Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pelaksanaan Penilaian Bagi Guru IPA di Kota Palembang
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah hampir semua segi kehidupan, tidak terkecuali pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang semula dilaksanakan secara tatap muka menjadi tatap maya. Peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan Google Classroom sebagai aplikasi pembelajaran daring dilakukan melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan menggunakan metode pendampingan bagi guru IPA di Kota Palembang. Khalayak sasaran berjumlah 71 guru. Pelatihan secara tatap maya terstruktur melalui aplikasi zoom meetings pada bulan Juni 2021. Hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman terhadap pemanfaatan Google Classroom sebagai media yang digunakan untuk melaksanakan penilaian pada pembelajaran IPA di Kota Palembang. Selain itu, peserta mengungkapkan bahwa pemanfaatan Google Classroom dapat digunakan untuk melaksanakan kuis, mendorong siswa untuk belajar lebih aktif, meningkatkan motivasi belajar siswa, mempermudah guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran lebih efektif, dan dapat memaksimalkan pemberian stimulus yang tepat untuk soal-soal berpikir tingkat tinggi.
The Covid-19 pandemic has changed almost all aspects of life, including implementing learning in schools, from face-to-face to online. Improving teacher competence in using Google Classroom as an online learning application is carried out through Community Service activities using mentoring methods for science teachers in Palembang City. The target audience is 71 teachers—virtual face-to-face training through the zoom meetings application in June 2021. The evaluation results showed an increased understanding of the use of Google Classroom as a medium used to carry out assessments of science learning in Palembang City. Participants revealed that Google Classroom could be used to carry out quizzes, encourage students to learn more actively, increase student learning motivation, make it more accessible for teachers to carry out teaching evaluations more effectively, and maximize the provision of appropriate stimuli for higher-order thinking questions.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alida, N., & Jamilus, J. (2021). Pelatihan daring sebagai upaya peningkatan kompetensi guru di era pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1096–1106.
Arini, R., Wulandari, A. Y. R., Hadi, W. P., & Fikriyah, A. (2021). Identifikasi profil hasil belajar siswa ditengah pandemic covid-19 terhadap pembelajaran ipa berbantuan aplikasi google form. Natural Science Education Research, 4(1), 10–18.
Asriadi, A., Shabrir, A., & Farid, M. (2022). Workshop evaluasi pembelajaran daring bagi guru Sekolah Dasar mitra PGSD UNM Kampus VI Bone. Wahatul Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–10.
Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18.
Baskara, G., & Yudiana, K. (2021). Tes tertulis berbasis hots pada pembelajaran ipa menggunakan google form siswa kelas iv sd. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 416.
Basri, H., Jannah, U. R., Nuritasari, F., & Yahya, A. (2021). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa pada masalah dengan informasi yang kontradiksi. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 63.
Handayani*, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis pembelajaran ipa secara daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233.
Handayani, A. S. I. G. (2022). Penggunaan google form dan google classroom pada pembelajaran daring untuk meningkatkan minat belajar siswa di smp negeri 3 mengwi. Jurnal Impresi Indonesia, 1(4), 387–396.
Ikhsan, A. N., Suhaman, J., & Hidayat, M. (2020). Pelatihan penggunaan google drive sebagai media penyimpanan dan berbagi bahan ajar bagi guru smp negeri 3 kalimanah. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 256.
Jamila, J., Ahdar, A., & Natsir, E. (2021). Problematika guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di uptd smp negeri 1 parepare. Al Ma’Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110.
Juita, D. R. (2020). Pengaruh penggunaan google drive sebagai sarana penyimpanan media pembelajaran terhadap motivasi belajar. JTEP: Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 971–983.
Kartina, A. A. (2021). Creative thinking skills of class viii smp students in solving problems with additive and addictive substances during the covid-19 pandemic. Indonesian Journal of Science Learning, 12(2), 150–160.
Kumalasani, M. P., & Astuti, D. I. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran hots saat daring di sdn girimoyo 02 kabupaten malang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 428–436.
Kurnianto, S. (2021). Penggunaan media google form untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas v sd negeri 2 logede. Scholastica Journal, 4(1), 14–20.
Latip, A., & Sutantri, N. (2021). Pelatihan pemanfaatan google form sebagai platform penilaian akhir tahun di sma edu global bandung. Journal of Human and Education (JAHE), 1(1), 1–5.
Masrur, M. (2020). Penerapan aplikasi whatsapp, google form, dan quizizz dalam pembelajaran pai di masa pandemi covid-19 di smk negeri 3 purworejo. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 3(2), 47-61.
Masythoh, D. N., & Nuriadin, I. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari gender dalam pembelajaran daring pada masa covid-19 di smk. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1750–1756.
Meriyanti, M., Pratiwi, R. H., Gresinta, E., & Sulistyaniningsih, E. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp terhadap mata pelajaran ipa melalui penggunaan media google classroom. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 226–232.
Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Optimalisasi penggunaan Google Classroom sebagai alternatif digitalisasi dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Bio Educatio, 5(2), 23–36.
Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi google classroom, google form, dan quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.
Ngafifah, S. (2020). Penggunaan google form dalam meningkatkan efektifitas evaluasi pembelajaran daring siswa pada masa covid 19 di sd it baitul muslim way jepara. As-Salam I, 9(2), 123–144.
Nusowati, M., Amalina, N., Kadarwati, S., Harjito, & Susilaningsih, E. (2019). Pemanfaatan aplikasi google dalam pembelajaran kolaboratif. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 17(1), 30–34.
Ramdani, A., Jufri, A., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran ipa yang mendukung keterampilan abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 98–108.
Sholichin, M., & Razak, A. (2021). Analisis kendala pembelajaran online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran ipa di sman 1 bayung lencir. BIODIK : Jurnal Pendidikan Biolgi, 7(2), 163–168.
Sutarno, S. (2021). Penggunaan google form pada pembelajaran moda daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi teori relativitas khusus di sman 4 kota bima kelas xii mipa 1 semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 228–247.
Tarigan, A. L. (2021). Evaluasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Minas. Strategi Pembelajaran Di Masa Pandemi, 1(1), 1-11.
Ummi, K., Tanti, L., Riza, B. S., & Norsapani, C. (2021). Pelatihan pemanfaatan google form untuk pendataan absensi siswa di man 2 model. Rambate: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 158–167.
Wahyudi, W., Rufiana, I., & Nurhidayah, D. (2021). Quizizz : alternatif penilaian di masa pandemi covid-19. Soulmath: Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 8(2), 95–108.
Wahyuni, S. S., Pima, E., & Tambunan, S. (2022). Efektivitas pemberian kuis menggunakan aplikasi google form pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8033–8039.
Widiatsih, A., Wulandari, R., & Muarif, S. (2020). Pemanfaatan google classroom dalam penilaian autentik studi kasus sd negeri sidomulyo 05 silo kabupaten jember. Rekayasa, 13(2), 187–196.
Widiyawati, D., Putri, C. D., & Walid, A. (2021). Evaluasi pembelajaran dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa pada mata pembelajaran ipa kelas ix di smpn 3 tanjung sakti pumi lahat sumatra selatan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2).
Wulandari, R. N., & Panduwinata, L. F. (2021). Keefektifan penggunaan google classroom dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada program studi s1 pendidikan administrasi perkantoran universitas negeri surabaya. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 9(1), 1-6.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |