Pelatihan Membuat Akun Toko di Tokopedia pada Pelaku Industri Rumah Tangga (IRT) di Desa Rejomulyo Kota Kediri

Wahyu Dede Gustiawan, Gandung Satriyono, Gandung Satriyono

Abstract


Usaha Kecil Menengah di kota kediri mulai berkembang dengan munculnya pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang menghasilkan olahan-olahan produk selain tahu. Permasalahan muncul ketika pandemi Covid19 melanda dunia, pelaku usaha kecil yang dulunya menjual produknya di kantin-kantin sekolah maupun universitas sekitar tempat tinggal mereka tidak bisa lagi menjual produknya dikarenakan pembelajaran dialihkan menggunakan metode online/daring untuk mencegah penyebaran virus. Pemasaran yang dilakukan hanya melalui status WhatsApp untuk menawarkan produknya setelah itu akan diantar penjual ataupun diambil sendiri oleh pembeli di rumah. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengenalkan manfaat adanya marketplace (Tokopedia) kepada pelaku industri rumah tangga di Desa Rejomulyo Kota Kediri dan juga membuat akun toko yang terverifikasi di Tokopedia. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat adalah metode pelaksanaan, yang terdiri dari tahap persiapan, tahap input, dan tahap proses. Kegiatan dilaksanakan pada bulan November 2021, diawali dengan menanyakan permasalahan pemasaran yang biasanya dilakukan, pemberian kuesioner (pre-test), sosialisasi pengenalan marketplace dan cara membuka akun toko di Tokopedia, dan pemberian kuesioner (post-test). Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para mitra ternyata belum memahami mengenai manfaat berjualan di toko online, selain itu mereka juga harus dibimbing secara perlahan untuk memanfaatkan teknologi di usahanya. Kesimpulannya adalah para mitra harus didampingi secara maksimal dan bertahap untuk bisa menggunakan teknologi dan memanfaatkannya untuk menunjang usahanya.

 

Small and Medium Enterprises in kediri city began to develop with the emergence of small and medium enterprises (SMEs) that produce processed products in addition to tofu. Some types of food and beverage products that began to appear are processed products of chips, such as intestinal chips, breadfruit chips, mbothe chips. One area with several household industry players engaged in food and beverage is the village of Rejomulya Kediri City. Problems arise when the Covid19 pandemic hits the world. Small businesses that used to sell their products in school canteens and universities around where they live can no longer sell their products because learning is diverted using online methods to prevent the spread of the virus. Marketing that is done only through WhatsApp status to offer the product will be delivered by the seller or taken by the buyer at home. This community service aims to introduce the marketplace (Tokopedia) to household industry players in Rejomulyo Village, Kediri City. After participating in the training, it is expected that business actors understand the benefits of selling their products in the marketplace and can open a store account on Tokopedia. The method used in community service is the implementation method, which consists of the preparatory stage, the input stage, and the process stage. The activity began by asking about marketing problems that are usually done, giving questionnaires (pre-test), socializing the introduction of the marketplace and how to open a store account on Tokopedia, and giving questionnaires (post-test). This community service activity results in the partners not understanding the benefits of selling in online stores. Besides, they must also be guided slowly to utilize technology in their business. The conclusion is that partners must be accompanied optimally and gradually to be able to use technology and use it to support their business.

 

 


Keywords


E-Commerce; Industri Rumah Tangga; Pemasaran Online; Tokopedia

Full Text:

PDF

References


Ardyanto, D. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan E-commerce terhadap keputusan pembelian online (Survei Pada Konsumen www. petersaysdenim. com). Brawijaya University.

Bashir, A., Susetyo, D., Hidayat, A., Hamira, H., & Aini, B. T. (2020). Pelatihan e-commerce pada industri rumah tangga di desa kerinjing, kabupaten ogan ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(1), 17–24.

Candra, A. I., Hendy, H., Pratikto, H., Gunarto, A., & Sumargono, S. (2021). Digital marketing untuk kewirausahaan pesantren di masa pandemi covid-19. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1–6.

Dihni, V. A. (2022). Tokopedia, e-commerce dengan pengunjung terbanyak pada 2021. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/tokopedia-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-pada-2021

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan strategi pemasaran digital menggunakan e-commerce dalam mempertahankan bisnis umkm pempek4beradek di masa pandemi covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61–76.

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pendapatan nasional pada sektor umkm di indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati, S. (2019). Analisis strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan produk batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Joesyiana, K. (2017). Strategi pengembangan industri rumah tangga di kota pekanbaru. VALUTA, 3(1), 159–172.

Mellita, D., Elpanso, E., & Septayuda, I. (2017). Gender dan e commerce: pemetaan pemanfaatan e commerce pada perempuan pemilik industri kreatif songket di kota palembang. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 7(2), 314–323.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh harga, keamanan dan promosi terhadap keputusan pembelian toko online lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats