Pemberdayaan Santri Madin melalui Peningkatan Berpidato dalam Bahasa Inggris

Sonny Elfiyanto, Durotun Nasihah

Abstract


Permasalahan yang dialami oleh santri Madrasah Diniyah (Madin) Nurunnahdloh Malang adalah kurangnya minat dan kemampuan para santri dalam berpidato dalam Bahasa Inggris. Sehingga untuk menunjukkan kesungguhannya, pihak Madin dan tim pengabdi melakukan pelatihan intensif dan menarik dalam berpidato dalam Bahasa Inggris. Pelatihan ini bertujuan agar para santri bisa berpidato dengan Bahasa Inggris dan mereka terbiasa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Terdapat 30 santri Madin Nurunnahdoh yang mengikuti pelatihan ini. Pelatihan dilakukan selama delapan pertemuan tiap minggunya secara tatap muka dari bulan Januari 2022 hingga April 2022 dengan mematuhi protokol kesehatan. Metode utama yang digunakan yaitu metode demonstrasi, juga menggabungkan beberapa metode yang ada, seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil dari pelatihan dalam pengabdian ini adalah keterlibatan secara aktif dari para santri dan respon positif mereka dalam pelatihan ini, yang memicu motivasi mereka untuk belajar. Di samping itu, terciptanya modul pembelajaran pidato dalam Bahasa Inggris untuk santri Madin, sehingga menghasilkan tujuh orang santri yang mampu berpidato dalam Bahasa Inggris. Selain itu, terdapat duapuluh tujuh santri yang bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, yang nantinya bisa ditingkatkan kemampuannya jika pelatihan ini bisa berkelanjutan.

 

The problem faced by the students of Madrasah Diniyah (Madin) Nurunnahdloh Malang is the students’ lack of interest and ability to give speeches in English. Thus, to show their willingness to improve their students’ ability, Madin and the community dedication team conducted intensive and exciting training in presenting a speech in English. This training aims to make the students able to make speeches in English, and they are accustomed to communicating in English. Thirty students of Madin Nurunnahdoh participated in this training. The training was carried out for eight meetings, once a week, and face-to-face meetings from January 2022 to April 2022 to comply with health protocols. The primary method used is the demonstration method. However, it also combines several existing methods, such as lectures, discussions, and questions and answers. The result of the training in this service is the active involvement of the students and their positive response to this training, which triggers their motivation to learn more. In addition, creating a speech learning module in English for Madin students helped the team teach them. Then, this training led to seven students who could give speeches in English. In addition, twenty-seven students can communicate in English, which can later be improved if the training is sustainable.


Keywords


Bahasa Inggris; Madrasah Diniyah; Pidato; Santri

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2019). Pemberdayaan keterampilan retorika dakwah santri pondok pesantren miftahul ulum pandean wonorejo banyuputih situbondo. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 141-170.

Brown, H. D. (2007). Principles of language learning and teaching (5th Edition). New York: Pearson Education Inc.

Brown, K., & Kennedy, H. (2011). Learning through conversation: Exploring and extending teacher and children’s involvement in classroom talk. School Psychology International, 32(4), 377-396.

Darmuki, A. & Hidayati, N. A. (2019). Peningkatan kemampuan berbicara menggunakan metode kooperatif tipe NHT pada mahasiswa tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 9-18.

Dewi, F. U. (2016). Public speaking kunci sukses bicara di depan publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hakim, M. A. R. (2016). Pengembangan materi bahan ajar public speaking berbasis Communicative Language Teaching bagi mahasiswa di Indonesia. Manhaj, 4(3). 229-237.

Kamaliasari, S. & Amrizal, A. (2021). Aktifitas pembelajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bantan dalam meningkatkan speaking performance santri. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, 17(1). 14-30.

Keraf, G. (1997). Komposisi: Sebuah pengantar kemahiran bahasa. Ende: Nusa Indah.

Kosasih, E. & Kurniawan, E. (2019). Jenis-jenis teks. Bandung: Yrama Widya.

Mahmud, L. H., Anwar, M., Yamin, Y., & Yunita, Y. (2022). Public speaking: Upaya meningkatkan kepercayaan diri santri dalam berbicara Bahasa Inggris di Pesantren Al-Ghozali. Acitya Bhakti, 2(1), 17-24.

Mulyasa, E. (2006) Kurikulum berbasis kompetisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nawir., Arafah, K., & Pristiwaluyo, T. (2015). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan melukis peserta didik Donri Kabupaten Soppeng. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1(1), 1-7.

Nur’Aini, I., Dyah Tri Utami, P., & Naima, L. N. (2022). Pelatihan Berbicara Bahasa Inggris bagi Santri di Pakisaji, Kab. Malang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 445-454.

Ririn, A. & Marjohan, M. (2013). Hubungan keterampilan komunikasi dengan berbicara di depan umum. Jurnal Ilmiah Konseling UNP, 2(1), 273-278

Saddhono, K. & Slamet, Y. (2014) Pembelajaran ketrampilan berbahasa Indonesia: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sardiman A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Semiun, T. T., Wisrance, M. W., Napitupulu, M. H., Seran, Y., Luruk, F. D. & Pale, E. S. (2022). Pelatihan pidato bahasa Inggris sebagai upaya peningkatkan kemampuan speaking. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2). 215-222.

Syafi’ie, I. (1993). Terampil berbahasa Indonesia 1. Petunjuk guru Bahasa Indonesia SMU Kelas 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Widianti, N. (2016). Penerapan metode demonstrasi bermediakan video pidato Soekarno dalam pembelajaran berpidato pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lemahabang Cirebon. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 73-75.

Wulandari, F. (2018). Pelatihan keterampilan Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Al Adabiy. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 104-111.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats