Pelatihan Search Engine Optimization (SEO) dan Manajemen Media Sosial Berbasis Android untuk Meningkatkan Eksposur Destinasi Wisata Tubing di Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar

Sigied Himawan Yudhanto, Dedy Eka Timbul Prayoga, Alfan Setyawan, Nidyah Widyamurti, Hermansyah Muttaqin, Jauhari Jauhari

Abstract


Program pengabdian masyarakat prodi D3 Desain Komunikasi Visual Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta mengadakan pelatihan search engine optimization dan manajemen media sosial berbasis android dalam rangka meningkatkan eksposur destinasi wisata tubing yang terdapat di desa pondok yang dalam paparan tokoh setempat grand designnya direncanakan akan menjadi bagian dari halal tourism di kabupaten Karanganyar. Program pengabdian tersebut berlangsung pada tanggal 07 sampai 25 Februari 2022. Kemudian acara workshop tentang pelatihan SEO dilakukan pada tanggal 19 Mei 2022. Pelatihan SEO dan manajemen media sosial dipilih karena destinasi wisata tubing di kelola oleh para remaja yang walaupun lokasi tubing berada di desa yang terpencil akan tetapi mereka sudah akrab dan adaptif dengan teknologi smartphone dan media sosial. Upaya branding lokasi tubing yang masih bisa di maksimalkan kembali dengan paparan dan arahan dari expert di tentang SEO agar lokasi destinasi tubing bisa muncul di page one di laman search engine lewat pendekatan crawling, indexing, dan ranking. Hasil atau dampak positif dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan tumbuhnya pemahaman baru di bidang pemuda yang bertugas untuk mempromosikan wisata Tubing Muslim 06 sekaligus bertambahnya backlink tentang Tubing Muslim 06 lewat pemanfaatan Instagram.

 

The community service program for the Visual Communication Design Diploma Vocational School, Sebelas Maret University, Surakarta, held training on search engine optimization and Android-based social media management in order to increase exposure to tubing tourism destinations in Pondok Village, which in the exposure of local figures the grand design was planned to be part of halal tourism in Karanganyar regency. The service program took place from 07 to 25 February 2022. Then a workshop on SEO training was held on 19 May 2022. SEO training and social media management were chosen because tubing tourism destinations are managed by teenagers, even though the tubing location is in a remote village. However, they are already familiar with and adaptive to smartphone technology and social media. Efforts to brand tubing locations that can still be maximized with exposure and direction from experts in SEO so that tubing destination locations can appear on page one on search engine pages through crawling, indexing, and ranking approaches. The positive result or impact of this community service activity is the growth of new understanding in the youth tasked with promoting Tubing Muslim 06 tourism and increasing backlinks about Tubing Muslim 06 through Instagram.


Keywords


Media Sosial; Pariwisata; SEO; Tubing

Full Text:

PDF

References


Achmad W, R. W., Poluakan, M. V., Vincentius, M., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret generasi milenial pada era revolusi industri 4.0. Program Magister Ilmu Kesehatan Sosial FISIP UNPAD, 2(2), 187–197.

Adani, M. R. (2020). Mengenal lebih dalam mengenai seo dan penerapannya dalam website. diakses pada desember https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-seo/

Adi, A. P. (2019). Panduan Cepat SEO untuk Pemula. Elex Media Komputindo.

Chakti, G., & Abadi, A. Y. (2019). The Book of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital. CELEBES MEDIA PERKASA.

Dewanti, R. P., Ningsih, H., Paryanto, E., & Yudhanto, S. H. (2021). Desain kemasan produk umkm makanan ringan sebagai peningkatan daya beli konsumen keripik singkong. LPPM Universitas Narotama Surabaya, 1(2), 50–56.

Muhsin, A., Nafisah, L., & Siswanti, Y. (2018). Participatory Rural Appraisal (PRA) for Corporate Social Responsibility (CSR) (3rd ed.). Deepublish.

Mutia, T. (2017). Generasi Milenial, instagram dan dramaturgi: suatu fenomena dalam pengelolaan kesan ditinjau dari perspektif komunikasi islam. LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 41(2).

Noor, A., Arrahimi, A. R., Sabella, B., & Sholeha, E. W. (2021). Pelatihan optimasi mesin pencari (seo) pada konten web pkbm tunas melati pelaihari. Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Tanah Laut, 6(2).

Rohmadi, A. (2016). Tips Produktif Ber-Social Media. Elex Media Komputindo.

Shahzad, A., Witarsyah Jacob, D., Mohd Nawi, N., Mahdin, H., & Eka Saputri, M. (2020). The new trend for search engine optimization, tools and techniques. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Sciences, 18(3), 1568~1583.

Shita, R. T., Hin, L. L., Diana, A., Achadiani, D., & Fatmasari, F. (2022). Pelatihan optimasi pemasaran online dengan memanfaatkan search engine optimization (seo) pada komunitas pengusaha muda. APTEKMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), pp 16-23.

Syah, F. (2017). Strategi mengembangkan desa wisata. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 3, 335–341.

Tsagkias, M., Holloway King, T., Kallumadi, S., Murdock, V., & de Rijke,

M. (2021). Challenges and research opportunities in eCommerce search and recommendations. ACM Sigir Forum, 54(1), 1–23.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Penerbit Andi.

Yusnanto, T., Nur Arifah, F., & Wahyudiono, S. (2021). SEO untuk meningkatkan potensi wisata di desa ngargoretno. IKADO Press, 1(No 12), 49–54.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats