Edukasi Kosmetik dan Pendampingan Cegah Stress Dini pada Usia Anak Sekolah Dasar Dengan Metode Cognitive
Abstract
Fase peralihan yang terjadi pada anak menuju remaja membuat anak mulai untuk menjaga kebersihan pribadinya termasuk dalam penggunaan kosmetik. Penggunaan kosmetik khususnya untuk anak-anak harus dilakukan secara selektif agar tidak terjadi gangguan kesehatan. Selain itu, selama masa pandemi aktivitas di luar ruangan sangat dibatasi termasuk kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring (online) untuk waktu yang tidak dapat ditentukan. Hal ini mengakibatkan rasa jenuh dan stres terhadap anak. Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat di SD Muhammadiyah Sokonandi pada tanggal 26 Mei 2022 adalah untuk memberikan edukasi mengenai kosmetik pada anak dan melakukan pendampingan mencegah stres dini pada usia anak sekolah dasar. Metode pengabdian ini adalah anamnesis, penyuluhan, pelatihan dan pendampingan, pemeriksaan kesehatan, pretest serta posttest yang dilaksanakan sebelum pelatihan dan setelah pelatihan. Hasil pretes capaian pemahaman anak mengenai kosmetik yang aman dan cegah stress sebesar 40%. Selama pelatihan berlangsung anak diminta untuk selektif dalam memilih kosmetik yang digunakan, salah satu caranya adalah dengan melihat keterangan label produk yang memuat informasi lengkap mengenai produk tersebut. Kegiatan pengabdian ikut melaksanakan pendampingan mencegah stress dini pada anak yang dilakukan dengan permainan cognitive salah satunya mewarnai. Selain mencegah stress, permainan ini dapat melatih kemampuan berpikir anak. Setelah dilakukan posttest diketahui capaian pemahaman peserta meningkat menjadi 89%. Saat melakukan pemeriksaan kesehatan pada 30 peserta siswa-siswi SD Muhammadiyah Sokonandi, diketahui bahwa terdapat 3 peserta (10%) mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini dapat disebabkan oleh kenaikan berat badan atau obesitas.
Entering the transition phase from children to teenagers makes children start to maintain their hygiene, including cosmetics. Using cosmetics, especially for children, must be selectively so can’t cause health problems. In addition, during the pandemic, outdoor activities are severely restricted, including teaching and learning activities that are done online for an indeterminate time. The effect is children being bored and stressed. The purpose of community service activities at Muhammadiyah Sokonandi Elementary School on May 26th, 2022, is to provide education about cosmetics in children and to assist prevent early stress at the age of elementary school children. The method in this community service is anamnesis, counselling, training and mentoring, medical examination, and giving pretest and posttest before and after training. Before training is held, participants understand safe cosmetics and prevent stress at 40%. Children are asked to be selective in choosing cosmetics; one of the ways is to see the product label description containing complete information about the product. Devotional activities participate in assisting in preventing early stress in children, which is done with cognitive games, one of which is colouring. In addition to preventing stress, this game can train children's thinking skills. Based on the posttest result, participant understanding increased to 89%. At the medical check on 30 participants of Muhammadiyah Sokonandi Elementary School students, it was known that there were 3 participants (10%) experiencing high blood pressure. This can be caused by weight gain or obesity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admin. (2020). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 12 September 2020. Retrieved from infeksiemerging.kemkes.go.id website: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-12-september-2020
Alodok. (2020). Pentingnya Mengetahui Tekanan Darah Normal Anak. Retrieved from Alodok.com website: https://www.alodokter.com/pentingnya-mengetahui-tekanan-darah-normal-anak
Argentina, F. (2016). Upaya Pencegahan Penyakit Kulit Pada Bayi Melalui Penyuluhan Perawatan Kulit Sehat. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 4(1), 302–309.
Baalwi, M. A. (2020). Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Kemajuan Information Technology [IT] Guru. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3(2), 38–45.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37.
CNN Indonesia. (2020). Kemendikbud Buat Skenario Belajar di Rumah sampai Akhir 2020. Retrieved from cnnindonesia.com website: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200424114337-20-496861/kemendikbud-buat-skenario-belajar-di-rumah-sampai-akhir-2020
Damanik, B. T., Etnawati, K., & Padmawati, R. S. (2015). Persepsi Remaja Putri di Kota Ambon Tentang Risiko Terpapar Kosmetik Berbahaya dan Perilakunya dalam Memilih dan Menggunakan Kosmetik. Berita Kedokteran Masyarakat, 27(1), 1–9.
Lumoindong, A., Umboh, A., & Masloman, N. (2013). Hubungan Obesitas Dengan Profil Tekanan Darah Pada Anak Usia 10-12 Tahun Di Kota Manado. Jurnal E-Biomedik, 1(1), 147–153.
Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9(2), 18–29.
Pangaribuan, L. (2017). Efek Samping Kosmetik Dan Penangananya Bagi Kaum Perempuan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 20–28.
Pasadina, D. (2015). Analisis Perilaku Pemakaian Kosmetika Rias Wajah (Dekoratif) Pada Remaja Pubertas. Jurnal Tata Rias, 4, 36–43.
Pranadji, D. K., & Nurlaela, N. (2009). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Stres pada Anak Usia Sekolah Dasar yang Sibuk dan Tidak Sibuk.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 2(1), 57–63.
Pratiwi, S., & Suminar, D. R. (2017). Pengaruh fungsi Make-Up Sebagai Camouflage Dan Seduction Terhadap Kepercayaan Diri Pada Remaja Putri. Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 6, 19–31.
SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. (2022). Sejarah - SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Retrieved from sdmuhsokonandi.sch.id website:https://sdmuhsokonandi.sch.id/sejarah.html
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |