Pengembangan Media Ajar Interaktif Menggunakan GeoGebra untuk Guru-guru SMA Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Abstract
: Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah melatih kemampuan guru menggunakan GeoGebra dalam pengembangan media ajar interaktif. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan tatap muka secara langsung dengan 21 peserta. Peserta merupakan guru anggota MGMP Matematika SMA Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pelaksanaan pelatihan pada 5 Juli 2022. Kegiatan ini menghasilkan modul GeoGebra yang digunakan oleh peserta dalam pelatihan. Pelaksanaan pelatihan diawali dengan materi pengenalan dan penyamaan persepsi tentang media pembelajaran interaktif, dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan GeoGebra dengan fitur-fiturnya, sampai pembuatan lembar kerja peserta didik interaktif. Selanjutnya, untuk evaluasi kegiatan dilakukan pengisian kuesioner Google Form untuk pengumpulan data feedback dari peserta. Berdasarkan hasil perolehan data dan hasil projek yang telah dikerjakan peserta, menunjukkan bahwa peserta memahami dan mengikuti kegiatan pelatihan dengan antusias yang tinggi. Dengan demikian, diharapkan akan ada pelatihan GeoGebra dengan eksplorasi yang lebih dalam untuk meningkatkan pengetahuan guru matematika tentang penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran di kelasnya.
This community service program's purpose was to improve teachers' ability to use GeoGebra in developing interactive teaching media. This training activity was carried out face-to-face with 21 participants. Participants were teachers who were members of the MGMP Matematika SMA of Hulu Sungai Tengah Regency. Implementation of the training on July 5, 2022. This activity resulted in the GeoGebra module, which the participants in the training used. The implementation of the training began with the introduction and equalization of perceptions about interactive learning media, followed by training on the use of GeoGebra with its features to the creation of interactive student worksheets. Furthermore, for the evaluation of the activities, a Google Form questionnaire was filled out to collect feedback data from participants. Based on the data acquisition results and the projects that participants had carried out, it showed that participants understand and participate in training activities with high enthusiasm. Thus, it was hoped that there would be GeoGebra training with a deeper exploration to increase the knowledge of mathematics teachers about the use of interactive learning media in learning in their classrooms.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adini, M. H., Sukmawati, R. A., & Purba, S. (2022). Pelatihan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis geogebra. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 430–435.
Fitriani, Maifa, T. S., & Bete, H. (2017). Pemanfaatan software geogebra dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441
Hidayat, F. N., & Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan aplikasi geogebra untuk pembelajaran matematika (dasar). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140.
Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Ariesta Y., D. (2019). Pelatihan peningkatan kemampuan it bagi guru matematika menggunakan geogebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 203.
Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah covid-19. Al-Asasiyya: Journal Basic of Education, 5(1), 27–39.
Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Wiranda, N., Purba, H. S., & Rosyadi, I. (2021). Pelatihan penggunaan learning management system (lms) untuk peningkatan kompetensi pengajar dalam pengelolaan kelas online saat pandemi covid-19. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 205–210.
Sesanti, N. R., Marsitin, R., & Agustina, R. (2018). Upaya meningkatkan peran mgmp matematika smk kabupaten malang melalui pelatihan pembuatan e-modul. Jurnl Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 165–173.
Suhernawati, N., Makmuri, M., & Widiatsih, A. (2020). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis power point pada mata pelajaran ips untuk meningkatkan hasil belajar siswa di smp negeri 2 ambulu. Journal of Education Technology and Inovation, 3(2), 40–50.
Tamami, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif menggunakan aplikasi geogebra pada materi lingkaran. Jurnal Teknodik, 25(1), 1.
Wasserman, N. H. (2018). Exploring Advanced Mathematics Courses and Content for Secondary Mathematics Teachers. 1–15, Springer, Cham.
Zainal, N. H. (2020). Tantangan kebijakan pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19. Jurnal Pencerahan, 14(2), 133–151.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |