Peningkatan Kapasitas Pemasaran Digital pada Kelompok UMKM Kopi di Desa Sarwodadi, Pejawaran, Banjarnegara
Abstract
Komoditas kopi yang dihasilkan di Desa Sarwodadi, Pejawaran, Banjarnegara menjadi salah satu hasil kegiatan ekonomi masyarakat dalam pemanfaatan lahan produktif. Pengolahan biji kopi mandiri telah mulai dilakukan beberapa tahun terakhir oleh masyarakat. Sebelum masa pandemi COVID-19, pengelola UMKM telah memasarkan kopi Sarwodadi ini ke berbagai daerah. Akan tetapi, sejak adanya pandemi COVID-19, omset penjualan menurun tajam karena penurunan permintaan. Selain itu, sejak sebelum pandemi terjadi, kesadaran untuk pemanfaatan teknologi digital sebagai media pemasaran masih tergolong rendah karena berbagai faktor. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kelompok pengelola UMKM kopi dalam penguasaan dan pemahaman pemasaran digital agar dapat meningkatkan omset penjualan selama dan pasca masa pandemi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada Januari-Februari 2022. Metode pelaksanaan pada program ini antara lain dengan cara mengaktifkan kembali media sosial, meningkatkan kesadaran pemasaran digital, pelatihan foto produk, membangun branding pada produk, pelatihan pemasaran digital, dan mengikuti pameran virtual. Hasil dari kegiatan ini adalah pengelola UKM menyadari akan pentingnya penguasaan media sosial dan e-commerse untuk meningkatkan jumlah penjualan. Selain itu, peningkatan kualitas foto produk, branding melalui desain logo baru, dan keikutsertaan pada pameran UKM secara virtual juga meningkatkan awareness masyarakat baik di sekitar Desa Sarwodadi maupun di luar daerah akan eksistensi UMKM ini. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan pemasaran pada kelompok usaha ini dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan pemasaran pengelola UMKM. Seluruh kegiatan pengabdian telah selesai pada akhir Februari 2022 dan berdasarkan nilai post-test ditunjukkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini menambah pengetahuan kelompok UMKM kopi dari 6,2% menjadi 94,2%.
The coffee commodity in Sarwodadi Village, Pejawaran District, Banjarnegara Regency is one of the results of community economic activities in using productive land. The community has started to process independent coffee beans in recent years. Before the COVID-19 pandemic, MSME managers had marketed this Sarwodadi coffee to various regions. However, since the COVID-19 pandemic, sales turnover has fallen sharply due to falling demand. In addition, before the pandemic, awareness of digital technology as a marketing medium is also still low. Therefore, this community service program is carried out to increase the capacity of coffee MSME management groups to master and understand digital marketing in order to increase sales turnover during and after the pandemic. This program will be conducted from January-February 2022. The implementation methods in this program include re-activating social media, increasing digital marketing awareness, product photo training, building branding on products, digital marketing training, and participating in virtual exhibitions. The result of this activity is that SME managers realize the importance of mastering social media and e-commerce to increase the number of sales. In addition, improving the quality of product photos, branding through new logo designs, and participating in virtual SME exhibitions also increase public awareness both around Sarwodadi Village and outside the region of the existence of these SMEs. Therefore, marketing assistance activities in this business group can be used as an alternative solution to improve the marketing capabilities of MSME managers. All service activities were completed at the end of February 2022, and based on the post-test scores, it is shown that this community service activity has increased the knowledge of the coffee MSME group from 6.2% to 94.2%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Pratama, O. W., & Wibowo, R. S. (2014). Komposisi portrait landscape dengan objek pemandangan pada 12 lokasi di bali. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 2(1), 51–65. https://doi.org/10.46961/jip.v2i1.124
Anam, M. M. (2017). Strategi ikonik wisata untuk memperkenalkan kota malang sebagai salah satu destinasi wisata religi. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(2). https://doi.org/10.26905/jpp.v2i2.1488
Apriliyani, S.,Malik, Z. A., & Surahman, M. (2021). Peran lembaga amil zakat, infaq dan shadaqah muhammadiyah (lazismu) banjarnegara dalam meningkatkan perekonomian kaum dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.29313/jres.v1i1.100
Astuti, P. (2021). Pendampingan pemasaran produk umkm gegacoffee di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021, 297–306.
Astuti, P., & Purnama, A. Y. (2022). Pendampingan pembuatan site plan kompleks eduwisata muhammadiyah pejawaran banjarnegara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 5(3), 74–81. https://doi.org/10.36341/jpm.v5i3.2432
Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006
Kansrini, Y., Febrimeli, D., & Mulyani, P. W. (2020). Tingkat adopsi budidaya yang baik (good agriculture practices) tanaman kopi arabika oleh petani di kabupaten tapanuli selatan. Paradigma Agribisnis, 3(1), 36. https://doi.org/10.33603/jpa.v3i1.3957
Kusmayadi, Y. (2018). Pengembangan potensi wisata situs gandoang wanasigra untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa wanasigra kecamatan sindangkasih kabupaten ciamis. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 4(1), 31. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i1.3432
Maesaroh, S., & Rudianti, W. (2022). Peningkatan kepuasan konsumen pada umkm melalui komunikasi pemasaran, komitmen penanganan keluhan dan kualitas produk di kabupaten banjarnegara. Fokus Ekonomi, 17(1), 222–234.
Maringka, B., Debby, & Sukowiyono, G. (2021). Bantuan teknis perencanaan site plan – rest area desa kalisongo, kecamatan dau, kabupaten malang. Pawon: Jurnal Arsitektur, 5(2), 213–222. https://doi.org/10.36040/pawon.v5i2.3690
Morris, N. (2009). Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation. Journal of Direct, Data and Digital Marketing Practice, 10(4), 384–387. https://doi.org/10.1057/dddmp.2009.7
Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017a). Pemanfaatan web e-commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 6. https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3309
Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017b). Pemanfaatan web e-commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 6. https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3309
Narulita, S., Winandi, R., & Jahroh, S. (2014). Analisis dayasaing dan strategi pengembangan agribisnis kopi indonesia. Jurnal Agribisnis Indonesia, 2(1), 63. https://doi.org/10.29244/jai.2014.2.1.63-74
Rizki, D., Wijonarko, B. R., & Purwanto, P. (2020a). Karakter agronomis dan fisiologis tanaman kopi robusta (coffea canephora) pada dataran tinggi di kecamatan pejawaran kab. banjarnegara. Composite: Jurnal Ilmu Pertanian, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.37577/composite.v2i1.168
Rizki, D., Wijonarko, B. R., & Purwanto, P. (2020b). Karakter agronomis dan fisiologis tanaman kopi robusta (coffea canephora) pada dataran tinggi di kecamatan pejawaran kab. banjarnegara. Composite: Jurnal Ilmu Pertanian, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.37577/composite.v2i1.168
Sarno, S. (2018). Pemberdayaan kelompok masyarakat perajin bambu di desa sirkandi purwareja klampok banjarnegara. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 309. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2395
Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan umkm dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65
Sumiyati, S., & Faisal Akbar, M. (2022). Pelatihan penyusunan laporan keuangan dengan lamikro bagi umkm milenial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.404
Suripto, T. (2019). Kajian literatur efektifitas pemasaran produk dengan menggunakan sistim online marketing di era disruption. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 8(2), 120. https://doi.org/10.21927/jesi.2018.8(2).120-128
Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam pengelolaan keuangan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat di distrik abepura jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185.
https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5702
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |