Bimbingan Belajar Gratis SD Negeri 24 Tanjung Bunga
Abstract
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini membahas tentang bimbingan belajar gratis untuk siswa kurang mampu di SD Negeri 24 Tanjung Bunga. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 1–6 di SD Negeri 24 Tanjung Bunga. Tujuan dari PKM ini adalah memberikan pembelajaran tambahan untuk siswa yang kurang mampu secara gratis serta membantu siswa mengulang pembelajaran yang dipelajari mereka di sekolah. Jadwal kegiatan ini terdiri dari 14 kali pertemuan, dimana dalam satu minggu terdiri dari 4 kali pertemuan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin, selasa, kamis dan jumat. Setiap les atau bimbingan kami mulai dari jam 14.00–16.00 dan dari tanggal 02-28 Febuari 2022. Kegiatan kursus bimbingan belajar di SD Negeri 24 Tanjung Bunga dilakukan dengan tiga metode. Pertama metode diskusi dimana kami membentuk beberapa kelompok dan menuliskan soal di papan tulis. Kelompok tersebut akan mendiskusikan apa jawaban dari soal yang ada di papan tulis dan kelompok siapa yang benar akan mendapat hadiah. Metode kedua belajar sambil bermain metode ini dapat memberi kemudahan dalam proses pembelajaran yang dapat menciptakan suasana untuk membangkitkan kemampuan berpikir dan berargumentasi dalam menyelesaikan masalah dengan berbagai idea tau gagasan. Ketiga metode Tanya jawab. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa bimbingan belajar Bahasa Indonesia, PKN, Bahasa Inggris dan Matematika pada siswa SDN 24 Tanjung Bunga dengan tujuan memberikan pembelajaran tambahan kepada siswa secara gratis serta membantu siswa mengulang pembelajaran yang telah dipelajari di sekolah.
This Community Partnership Program discusses free tutoring for underprivileged students at SD Negeri 24 Tanjung Bunga. This activity was attended by students in grades 1–6 at SD Negeri 24 Tanjung Bunga. This community partnership program aims to provide additional learning for underprivileged students for free and to help students repeat what they have learned in school. This activity schedule consists of 14 meetings, whereas one week consists of 4 meetings. This event is held on Monday, Tuesday, Thursday and Friday. Each of our tutorings starts from 14.00–16.00 and from 2-28 February 2022. The tutoring course activities at SD Negeri 24 Tanjung Bunga are carried out using three methods. The first is the discussion method, where we form several groups and write the questions on the blackboard. The group will discuss the answers to the questions on the board, and the correct group will get a prize. The second method of learning while playing can provide convenience in the learning process, creating an atmosphere to generate thinking and argumentation skills in solving problems with various ideas. The three methods of question and answer. Community service activities in the form of tutoring in Indonesian, PKN, English and Mathematics for students at SDN 24 Tanjung Bunga to provide additional learning to students for free and help students repeat what they have learned at school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2017). Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 89–110.
Cecep, H., Widyastuti, A., Subakti, H., Hasibuan, F. A., Sartika, S. H., Ardiana, D. P. Y., … Kato, I. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Datuk, A. (2020). Sistem Zonasi Sebagai Solusi Bagi Orang Tua untuk Mendapatkan Pendidikan Anak Yang Bermutu Di Kota Kupang. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 20. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.40
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 199–207. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/504
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.
Lie, A. (2002). Cooperative Learning (Cover Baru). Grasindo.
Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Maulidya Ulfah, M. P. I. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher.
Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., … Purba, B. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
MUTI, F. (2021). Pelaksanaan layanan bimbingan belajar menggunakan media daring dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. UIN Raden Intan Lampung.
Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30–34.
Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan:(Formal, Non Formal, dan Informal). Deepublish.
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130–131.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |