Strategi Pemanfaatan Technopreneurship melalui E-Commerce untuk Meningkatkan Omzet Tenun Samarinda

Riyo Riyadi, Ilham Abu, Nasib Subagio, Reza Reza

Abstract


Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu dikembangkan agar dapat mendorong perekonomian masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut. Selama ini pemasaran yang dilakukan oleh sebagian besar UMKM di Samarinda salah satunya usaha tenun masih secara konvensional. Produksi kain tenun tidak diimbangi dengan progres penjualan yang bagus, kondisi ini membuat kurangnya omzet yang di dapat. Berdasarkan kondisi dan situasi yang dialami penenun di Kelurahan Tenun Samarinda maka dirasa perlu melakukan kegiatan pengenalan technopreneurship memperluas cakupan pemasaran dan dapat meningkatkan omzet. Kegiatan ini dilakukan dengan cara melaksanakan pelatihan dan pendampingan membuat sistem e-commerce berbasis web. Pelatihan dan pendampinan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan omzet penjualan dari para penenun yang ada di Kelurahan Tenun Samarinda. Metode yang dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan aplikasi e-commerce hingga evaluasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada bulan september 2021. Semua rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan lancar serta mendapat respon yang baik oleh para peserta kegiatan. Hasil kegiatan ada 5 usaha tenun yang memiliki akun e-commerce yang siap digunakan dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan para penenun.

 

The potential of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) needs to be developed to encourage the community's economy and increase the welfare of the community. So far, the marketing carried out by most MSMEs in Samarinda, one of which is the weaving business, is still conventional. The production of woven fabrics needs to be balanced with good sales progress, and this condition makes the lack of turnover obtained. Based on the conditions experienced by weavers in Samarinda Weaving Village, it is necessary to carry out technopreneurship introduction activities to expand marketing coverage and can increase turnover. This activity is carried out by training and assistance in creating a web-based e-commerce system. This training and decommissioning aim to increase the sales turnover of the weavers in the Samarinda Weaving Village. The method provides training and assistance in making e-commerce applications for evaluation. The implementation of the activity was in September 2021. All activities went well and smoothly, and we received a good response from the participants. As a result of the activity, five weaving businesses have e-commerce accounts that are ready to be used to improve the welfare of weavers.

 


Keywords


E-commerce; Technopreneurship; UMKM

Full Text:

PDF

References


Hasbullah, R., Surahman, M., Yani, A., Almada, D. P., & Faizaty, E. N. (2014). Model pendampingan umkm pangan melalui inkubator bisnis perguruan tinggi (Mentoring Model for Food Sector of SMEs through Business Incubator of University). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), 19(1), 49.

Hasugian, H., Kurniawati, F., Fratama, F. F., & Permatasari, N. (2021). Peningkatan omset penjualan menggunakan e-commerce pada do’i coffee. IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System, 4(2), 242–249.

Irawan, D., Rahsel, Y., & Udin, T. (2017). Perancangan electronic commerce berbasis b2c pada toko atk sindoro. Perancangan Electronic Commerce Berbasis B2C Pada Toko Atk Sindoro, 8(1), 58–61.

Kadir, A. (2014). Pengenalan sistem informasi.

Marti’ah, S. (2017). Kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) dalam perspektif ilmu pendidikan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 3(2), 75–82.

Mukhsin. (2019). Manfaat penerapan marketing online (menggunakan e-commerce dan media sosial) bagi usaha mikro, kecil dan menengah (umkm). Teknokom, 2(1), 1–10.

Nurnida, I., & Wicaksono, E. K. (2018). Analysis of technopreneurship applications in alternative energy company: Study on cv. wahana putera ideas, bandung. 41(Bcm 2017), 148–154.

Putranto, F. F., Fitrian, Z., Nugroho, B. A., Santi, E. N., Budiman, P. W., & Purnomo, A. H. (2019). Strategi pengembangan usaha mikro di kota samarinda. Riset Inossa, 1, 13–27.

Radiantor, W. E., Efrata, T. C., & Santoso, E. B. (2018). Generasi Entrepreneur: Anda Bisa Menciptakan Entrepreneur. Andi: Yogyakarta.

Rifayanti, R., Kristina, G., Doni, S. R., Setiani, R., & Welha, T. P. (2019). Filosofi sarung tenun samarinda sebagai simbol dan identitas ibu kota kalimantan timur. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 6(2), 21.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189.

Suandi, A., Khasanah, F. N., & Retnoningsih, E. (2017). Pengujian sistem informasi e-commerce usaha gudang cokelat menggunakan uji alpha dan beta. Information System for Educators and Professionals, 2(1), 61–70.

Sugeng. (2014). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 4(1).

Syaifulloh, M. (2021). Strategi program technopreneurship dan marketing public relation terhadap pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (umkm). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 18(1), 1–13.

Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2015). Electronic commerce a managerial and social networks perspective. Springger : New York.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats