Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal dan Pengenalan Aplikasi Mendeley bagi Mahasiswa S1 Universitas Palangka Raya

Muhammad Rafiek, Rusma Noortyani, Noor Fajriah

Abstract


Kemampuan mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya (UPR) dalam menulis artikel ilmiah untuk dikirim ke Open Journal System masih perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Oleh karena itu, tim pengabdian dari Universitas Lambung Mangkurat melakukan pelatihan menulis artikel ilmiah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di sana. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menulis artikel jurnal berbasis bahasa dan sastra lokal serta pengenalan aplikasi Mendeley bagi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Metode pengabdian yang dilakukan adalah dialog interaktif, demonstrasi, dan pendampingan pelatihan. Peserta   pelatihan ini berjumlah 12 orang mahasiswa. Hasil pelatihan adalah terkirimnya lima artikel mahasiswa ke jurnal nasional terakreditasi SINTA peringkat 4. Simpulannya adalah mahasiswa peserta pelatihan dapat membuat artikel ilmiah untuk dikirim ke jurnal nasional terakreditasi dan dapat menerapkan aplikasi Mendeley dalam artikelnya.

The ability of Indonesian Language and Literature Education undergraduate students, Faculty of Teacher Training and Education, Palangka Raya University, to write scientific articles to be sent to the Open Journal System still needs to be developed and improved. Therefore, the service team from Lambung Mangkurat University conducted training in writing scientific articles to improve the abilities of students there. The purpose of this training is to provide practical knowledge and skills in writing journal articles based on local language and literature as well as the introduction of the Mendeley application for students of S1 Indonesian Language and Literature Education, Education, Faculty of Teacher Training and Education, Palangka Raya University. The method of devotion is interactive dialogues, demonstration and training assistance. The participants of this training were 12 students. The result of the training was sending five student articles to the national journal accredited by SINTA, ranked 4. The conclusion is that trainee students can create scientific articles to be sent to accredited national journals and can apply Mendeley's application in their articles.

 


Keywords


Aplikasi Mendeley; Artikel, Bahasa; Jurnal; Lokal; Sastra

Full Text:

PDF

References


Andianto, M. R., Mihing, S., & Uan, S. (1987). Sastra Lisan Dayak Ngaju. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Durasid, D., Kawi, D., & Djinal, A. (1990). Struktur Bahasa Kahayan. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fajriah, N., Sumartono, S., Budiarti, I., & Riza, M. (2019). Bimbingan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi hasil penelitian guru matematika kabupaten banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 106.

Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Kamaliyah, K., Budiarti, I., Adawiyah, R., Nasrullah, N., & Amalia, Z. (2022). Eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran geometri untuk meningkatkan literasi siswa. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 268.

Fitriah, L. (2021). Workshop penulisan skripsi bagi mahasiswa calon sarjana. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 338.

Fitriana, H. A., & Dewi, A. O. P. (2017). Pengaruh pengajaran mendeley reference management software terhadap ketepatan penulisan sitasi dan daftar referensi (studi eksperimental mahasiswa prodi S-1 ilmu perpustakaan angkatan 2014 universitas diponegoro). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 241–250.

Hanafiah, Sauri, R. S. ., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2021). Pelatihan software mendeley dalam peningkatan kulaitas artikel ilmiah bagi mahasiswa. Jurnal Karya Abdi, 5(2), 213–220.

Jumadi, E. W. A., Rajiani, I., & Zulkifli, R. N. (2019). Role of mantra in the lives of dayak maanyan. Ocerints.Org, October, 279–280.

Jumadi, J., Zulkifli, Z., & Noortyani, N. (2017). Antropolinguistik dalam mantra dayak maanyan di kalimantan selatan. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 7(1), 35–49.

Kawi, D., Ismail, A., & Ranrung, W. (1984). Struktur Bahasa Maanyan. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Noortyani, R. (2016). Keberadaan nyanyian balian pada upacara adat wurung jue etnik dayak maanyam. Pelataran Seni, 1(2), 177–194.

Noortyani, R. (2016). Nyanyian balian sebagai pembentuk karakter masyarakat dayak maanyan. Seminar Nasional “Budaya Lokal Dalam Sastra,” 1–11.

Normelani, E., Riadi, S., Noortyani, R., Endarto, Nayan, N., Febriyan, G. M. ., & Safitri, S. (2021). Ecotourism potential in meratus geopark, south kalimantan. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 9(2), 140–144.

Nugrahadi, D. T., Muliadi, M., & Herteno, R. (2022). Pelatihan dan pendampingan penggunaan open journal systems ( ojs ) bagi guru di smpn 8 banjarbaru. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(2).

Rafiek, M., & Effendi, R. (2021). Pelatihan Daring Menulis dan Mengirim Artikel ke OJS Jurnal Internasional Terindeks Scopus Prodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPS ULM. Prodi S2 Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.

Ranti, M. ., Huriaty, D., & Zulkarnain, M. R. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah sebagai upaya peningkatan profesionalitas guru di kabupaten blora. Bu, 1(2), 35–39.

Santoso, D. M., Tandang, & Sofyan, D. (1991). Struktur Bahasa Dayak Ngaju. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sari, F. A. (2022). Pelatihan penggunaan mendeley sebagai software manajeman referensi untuk penulisan tugas akhir. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 113–123.

Suarta, I. M., Noortyani, R., Yarsama, K., & Adhiti, I. A. I. (2022). The role of teachers’ indigenous knowledge and cultural competencies in enhancing students’ engagement and learning outcomes. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 9(1), 244–264.

Sudirman, A. M., Suardi, Upa, R., & Irmayani. 2021. Pelatihan dan pendampingan menggunakan dasar- dasar aplikasi mendeley. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 99–106.

Suryadikara, F., Darmansyah, & Lambut, M. (1985). Struktur Bahasa Lawangan. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Taib, S., Erland, N. A., & Saragih, S. (1990). Morfosintaksis Bahasa Ot Danum. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Zahro, D. A., & Nugraha, J. (2021). Analysis of the use of mendeley using the technology acceptance model (tam) approach: Study in students of office administration education in surabaya state university. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 12(1), 33–40.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.5801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats