Pemanfaatan Menu Equation & Symbol untuk Menulis Rumus Matematika pada Microsoft Power Point
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membantu siswa SMK yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam pembelajaran daring dan penyelesaian tugas-tugas yang berkaitan dengan equation & symbol. Prosedur pelaksanaannya meliputi perizinan, wawancara, observasi, menyiapkan modul dan administrasi, kegiatan pelatihan, kegiatan pendampingan, evaluasi, tindak lanjut, dan analisis serta interpretasi data yang dilaksanakan pada 8 November 2021. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pemahaman tentang pemanfaatan menu equation & symbol, praktik menulis rumus matematika yang mudah, sedang, sampai rumit dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah, dan adanya peningkatan klasikal maupun individual dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil kegiatan disarankan eksplorasi pemanfaatan menu equation & symbol, adanya praktek dalam jangka waktu yang lebih lama untuk rumus matematika yang tergolong rumit, tindak lanjut dan pelatihan berkala dengan bidang lain yang berhubungan dengan pemanfaatan fitur-fitur microsoft power point disertai dengan pencapaian peningkatan klasikal maupun individual sampai dengan kategori tinggi.
This community service activity aims to assist SMK students affected by Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) in online learning and completing equations and symbols-related tasks. The implementation procedure includes licensing, interviews, observations, module preparation and administration, training and mentoring activities, evaluation, follow-up, and data analysis and interpretation, which will be carried out on November 19, 2021. The community service activities result in an understanding of the use of the equation & symbol menu, the practice of writing easy, medium, to complex mathematical formulas in completing school assignments, and an increase in classical and individual in the medium category. Based on the results of the activity, it is recommended to explore the use of the equation & symbol menu, practice for a longer period for complex mathematical formulas, follow-up and regular training with other fields related to the use of Microsoft PowerPoint features accompanied by the achievement of classical and individual to high category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Damayanti, N. A., Pusparini, M., Djannatun, T., & Ferlianti, R. (2017). Metode pre-test dan post-test sebagai salah satu alat ukur keberhasilan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang tuberkulosis di kelurahan utan panjang, jakarta pusat. Prosiding SNaPP: Kesehatan (Kedokteran, Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, Psikologi), 3(1), 144–150.
Effendy, I., & Abi Hamid, M. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw. dev. 100.2. a pada siswa smk negeri 2 lubuk basung. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81–88.
Fajrizka, F., & Rumana, N. A. (2016). Evaluasi hasil skor pre-test dan post-test peserta pelatihan dengan materi klasifikasi penyakit icd 10 dan kode tindakan pada icd 9-cm di pusdiklatnakes jakarta tahun 2016. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 4(2), 54–57.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. USA.
Hutahaean, J., Azhar, Z., & Mulyani, N. (2020). Pelatihan aplikasi powerpoint bagi guru dan staf sd negeri 010240 pematang cengkring. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 147–154.
Ishlakhuddin, F., & Azhari, S. N. (2021). Ontology-based Chatbot to Support Monitoring of Server Performance and Security by Rule-base. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 15(2), 131–140.
Nurhayati, N., Arafat, Y., & Fitriani, Y. (2020). Penggunaan media power point dalam pembelajaran matematika dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1), 75–87.
Sadikin, I. S., Lestari, S., & Aini, S. (2020). Pembelajaran daring interaktif, bermakna dan menarik sebagai upaya optimalisasi proses pembelajaran masa pandemi covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 897–905.
Sari, N., Setiawan, T. H., Ningsih, T. U., Khorijiah, K., Khaeva, D. N., & Putri, V. E. (2021). Optimalisasi power point untuk pembelajaran matematika dengan kombinasi math type dan graph 4.4. 2 serta videoscribe. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 1(2), 201–207.
Sormin, M. A., Sahara, N., & Agustina, L. (2018). Pelatihan pemanfaatan perangkat lunak (microsoft office word, excel, power point) dalam kinerja pengolahan data di pemerintahan desa bagikepala desa se-kecamatan batang angkola. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 78–82.
Supriadi, S. (2020). Inovasi pengabdian pusat kesehatan matematika sekolah (puskesmas) dalam pembelajaran matematika berbasis alun-alun kota. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1087–1096.
Usodo, B., Sutopo, S., Chrisnawati, H. E., Kurniawati, I., & Kuswardi, Y. (2016). Pelatihan penerapan beberapa aplikasi dari microsoft: office mix, onenote, sway dalam pembelajaran bagi guru-guru matematika sma di kabupaten sragen. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(9).
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |