Pendampingan Penyusunan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Darussalam Gontor

Andi Triyawan, Diajeng Nurul, Rafiqah Hijiriani, Bella Annisa, Haznelly Maisya, Ismatul Maula

Abstract


Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) adalah program yang sangat diminati oleh kebanyakan mahasiswa di seluruh penjuru dunia. Pemahaman yang minim terhadap program ini menjadikan mahasiswi Universitas Darussalam Gontor kurang berkontribusi aktif untuk mengikuti event tersebut, dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik yang mengusulkan program pembelajaran dengan tahap pelatihan dan pendampingan. Target serta tujuan diadakannya program ini adalah bahwa mahasiswa dapat dengan mudah memahami pengertian PKM dan luaran yang kami sajikan berupa modul dan jurnal serta output dari kegiatan ini menjadi outcome dari program tersebut yaitu proposal PKM. Program Pelatihan dan Pendampingan ini dilaksanakan pada tahun 2021 di bulan April. Metode yang digunakan berupa pelatihan di meeting hall bersama mentor yang berpengalaman dalam program PKM kemudian dilanjutkan dengan pembuatan proposal yang bermutu. Maka Hasil yang diperoleh meliputi kemampuan peserta pelatihan dalam  pembuatan proposal PKM dengan skor pemahaman sebelum pembelajaran sebesar 70% dan sesudah pembelajaran meningkat hingga 90% dan score untuk pembuatan proposal sebelum pembelajaran sebesar 60% meningkat hingga 80%. Diperoleh simpulan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan minat mahasiswa dalam pengertian PKM dan cara pembuatan proposal PKM.

 

The Student Creativity Program (SCP)is a program that is in great demand by most students around the world. The lack of understanding of this program makes Darussalam Gontor University students less active in participating in the event. The thematic Real Work Lecture program proposes a learning program with training and mentoring stages. The target and purpose of this program are that students can easily understand the meaning of SCP and the outputs that we present in the form of modules and journals. The output of this activity becomes the outcome of the program, namely the SCP proposal. This Training and Mentoring Program will be held in 2021 April. The method used is training in a meeting hall with experienced mentors in the SCP program, then followed by making quality proposals. Then the results obtained include the ability of the trainees to make SCP proposals with a score of understanding before learning by 70% and after learning increasing to 90% and scores for making proposals before learning by 60% rising to 80%. It was concluded that there was an increase in students' understanding and interest in understanding SCP and how to make SCP proposals.

 


Keywords


Mahasiswa; Pelatihan; PKM; Universitas Darussalam Gontor

Full Text:

PDF

References


Andhika, Y. F., & Indrawadi, J. (2018). Upaya pusat pengembangan ilmiah dan penelitian mahasiswa (ppipm) dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa unp dalam pkm 5 bidang. Journal of Civic Education, 1(3), 234–241. https://doi.org/10.24036/jce.v1i3.223

Aziz, B. I. W. (2020). Development of promotional video for student creativity program within makassar state university. International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT), 1097–1105. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=jaTI2_wAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=jaTI2_wAAAAJ:VL0QpB8kHFEC

Hariadi. (2008). Soft skill dan program kreativitas mahasiswa. Generasi Kampus, 2(September), 119–134.

Imakulata, MM. Tokan, MK. Ardan, AS. Yusnaeni. Honin, M. Abik, V. (2021). Pengembangan proposal pkm bagi mahasiswa dan alumni program studi pendidikan biologi fkip undana. Kelimutu Journal of Community Service, 1(1), 50-55.

Kemenristekdikti, B. (2017a). Pedoman PKM. Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Kemahasiswaan.

Kemenristekdikti, B. (2017b). uku Panduan Program, Monitoring dan Evaluasi (Monev) 2017 - Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. Jenderal, Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Kementerian, Pembelajaran dan Kemahasiswaan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Mulyanti, C. C., & Darmalaksana, W. (2021). Writing sprints untuk publikasi ilmiah mahasiswa pada pembelajaran berbasis capaian: sebuah penelitian tindakan kelas. Journal of Society and Development, 1(2), 59–64.

Nurvioktiani. (2015). Analisis sikap mental mahasiswa dalam berwirausaha. Jurnal Cakrawala, 15(2).https://doi.org/10.31294/jc.v15i2.4899

Rahma, N. S., Yanti, W., Kartika, D., Agvitasari, S., Sofiliandini, N., & Siwiyanti, L. (2022). Analisis kegiatan program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan (pkm-k) bellissimo folding table: inovasi meja lipat multifungsi untuk pelajar dan penata rias. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 29-40.

Ristekdikti. (2017). Pedoman Program Kreatifitas Mahasiswa. Kemeristekdikti.

Rusimamto, P. W., Utama, F. Y., Sofianto, M. F., Kharnolis, M., & ... (2021). Peningkatan Kualitas Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Teknik. Researchgate.Net, June. https://www.researchgate.net/profile/Puput-Rusimamto/publication/352055126_Peningkatan_Kualitas_Program_Kreativitas_Mahasiswa_Fakultas_Teknik/links/60b70c37a6fdcc476bde83d9/Peningkatan-Kualitas-Program-Kreativitas-Mahasiswa-Fakultas-Teknik.pdf

Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya tulis ilmiah bagi mahasiswa stkip andi matappa kabupaten pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165

Sriasih, S. A. P., Nitiasih, P. K., Jayaputra, I. N. A., Budasi, I. G., & Utama, I. D. G. B. (2020). Problematika program kreativitas mahasiswa (pkm) dan program mahasiswa wirausaha (pmw) pada fakultas bahasa dan seni undiksha. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 15(01), 22-33.

Wulandari, R., Santoso, A. B., & Puspitasari, D. (2017). Analisis tekstual poster program kreativitas mahasiswa pengabdian kepada masyarakat pekan ilmiah mahasiswa nasional tahun 2013. Widyabastra, 05(1), 30–39.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats