Pelatihan Tata kelola Desa Wisata Berbasis Media Branding Strategy di Desa Sungai Bakau Kabupaten Seruyan
Abstract
Promosi suatu tempat wisata merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan, salah satunya tempat wisata yang ada di Desa Sungai Bakau. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk melakukan kegiatan pelatihan pembuatan akun instagram serta konten-konten yang menjadi media promosi tempat wisata di Desa Sungai Bakau, Kabupaten Seruyan. Peserta kegiatan terdiri dari 20 orang masyarakat sekitar di Desa Sungai Bakau serta pengelola tempat wisata tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini menggunakan metode ceramah dan diskusi. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 22-24 Juni 2022. Hasil kegiatan PkM yakni terlaksananya kegiatan pelatihan pembuatan akun instagram serta konten-konten yang menjadi media promosi tempat wisata di Desa Sungai Bakau, Kabupaten Seruyan. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi media promosi yang efektif dan efisien untuk mengenalkan tempat wisata di Desa Sungai Bakau.
Promoting a tourist spot is one of the important things to do, one of which is a tourist spot in Sungai Bakau Village. This community service activity aims to carry out training activities for creating Instagram accounts and content that is promotional media for tourist attractions in Sungai Bakau Village, Seruyan Regency. Participants in the activity comprised 20 people from the surrounding community in Sungai Bakau Village and the managers of the tourist attractions. Implementing this community service activity uses the lecture and discussion method. The activity was carried out for three days, on 22-24 June 2022. The results of community service activities are the implementation of training activities for creating Instagram accounts and content that is promotional media for tourist attractions in Sungai Bakau Village, Seruyan Regency. This is expected to be an effective and efficient promotional medium to introduce tourist attractions in Sungai Bakau Village.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basrudin, B., Ratman, R., & Gagaramusu, Y. (2010). Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sumber daya alam di kelas iv sdn fatufia kecamatan bahodopi. Jurnal Kreatif Tadulako, 1(1), 1–10.
Devy, H. A., & Soemanto, R. . (2017). Pengembangan obyek dan daya tarik wisata alam sebagai daerah tujuan wisata di kabupaten karanganyar. Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(1), 34–44.
Ferdinan, Y., Makmur, M., & Ribawanto, H. (2015). Pengembangan wisata alam berbasis ekowisata dalam perspektif pelayanan publik (studi pada disparbud kabupaten nganjuk). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 3(12), 2123–2127.
Kagungan, D., Rosalia, F., & Hidayati, D. A. (2020). Evaluasi dan penilaian tata kelola teknologi. Journal of Informatics, 2.
Komala, L., Budiyanto, A., Wibowo, W. A., Praditya, A., & Pamungkas, I. B. (2020). Membangun kreativitas dan kemandirian masyarakat. Dedikasi PKM UNPAM, 1(2), 20–24.
Marta, R., & Havifi, I. (2019). peran media sosial dalam mempromosikan pariwisata sumatera barat (studi pada humas pemprov sumatera barat). Jurnal Ranah Komunikasi, 3(2), 102–112.
Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode ceramah plus diskusi dan tugas untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76.
Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan media sosial masyarakat sadar wisata dalam mempromosikan potensi wisata baru. Medium, 6(2), 39–50.
Pradana, M. I. W., & Mahendra, G. K. (2021). Analisis dampak covid-19 terhadap sektor pariwisata di objek wisata goa pindul kabupaten gunungkidul. Journal of Social Politics and Governance, 3(2), 6.
Ri’aeni, I. (2015). Penggunaan new media dalam promosi pariwisata daerah situs cagar budaya di indonesia. Jurnal Komunikasi, 9(2), 1–10.
Tobias, B. C., Kristianto, T. W., & Raya, U. P. (2021). Strategi pengembangan pariwisata di wilayah provinsi kalimantan tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Vol. VIII(No. 1), 216–221.
Wedanta, I. B., Putra, D., Vicramaditya, N., Komunikasi, D., Rupa, S., & Desain, D. (2021). Instagram sebagai media promosi happiness jungle di masa pandemi (instagram as a promotion media for happiness jungle during the pandemic period). SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 193–199. https://bali.bisnis.com
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |