ini mampu mengajak mitra untuk berpikir lebih kreatif dalam mempromosikan produk snacknya. Terlihat dari pihak mitra mencoba tahapan memotret produk mulai dari penggunaan mini studio portabel, hingga gabungan dari ring fill light, tripod dan latar foto secara bersamaan. Kesimpulan kegiatan ini, mitra bisa mempromosikan usaha yang sedang digeluti secara lebih luas melalui sosial media. Kegiatan serupa dapat diselenggarakan dengan melibatkan mitra yang lebih luas dan banyak.
This community service reviews the problems faced by MSMEs/SMEs during the Covid-19 pandemic. Aswan Snack cannot sell its products because it is still trading offline. Selling online is a new matter. Therefore product photo training is conducted so that partners can actively sell online. Partner is also given a set of simple photo equipment: a portable mini studio, a tripod, a fill light ring, and portable photo backdrops. The equipment is provided to make it easier for partners to practice independently after the training is completed. The training is held on September 11, 2021, using a portable mini-studio, the simplest and easiest way to do the photo session. The fill light ring and tripod require more preparation than the mini-studio because they need the right setup and placement. The photo backdrops, available in different themes, become additional variations when partners want to explore more. This community service can offer partners to think more creatively in promoting their snack products online. It can be seen from the partner trying the stages of photographing products, starting from using a portable mini studio to a combination of ring fill light, tripod, and photo background simultaneously. In conclusion, the partner can promote its products widely through social media with proper photos. Similar activities can be organized by involving a wider range of partners.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrian, T., Rusli, E., & Arsita, A. (2018). Foto produk amanda griya kebaya dengan elemen pendukung bangunan cagar budaya di yogyakarta. Spectã: Journal of Photography, Arts, and Media, 2(1), 69–80. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/specta.v2i1.2469
Athalla, J. (2016). Memotret foto produk untuk toko online dengan smartphone (A. Fajar (ed.)). PT Grasindo.
Gunawan, A. P. (2012). Peranan warna dalam karya fotografi.
Humaniora Vol.3 No.2, 3(2), 540–548. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3397
Gunawan, A. P. (2015). Pencahayaan dalam studio fotografi. Jurnal Dimensi : Seni Rupa Dan Desain, 12(1), 81–102. https://doi.org/https://doi.org/10.25105/dim.v12i1.101
Islam, A., & Wahab, S. A. (2020). Configuring a quadruple helix innovation model (QHIM) based blueprint for malaysian SMEs to survive the crisis happening by covid-19. Https://Www.Researchgate.Net/.
https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20931.35364
Kretova, A. (2013). Product Photography for an Online Store and a Printed Catalogue [Helsinki Metropolia University of Applied Sciences]. https://core.ac.uk/download/pdf/38098055.pdf
Kurniawansyah, H. (2020). Food photography goodfellas resto dengan pendekatan still life. Arty: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 11–32.
Kusuma, A., Amalia, D., K, M. A., & F, I. D. (2020). Pelatihan fotografi periklanan terhadap pelaku umkm di dolly surabaya. JABN: Abdimas Bela Negara, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jabn.v1i1.2
Maryati, W., & Masriani, I. (2019). Peluang bisnis di era digital bagi generasi muda dalam berwirausaha : strategi menguatkan perekonomian. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 53–58. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.62
Muliawan, K. D., & Pradnyanita, S. I. (2021). Analisa teknik fotografi dalam tren food photography. Jurnal Nawala Visual, 3(1), 40–46. https://doi.org/https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v3i1.193
Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). Pelatihan teknik foto produk menggunakan smartphone untuk meningkatkan visual branding usaha rintisan. J-Abdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347–356. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/126
Rosadi, D. (2020). Digitalisasi UMKM jadi kunci bertahan di kala pandemi. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/doddyrosadi/berita/5f96d4c419a73/digitalisasi-umkm-jadi-kunci-bertahan-di-kala-pandemi
Sanni, M. I., Dian, Y., & Ramdhan. (2016). Pemanfaatan angle fotografi pada foto dokumentasi. Jurnal Cices, 2(1), 24–31. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/cices.v2i1.189
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan usaha mikro, kecil dan menengah dari dampak pandemi covid-19. Fokbis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi Vol. 19, No. 1, 19(1), 76–86. https://doi.org/https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575
Wahyuningtyas, A. C. (2019). Berbisnis online melalui media sosial. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 96–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.18197
Wibowo, A. A. (2015). Fotografi tak lagi sekedar alat dokumentasi.
Imajinasi Jurnal Seni, 9(2), 137–142. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/imajinasi.v9i2.8847
Yulianto, A. (2021). Pelatihan foto produk dengan studio mini dari kardus di warga rt 02 jajar, sukabumi. jUARA:Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 2(2), 151–160. https://doi.org/10.25105/juara.v2i2.9817
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5186
Refbacks
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |