Pelatihan Pemodelan Kebutuhan Perangkat Lunak dengan Menggunakan Usecase Diagram
Abstract
Pemodelan perangkat lunak merupakan salah satu tahapan penting dalam membuat rancangan perangkat lunak. Pemodelan dapat menjadi jembatan informasi dari sistem analis kepada tim pengembangan perangkat lunak dan pemangku kepentingan. Dalam Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini kami akan mengadakan pelatihan pemodelan untuk meningkatkan pemahaman terhadap pemodelan perangkat lunak. Pada kegiatan PkM ini, kami merangkul mitra Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berasal dari SMK Negeri 2 Singosari dan SMK Negeri 6 Malang khususnya keminatan Rekayasa Perangkat Lunak. Kami melihat bahwa SMK merupakan salah satu instansi pencetak profesi pengembang perangkat lunak(developer). Penanaman fondasi awal yang benar dalam pengembang perangkat tentu dapat merubah mindset atau perspektif siswa dalam hal memahami proses pengembangan perangkat lunak. Oleh karena itu, kami memberikan pelatihan kepada guru dengan keminatan Rekayasa Perangkat Lunak melalui kegiatan pengabdian ini. Fokus kami memberikan pelatihan adalah agar guru mampu memahami konsep pemodelan secara tepat dan meneruskan pemahaman tersebut kepada para siswa pada saat pembelajaran di kelas.
Software modelling is one of the important stages in making software design. Modelling can be an information connector from systems analysts to the software development team and stakeholders. In this community service, we will implement modelling training to improve our understanding of software modelling. In this community service activity, we engage Vocational High School (SMK) as a partner from SMK Negeri 2 Singosari and SMK Negeri 6 Malang, especially those interested in Software Engineering. We see that SMK is one of the professional software development agencies (developers). Planting the right initial foundation in software development can certainly change the mindset or perspective of students in terms of understanding the software development process. Therefore, we provide training to teachers interested in Software Engineering through this service activity. Our focus in providing training so that teachers can understand the concept of modelling appropriately and pass that understanding on to students during classroom learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, L. (2020). Penerapan metode studi kasus dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah hubungan internasional. Media Komunikasi FIS, 1–15.
Aswati, S., Ramadhan, M. S., Firmansyah, A. U., & Anwar, K. (2017). Studi analisis model rapid application development dalam pengembangan sistem informasi. MATRIK, 16(2), 20–27.
Azis, A., Krisbiantoro, D., & Riyanto. (2021). Pelatihan media pembelajaran online pada guru sdn 1 pliken sebagai alternatif pembelajaran dimasa pandemi covid 19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 206–213.
Djajadi, M. (2020). Efektivitas pendidikan dan pelatihan guru: suatu upaya meningkatkan kualitas pengajaran fisika. Sipatokkong, 1(1), 30–44. https://media.neliti.com/media/publications/300826-efektivitas-pendidikan-dan-pelatihan-gur-5b1ff677.pdf
Febrina, D. W. (2020). Pemodelan unified modelling language (uml) dalam pembuatan aplikasi data penduduk. SATIN –Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2), 56–66.
Gustinasari, M. L. A. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsep disertai contoh pada materi sel untuk siswa sma. Bioeducation Journal, 60–73.
Hendriyanto. (2021). Wujudkan kelas yang menyenangkan melalui video pembelajaran. Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/wujudkan-kelas-yang-menyenangkan-melalui-video-pembelajaran
Hidayat, H. T., Amin, H. Al, Mursyidah, & Atthariq. (2019). Analisis dan desain sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat (simpenmas) politeknik negeri lhokseumawe. ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 138–144.
Kejuruan, D. P. S. M. (2017). KI dan KD SMK/MAK. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Malang, S. 6. (2021). Rekayasa perangkat lunak. https://smkn6malang.sch.id/rekayasa-perangkat-lunak/
Nuryadi, H., Moedjiono;, & Samidi. (2018). Prototipe sistem informasi sumber daya investasi: studi kasus balai sumber daya investasi pusat pembinaan sumber daya investasi badan pembinaan konstruksi kementerian pekerjaan umum. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjz6dXvuPD1AhUcTGwGHX3LBmo4FBAWegQIEhAB&url=https%3A%2F%2Fjournal.universitassuryadarma.ac.id%2Findex.php%2Fjsi%2Farticle%2Fview%2F70%2F68&usg=AOvVaw3l71szvSoOzKDDMpb0
Paradigm, V. (2022). Visual Paradigm. https://www.visual-paradigm.com/aboutus/
Prasetya, R. E., & Syarif, A. (2021). Pelatihan pembuatan materi pembelajaran digital dan penggunaan google classroom untuk guru-guru smk. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(1), 85–93. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiaibrGzNL3AhXHSmwGHaIMBGEQFnoECA4QAQ&url=http%3A%2F%2Fopenjournal.unpam.ac.id%2Findex.php%2FPBS%2Farticle%2Fdownload%2F9830%2F6218&usg=AOvVaw0T13aXQ9c5vDkg-ypHTCS3
Priyadi, Y., Wisudiawan, G. A. A., Purbolaksono, M. D., & Lyanda, P. S. (2021). Fase-1: implementasi standar aturan pemodelan uml sebagai dasar spesifikasi kebutuhan di efarming corpora bandung. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 284–291.
Rusdianto, D. S., Arwan, A., Pradana, F., Kurniawan, T. A., & Amalia, F. (2021). Pelatihan pemodelan kebutuhan perangkat lunak dengan menggunakan usecase diagram.
Sahono, B., & Agustina, E. (2021). Pembinaan guru melalui pelatihan penerapan model pembelajaran yusrisprudensial untuk peningkatan profesionalitas guru-guru sd negeri di kecamatan muara bangkahulu kota bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 02(02), 74–81.
Singosari, S. 2. (2022). Rekayasa perangkat lunak. http://smkn2-singosari.sch.id/?page_id=35
Subhiyakto, E. R., & Utomo, D. W. (2017). Analisis dan perancangan aplikasi pemodelan kebutuhan perangkat lunak menggunakan metode prototyping. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers UNISBANK Ke-3 (SENDI-U 3), 57–62.
Sukamto, R., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Informatika Bandung. Informatika.
Sunyoto, D. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Center for Academic Publishing Service.
Wardani, N. W., & Andika, I. G. (2021). Pelatihan mengaktifkan pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi mentimeter, whatsapp dan pembuatan video pembelajaran untuk inovasi mengajar dengan keterbatasan bandwidth internet. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 342–352.
Yulianti, H. (2021). Pemanfaatan sistem pelatihan e-learning pada pengembangan kinerja karyawan di masa pandemi covid dengan pengujian ISO 9126. Multinetics, 7(1), 65–82.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |