Pembinaan Kepercayaan Diri Ibu-Ibu dalam Baca Al-Qur’an Melalui Kegiatan Mengaji Bersama
Abstract
Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri ibu-ibu dalam baca Al-Qur’an didampingi oleh mahasiswa dan dosen melalui salah satu program KKN Tematik yaitu belajar dan mengaji bersama ibu-ibu rumah tangga di Sidomulyo. Proses pengabdian menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Sebelum pembinaan dilakukan, kepercayaan diri ibu-ibu dalam baca Qur’an masih kurang, hal ini nampak berdasarkan hasil observasi, yakni ibu-ibu ketika pengajian seperti habsyi tampil percaya diri melantunkan syair namun ketika yasinan untuk pembacaan kalam illahi ibu-ibu belum berani sehingga dilimpahkan kembali pada ibu-ibu lansia yang sudah berpengalaman. Hasil pembinaan kepercayaan diri ibu-ibu dalam baca Al-Qur’an melalui kegiatan mengaji bersama, yang dilaksanakan selama 3 bulan dengan pendekatan ABCD dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri ibu-ibu dalam baca Al-Qur’an meningkat dengan adanya pembinaan, yang mana membantu ibu-ibu mengatasi hal-hal yang membuat kurang percaya diri seperti merasa bacaannya kurang bagus tajwidnya atau kurang percaya diri dengan lagu mengajinya, maka di sinilah pembinaan ini berperan.
This guidance aims to increase the confidence of mothers in reading the Qur'an accompanied by students and lecturers through one of the Thematic Community Service Programs, namely studying and reciting the Koran with homemakers in Sidomulyo. The service process uses the Asset Based Community Development (ABCD) approach. Before the training was carried out, the confidence of the mothers in reading the Qur'an was still lacking; this could be seen based on the results of observations, namely the mothers during the recitation such as habsyi appeared confident in reciting poetry, but when the yasinan for the reading of the divine kalam, the mothers did not have the courage to do so—transferred back to experienced elderly mothers. The results of fostering mothers' self-confidence in reading the Qur'an through joint recitation activities with the ABCD approach show that mothers' self-confidence in reading the Qur'an increases with coaching, which helps mothers overcome these problems. -Things that make you less confident, such as feeling that your recitation isn't good enough or you don't have confidence in the song you recite; this is where this coaching comes into play.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amandha, U. D & Ifdil. (2016). Konsep kepercayaan diri remaja putri. (Jurnal EDUCATIO Jurnal Pendidikan Indonesia)., 2(2), 43-52.
Anam N. (2020). Buku pedoman kuliah kerja mahasiswa (KKM) berbasis asset based community development (ABCD) tahun akademik 2019/2020. Jember: LP3M.
Ansori M. (2021). Metode tahfidz apel dan murâja’ah: Pendampingan terhadap pengembangan kualitas asset sdm guru dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma siswa sd plus al-qodiri. Al-Ijtimā’: (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)., 1(2), 143–144.
Arie, P. U. K. (2016). Hubungan kepercayaan diri dan self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi tahun 2013 (mahasiswa psikologi universitas mulawarman). E-Journal Psikologi, 4(4), 66-76.
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3091. (2020). Paradigma pengabdian kepada masyarakat tahun 2020. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3091, 33–34.
Ghufron, M. N & Risnawita, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan dan Budaya.
Lisanias, C. V., Loekmono, J. L., & Windrawanto, Y. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa progdi pendidikan sejarah uksw salatiga. Psikologi Konseling, 15(2), 431-439.
Mahmudah, N. (2018). Pemberdayaan pada anak-anak gang dolly di sma artantika surabaya dengan metode abcd. Madani., 1(1), 17–29.
Muniarty dkk. (2021). Pendampingan baca tulis al quran bagi anak-anak di lokasi kkn kelurahan dodu kota bima. (Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat)., 2(2), 96-99.
Muslimah dkk. (2021). Peningkatan nilai produk jahe merah melalui pengarusutamaan jender dalam bingkai moderasi agama sebagai modal sosial di kalampangan palangka raya. Prosiding KOPEMAS: UIN Malang, 2(1), 17-30).
Pemerintah Kota palangka Raya. (2011). Profil kelurahan Tumbang Tahai.
Poerwadarminta, P. (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Rina, A. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 182-189.
Salafuddin, S. (2018). Ngaji Metal/Metode Talqin. Wali Pustaka.
Salirawati, D. 2. (2012). Percaya diri, keingintahuan, dan berjiwa wirausaha: tiga karakter penting bagi peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 213-224.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence (perkembangan remaja) alih bahasa: S.B Adelar & S. Saragih. Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |