Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Unggulan Olahan Hasil Ikan bagi Masyarakat Desa Wisata Ujung Pandaran

Arna Purtina, Sonedi Sonedi, Ahmad Syarif

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat memahami bagaimana cara pemasaran produk olahan mereka dengan strategi pemasaran sehingga dengan strategi tersebut memberikan pemahaman untuk dapat menawarkan produk, serta dapat memberikan pemahaman dan skill penggunaan teknologi untuk memasarkan produk secara online. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah mulai dari mempersiapkan dilanjutkan pada berlangsungnya kegiatan dan terakhir dilakukan pengevaluasian.  dalam bentuk pemaparan materi pelatihan, diskusi mendalam tentangstrategi pemasaran, dan praktik membuat media pemasaran yang mudah di kenali oleh orang lain. Kegiatan pengabdian ini memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat, karena mereka yang awalnya strategi pemasaran yang dilakukan masih tradisional dan cakupan pemasaran produk yang masih terbatas. Dari paparan materi dan diskusi materi strategi pemasaran. Antusiasme peserta sosialisasi ini sangat besar hingga banyak gagasan baru yang dapat diaplikasikan pada pemberian merk produk, kemasan yang lebih menarik dan lain-lain. Pengabdian kepada masyarakat yang laksanakan begitu bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman serta skill berkaitan dengan strategi pemasaran.

 

This service activity aims to understand the public understand how to market their processed products with a marketing strategy. This strategy provides an understanding of being able to offer products and provide understanding and skills in using technology to market products online. The method used in this community service starts with preparing, continuing with the activities, and finally evaluating. In the form of presentation of training materials, in-depth discussions on marketing strategies, and the practice of creating marketing media that are easily recognizable by others. This service activity directly benefits the community because those who initially carried out marketing strategies were still traditional, and the scope of product marketing was still limited. From the material exposure and discussion of marketing strategy material. The participants' enthusiasm for this socialization was so great that they could provide many new ideas in product branding, more attractive packaging, etc. Community service that is carried out is very beneficial for the community and can increase knowledge and understanding as well as skills related to marketing strategies.

 


Keywords


Pemasaran; Produk; Strategi; Unggulan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. M., & Nisa, L. (2021). Pembinaan strategi pemasaran produk pepaya crispy di media sosial pada masa pandemi. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 161-172.

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan di cavinton hotel yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96.

Hayatie, M. N., Gautama, M. S., & Sur, W. A. A. (2021). Sosialisasi strategi pemasaran berbasis online pada produk usaha mikro kecil dan menengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 58–62.

Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., & Cahyana, B. B. (2020). Strategi pemasaran world of mouth dan online dalam sentra industri rumah abon ikan lele di jiwan kabupaten madiun. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 1(2), 49–52.

Lathifah, Z., & Lubis, D. P. (2018). Hubungan penggunaan media sosial dengan perkembangan usaha kecil dan menengah kuliner wilayah solo raya. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 75-88.

Maftuhah, R., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan strategi pemasaran melalui media online pada produk usaha rumahan krupuk bawang dan kripik sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227–235.

Nurjannah, N., & Toar, A. (2021). Pemanfaatan media sosial dan pembiayaan bank umum syariah dalam pengembangan usaha mikro dan kecil di kecamatan puuwatu kota kendari. Robust: Research of Business and Economics Studies, 1(1), 105-122.

Rivaldo, Y., Yusman, E., & Sidik, M. (2021). Pelatihan strategi daya saing usaha dalam perspektif ekonomi, pendidikan dan psikologi kepada mahasiswi institut agama islam abdullah said batam. Jurnal Al Tamaddun Batam, 1(1), 13–16.

Selang, C. A. D. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Wibowo, D. H., & Zainul Arifin, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats