Edukasi Solusi Permasalahan Transaksi E-Commerce pada UMKM (Desa Kroyo, Kec. Karangmalang, Kab. Sragen – Jateng)

Afnan Rosyidi, Nina Dewi Lashwaty, Ina Sholihah Widiati, Siti Rihastuti, Tinuk Agustin

Abstract


UMKM di Desa Kroyo sebagian besar memproduksi souvenir, buket dan menjual berbagai aksesoris. Transaksi penjualan dilakukan secara konvensional dengan toko fisik maupun dengan melakukan pemasaran online. Pemasaran online dilakukan baru sebatas mengunggah foto sederhana dari produk pada status WhatsApp dan instagram pribadi. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya pemahaman tentang e-commerce, kurangnya wawasan terhadap berbagai permasalahan dalam transaksi e-commerce, serta kurangnya pengetahuan tentang solusi berbagai permasalahan dalam transaksi e-commerce. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, memberikan perhatian kepada mitra, meningkatkan pemahaman tentang e-commerce kepada mitra, meningkatkan wawasan mitra tentang berbagai permasalahan dalam transaksi e-commerce, dan mengedukasi solusi berbagai permasalahan dalam transaksi e-commerce. Kegiatan dilaksanakan berupa edukasi yang diselenggarakan pada Kamis 16 Juni 2022 di Aula kampus STMIK AMIKOM Surakarta. Acara dihadiri oleh 12 wirausahawan muda penggerak UMKM Desa Kroyo selaku mitra. Edukasi berhasil diselenggarakan sesuai rencana dan mendapatkan antusias yang luar biasa dari peserta. Edukasi memberikan hasil berupa pemahaman yang lebih baik tentang aktivitas e-commerce, wawasan yang lebih luas terkait berbagai permasalahan dalam transaksi e-commerce, serta bertambahnya pengetahuan mitra tentang solusi atas berbagai permasalahan dalam transaksi e-commerce. Dengan edukasi yang telah diselenggarakan ini diharapkan mitra UMKM dapat lebih memanfaatkan e-commerce dan mendapatkan solusi atas segala permasalahan dalam e-commerce. Output lanjutan dari kegiatan ini adalah pendampingan bagi peserta untuk bergabung ke dalam marketplace demi meningkatkan pemasaran.

UMKM in Kroyo Village produces souvenirs, bouquets, and various accessories. Sales transactions are carried out conventionally with physical stores or online marketing. Online marketing is only limited to uploading simple photos of products on personal WhatsApp and Instagram statuses. The problems faced by partners are the lack of understanding of e-commerce, lack of insight into various issues in e-commerce transactions, and lack of knowledge about solutions to varied problems in e-commerce transactions. This community service activity aims to implement one of the Tri Dharma of Higher Education, pay attention to partners, increase understanding of e-commerce to partners, increase partner insight about various problems in e-commerce transactions, and educate solutions to miscellaneous issues in e-commerce transactions. The education carries out on Thursday, June 16, 2022, in the STMIK AMIKOM Surakarta campus hall. The event was attended by 12 young entrepreneurs driving the Kroyo Village SMEs as partners. The education was successfully carried out as planned and received great enthusiasm from the participants. Education effects result in a better understanding of e-commerce activities, broader insights related to various problems in e-commerce transactions, and increased knowledge about solutions to diverse issues in e-commerce transactions. With this education, it is hoped that UMKM partners can take advantage of e-commerce and get solutions to all problems in e-commerce. The follow-up output of this activity is assistance for participants to join the marketplace to improve marketing.

 


Keywords


Edukasi; Marketplace; Masalah Transaksi Online; Wirausahawan Muda

Full Text:

PDF

References


Asri, C. P., & Sari, N. P. (2020). Problem solving dalam bisnis e-commerce studi di kelurahan gadingharjo, sanden, bantul, yogyakarta. Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, 2(2).

Astuti, P., Purnama, A. Y., Puspitasari, S. D., & Kencono, D. S. (2022). Peningkatan kapasitas pemasaran digital pada kelompok umkm kopi di desa sarwodadi, pejawaran, banjarnegara. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 779-787.

Gustiawan, W. D., & Satriyono, G. (2022). Pelatihan membuat akun toko di tokopedia pada pelaku industri rumah tangga (irt) di desa rejomulyo kota kediri. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 720-726.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2019). Analisis strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan produk batik pada pt. danar hadi surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144–151.

Hastanti, R. P., Purnama, B. E., & Wardati, I. U. (2015). Sistem penjualan berbasis web (e-commerce) pada tata distro kabupaten pacitan. Jurnal Bianglala Informatika, 3(2).

Hendarsyah, D. (2019). e-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184.

Herlambang, B. A., Latifah, K., & Nada, N. Q. (2020). PKM e-commerce bagi kelompok karangtaruna dan ibu-ibu pkk desa tlogo kecamatan tuntang kabupaten semarang. Join, 1(1), 16-20.

Indana, F. T., & Beni, S. (2021). Strategi pemasaran sayuran hidroponik shanti bhuana. Business, Economics and Entrepreneurship, 3(2), 86–92.

Kaban, R. F., Hadiyati, P., & Prihandini, W. (2020). Efektivitas pemberdayaan e-commerce terhadap peningkatan wirasusaha santri. Jurnal Abdimas Perbanas, 1(1), 1–10.

Kurnia, I., & Martinelli, I. (2021). Permasalahan dalam transaksi e-commerce. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2), 343–350.

Lashwaty, N. D., Widiati, I. S., & Turmudi, H. (2020). Peran penggunaan media online dalam penerimaan mahasiswa baru. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 12(3), 72-82.

Majdi, M. Z., & Rizkiwati, B. Y. (2021). Inovasi kue kering berbahan dasar rimpang dan pemanfaatan e-commerce sebagai upaya peningkatan omset penjualan di masa pademi covid. Lentera Negeri, 2(2), 28–32.

Oscar, Y., & Keni, K. (2019). Pengaruh brand image, persepi harga, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20.

Setiawan, B. (2018). Edukasi e-commerce pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) di kota palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(2), 106–110.

Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan pemasaran online berbasis digital untuk meningkatkan penjualan bisnis online pada umkm di desa cicalengka kecamatan pagedangan kabupaten tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307.

Wibawa, M. B., Fahrizal, & Hussein, S. (2019). Pelatihan e-commerce bagi umkm aceh e-commerce training for aceh smes. Pengabdian Masyarakat, 1(2), 100-104.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.5770

Refbacks



Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats