Pelatihan Penggunaan Elicit untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract
Salah satu kesulitan yang dihadapi mahasiswa tingkat akhir yaitu menemukan penelitian terdahulu (state of the art). Kesulitan inilah yang membuat mahasiswa menunda karya tulis akhirnya. Bahkan, dari beberapa kasus yang terjadi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta banyak mahasiswa yang akhirnya lulus di atas sepuluh semester. Tujuan penulisan artikel ini untuk menyampaikan hasil pengabdian kepada masyarakat di Jurusan Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode pelatihan yang digunakan menggunakan pendekatan tindakan langsung dan hybrid. Langkah-langkah pelatihan yang dilakukan meliputi: pengenalan Elicit, praktik Elicit, evaluasi pasca penggunaan, dan penilaian terhadap Elicit. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini berjumlah 93 orang mahasiswa semester dua. Hasil yang didapatkan di dalam pelatihan ini mahasiswa mampu menggunakan aplikasi Elicit dengan baik. Selain itu, 93 orang mahasiswa yang hadir dalam kegiatan pelatihan ini menyebutkan bahwa aplikasi Elicit mudah untuk digunakan dan dapat menemukan pelbagai kajian terdahulu.
The difficulty faced by final-year students is finding previous research similar to previous research. This difficulty makes students delay their final writing. In fact, from several cases at UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, many students graduated in more than ten semesters. The purpose of writing this article is to convey the results of community service at the Department of Biology Education, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. The training method used is a direct approach. The training steps include: Elicit introduction, elicit practice, post-use evaluation, and assessment of Elicit. Participants in this training activity amounted to 93 second-semester students. The results obtained from this training showed that students could use the Elicit application well. In addition, 93 students who attended this training said that the Elicit application was easy to use and could find various previous studies.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, S. (2017). Manajemen arsip digital dan ERMS. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 9(2), 175–182.
Compen, B., Pitthan, F., Schelfhout, W., & Witte, K. De. (2022). How to elicit and cease herding behaviour? On the effectiveness of a warning message as a debiasing decision support system. Decision Support Systems, 152.
Darmalaksana, W., & Busro, B. (2021). Akselerasi publikasi ilmiah mahasiswa: Studi kasus wpaj hmj iat uin sunan gunung djati bandung. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 139–157.
De Logu, F., Nassini, R., Hegron, A., Landini, L., Jensen, D. D., Latorre, R., Ding, J., Marini, M., Souza Monteiro de Araujo, D., Ramírez-Garcia, P., Whittaker, M., Retamal, J., Titiz, M., Innocenti, A., Davis, T. P., Veldhuis, N., Schmidt, B. L., Bunnett, N. W., & Geppetti, P. (2022). Schwann cell endosome CGRP signals elicit periorbital mechanical allodynia in mice. Nature Communications, 13(1), 646.
Dery, K., Sebastian, I. M., & van der Meulen, N. (2017). The digital workplace is key to digital innovation. MIS Quarterly Executive.
Gumgum, G., Justito, A., & Nunik, M. (2017). Literasi media: cerdas menggunakan media sosial dalam menanggulangi berita palsu (hoax) oleh siswa SMA. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35-40.
Horsch, M. et al. (2022). Interoperability and architecture requirements analysis and metadata standardization for a research data infrastructure in catalysis. Communications in Computer and Information Science, vol 1620. Springer, Cham.
Hudaa, S., Agustina, Y., & Novida, I. (2021). Pelatihan pemanfaatan reference manager untuk penulisan ilmiah di pgsd. Kreasi: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34—47.
Hudaa, S., Djihadah, N., & Firdaus, W. (2021). Kesalahan berbahasa yang dianggap kelaziman dalam karya tulis ilmiah. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 69—84.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Nasution, D. S., Rahila, C. D. I., & Batubara, M. H. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi mendeley bagi mahasiswa dalam penulisan karya Ilmiah. JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam (JPMA), 1(2).
Nurul, A., Intan, F., Much, I., Subroto, I., & Badie’ah, B. (2017). Penerapan standar metadata dublin core ( dc ) dan open archive initiatif ( oai ) di fakultas teknologi industri. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), 2(1), 21–30.
Prahani, B. K., Tsuroyya, T., Kohar, A. W., & Setiawan, S. (2020). Workshop penulisan artikel ilmiah moda daring bagi guru sma kota surabaya pada masa pandemi covid-19. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 109–118.
Rachman, R. S., & Damaianti, V. S. (2019). Peran sains-teknologi dalam pembelajaran bipa: pengembangan webtoon berbasis komunikasi lintas budaya sebagai antisipasi gegar budaya. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI.
Somantri, O., Pratiwi, A. F., & ... (2021). Workshop pelatihan manajemen referensi dan sitasi untuk karya ilmiah menggunakan mendeley. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 23-31.
Sugiana, W. (2018). Strategi meningkatkan kualitas pelayanan melalui digitalisasi produk perbankan di bank bni syariah kcp bulaksumur yogyakarta. UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri: Purwokerto.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru sma kecamatan jalaksana kabupaten kuningan. Al-Khidmat, 3(1), 15–24.
Supriyana, A., Emzir, E., & Boeriswati, E. (2019). Directed reading thinking activity (drta) method and students’ critical thinking level in editing scientific articles. BAHASTRA, 39(2), 102-109.
Wardani, N. W., & Ginantra, N. L. W. S. R. (2020). Pelatihan aplikasi mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru smk dwijendra denpasar. JJURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 13—20.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.5898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |