Muballigh Hijrah: Pendampingan Dakwah dan Pembelajaran Melalui Platform Anchor.FM

Halim Purnomo, Novi Caroko, Ahmad Hermawan, Cahyo Setiadi Ramadhan, Aris Slamet Widodo, Gatot Supangkat Samidjo, Adhianty Nurjanah, Nano Prawoto

Abstract


Muballigh Hijrah merupakan salah satu bentuk pengembangan program pengabdian kepada masyarakar yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tujuan pelaksanaan program Mubaligh Hijrah ini yaitu pemberdayaan masjid, amal usaha PRM (Pimpinan Ranting Muhammadiyah) dan PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) berbasis dakwah. Pengabdian kepada masyarakat melalui program Mubaligh Hijrah ini dilaksanakan di Masjid Al-Hilal Kulon Progo, TPA Darussalam Desa Grinting, dan Masjid Al-Islam Desa Grinting Kec. Bulakamba Kab. Brebes. Program pengabdian ini dilaksankaan pada bulan februari 2021. Metode Pelaksanaannya adalah praktek, taking video, perlombaan, motivasi dan semarak ramadhan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) memaksimalkan pemanfaatan radio komunitas maupun aplikasi audio streaming sebagai sarana pembelajaran. (2) Meningkatkan semangat belajar siswa melalui perlombaan. (3) Memusatkan kegiatan masyarakat di masjid khususnya pada Bulan Ramadhan. Simpulannya adalah program pengabdian ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan siswa pada pelaksanaan pembelajaran melalui platform Anchor.FM.

  

Muballigh Hijrah is a form of community service program development carried out by the University of Muhammadiyah Yogyakarta. The purpose of implementing the Mubaligh Hijrah program is to empower mosques, PRM (Pimpinan Branch Muhammadiyah) and PCM (Pimpinan Branch Muhammadiyah) businesses based on da'wah. Community service through the Hijrah missionary program was carried out at the Al-Hilal Mosque in Kulon Progo, Darussalam TPA Grinting Village, and Al-Islam Mosque Grinting Village, Kec. Bulakamba Kab. Brebes. This service program will be held in February 2021. The implementation method is practice, video taking, competitions, motivation and the splendour of Ramadan. The results of this community service activity are (1) maximizing the use of community radio and audio streaming applications as a learning tool. (2) Increasing students' enthusiasm for learning through competitions. (3) Concentrating community activities in the mosque, especially during Ramadan. The conclusion is that this community service program can benefit the community and students in implementing learning through the Anchor.FM platform.


Keywords


Anchor; Audio Streaming; Kemakmuran Masjid; Radio Komunitas; Semarak Ibadah

Full Text:

PDF

References


Azzam, A., & Muhyani, Y. (2019). Manajemen masjid jogokariyan yogyakarta sebagai pusat kegiatan masyarakat. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 197–205.

Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika siswa smp pada masa pandemi covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950.

Hunainah, F. Z., Zannah, F., Permadi, A. S., & Solikhin, A. (2022). Pembinaan nilai-nilai keislaman bagi masyarakat muslim minoritas di desa handiwung kabupaten katingan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 30–38.

Mahat, H., Hashim, M., Saleh, Y., Nayan, N., & Norkhaidi, S. B. (2020). Transformation of education for sustainable development through low carbon schools community program. Journal of Turkish Science Education, 17(3), 429–442.

Nurjamilah, C. (2017). Pemberdayaan masyarakat berbasis masjid dalam perspektif dakwah nabi saw. Journal of Islamic Studies and Humanities, 1(1), 93–119.

Priyono, D. J., Fawaidi, B., & Nurhayati, U. (2020). Pemberdayaan masjid: pembinaan masjid agar menjadi masjid yang makmur di masjid al-huda dusun darussalam desa jatimulyo kecamatan jenggawah kabupaten jember. Al-Ijtima: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–40.

Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi pemberdayaan masyarakat berbasis masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 82–98.

Sintasari, B. (2021). Pemberdayaan remaja masjid dan perannya dalam pendidikan islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(1), 100–114.

Sukitman, T., Yazid, A., & Mas’ odi, M. (2020). Peran guru pada masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Surtini, S., & Munawir, A. (2021). Penguatan pembelajaran jarak jauh melalui workshop media pembelajaran interaktif di era kenormalan baru pada guru tk dan paud se kecamatan tanara. Batara Wisnu: Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 120–126.

Suryawati, E. (2021). Pemberdayaan masjid sebagai pusat pendidikan islam. Al-Rabwah, 15(02), 60–69.

Tatminingsih, S., Hermaini, B., Novita, D., Magta, M., Marsinah, N., Chandrawati, T., Budi, U. L., & Djatmiko, T. (2022). Implementasi pengembangan model praktik tarian rakyat indonesia melalui gerakan kreatif pada guru tk. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 71–78.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats