Pelatihan Aplikasi Orai untuk Menunjang Pembelajaran Public Speaking Secara Mandiri bagi Pemuda Karang Taruna
Abstract
Bahasa adalah sebagai salah satu alat komunikasi yang dapat mengekspresikan berbagai perasaan. Ketidakterampilan seseorang dalam berkomunikasi dapat menyebabkan kesulitan ketika harus tampil didepan orang lain. Bagi seseorang yang memiliki rasa takut untuk berbicara didepan orang lain, akan muncul rasa kurang percaya diri dan khawatir sehingga dapat menggangu konsentrasi. Sebelum mulai berbicara di depan umum, dapat dilakukan latihan secara mandiri menggunakan aplikasi orai untuk menunjang keterampilan komunikasi (public speaking). Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan untuk menunjang keterampilan menggunakan aplikasi orai dalam pembelajaran public speaking secara mandiri bagi Pemuda Karang Taruna Kabupaten Batola. Metode yang digunakan adalah pelatihan public speaking menggunakan aplikasi orai dilaksanakan pada tanggal 27-30 Juni 2022 dan dihadiri sebnyak 17 peserta dari Karang Taruna Kabupaten Batola. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para Pemuda Karang Taruna Kabupaten Batola dapat meningkatkan keterampilan tentang aplikasi orai dalam menunjang pembelajaran public speaking sehingga lebih memahami dan dapat mengaplikasikannya. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh bahwa hasilnya sangat positif. Para Pemuda Karang Taruna Kabupaten Batola sangat antusias selama dua hari pelatihan dan menunjukkan bahwa mereka tertarik sehingga pelatihan ini dapat menunjang keterampilan mereka dalam public speaking.
A language is a communication tool that can express various feelings. A person's inability to communicate can cause difficulties when appearing in front of others. For someone who fears speaking in front of others, there will be a lack of confidence and worry that can interfere with concentration. Before starting to speak in public, you can practice independently using the orai application to support communication skills (public speaking). The purpose of this service is to provide training to improve skills using the orai application so that it can support independent public speaking learning for Youth Karang Taruna Batola Regency. The method used was public speaking training using the orai application, held on 27-30 June 2022 and attended by 17 participants from the Youth Organization of Barito Kuala Regency. It is hoped that with this activity, the Karang Taruna Youth of Batola Regency can improve their skills in the application of orai in supporting public speaking learning so that they better understand and can apply it. Based on the evaluation results obtained that the results are very positive. The Karang Taruna Youth of Batola Regency were very enthusiastic during the two days of training and showed that they were interested so that this training could improve their skills in public speaking.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asriandhini, B., Khasidah, M. N., & Kristika, P. N. A. (2020). Pelatihan dasar public speaking untuk mengembangkan keterampilan penyampaian informasi dan kepercayan diri bagi siswa tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 71–84.
Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya peningkatan kemampuan public speaking pemuda sragi ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23–32.
Fitrananda, C. A., Anisyahrini, R., & Iqbal, M. (2019). Pelatihan public speaking untuk menunjang kemampuan presentasi bagi siswa sman 1 margahayu kabupaten bandung. Madani: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 66–69.
Halimah, H., Lustyantie, N., & Ibrahim, G. A. (2018). Studentsâ€Tm perception on the implementation of orai application in cll method in teaching speaking. Jeels (Journal of English Education And Linguistics Studies), 5(1), 1–22.
Hidayat, M. F. (2022). Pembelajaran akhlak materi “sekelumit akhlak nabi” dengan metode jigsaw untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 302–311.
Indriyani, N. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas vii pada konsep about public places melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 46–51.
Laila, F., Prasetyorini, P., & Kurniasih, K. (2022). Implementation of jigsaw coopertaive learning and gallery walk based on practices to develop science process skills and sscientific attitude of students. Jsep (Journal of Science Education and Practice), 5(1), 28–42.
Maknun, L. (2020). The implementation of orai as artificial intelligence for digital native students in english speaking learning. Itell (Indonesia Technology Enhanced Language Learning), 1(1), 131–138.
Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun kepercayaan diri remaja melalui pelatihan public speaking guna menghadapi era industri 4.0. Abdi Psikonomi, 1(2), 78–79.
Melasarianti, L. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode debat plus pada mata kuliah berbicara. Jurnal Lingua Idea, 9(1), 23–28.
Nugrahani, D., Kustantinah, I., & Larasati, I. (2012). Peningkatan kemampuan public speaking melalui metode pelatihan anggota forum komunikasi remaja islam. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 1–6.
Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar public speaking sebagai komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 1–10.
Pramita, M., Mahardika, A. I., & Sukmawati, R. A. (2021). Optimalisasi penggunaan facebook untuk pengelolaan kelas dalam jaringan (daring) pada masa pandemi covid 19. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 167–173.
Pramita, M., Sukmawati, R. A., & Wiranda, N. (2022). Motivation and learning media: How do they affect mathematics learning outcomes after the covid-19 pandemic? Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 153–164.
Pratiwi, E., Nusantara, T., Susiswo, S., & Muksar, M. (2020). Textual and contextual commognitive conflict students in solving an improper fraction. Journal For The Education Of Gifted Young Scientists, 8(2), 731–742.
Purnamasari, I., Khasanah, I., & Wahyuni, S. (2020). Media pembelajaran big book berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan karakter toleransi pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90-99.
Rahmadani, D. N., Wahyuni, A., & Ekawarna, E. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking pada mahasiswa pendidikan sejarah universitas jambi. Jurnal Randal, 2(2), 22–33.
Saripudin, D., Fauzi, W. I., & Nugraha, E. (2022). The development of interactive e-book of local history for senior high school in improving local wisdom and digital literacy. European Journal of Educational Research, 11(1), 17–31.
Setyowati, H., Qurniawati, Z., Santosa, E., Widiyono, Y., Aryanto, A., Rochimansyah, R., & Faizah, U. (2020). Pelatihan public speaking bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Surya Abdimas, 4(2), 79–84.
Ulthari, I., & Sunarti, V. (2020). Hubungan antara penggunaan pendekatan andragogi trainer dengan motivasi belajar peserta pelatihan public speaking di ukkpk unp. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(3), 1–8.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |