Pelatihan Pembuatan VideoScribe Bermuatan Lingkungan Lahan Basah Bagi Guru MGMP Kimia Kabupaten Hulu Sungai Utara
Abstract
Masih rendahnya keterampilan guru dalam membuat media berbasis audio-visual dalam bentuk video, serta kurangnya informasi yang dimiliki guru terkait aplikasi yang dapat digunakan dalam pembuatan video di lingkungan lahan basah menjadi latar belakang pada Pengabdian kepada Masyarakat ini. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru dalam membuat video menggunakan sparkol VideoScribe di lingkungan lahan basah. Selain itu juga untuk mengetahui respon guru dalam mengikuti pelatihan. Peserta pelatihan ini ialah 22 orang guru kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, diskusi dan praktik secara langsung dalam membuat video menggunakan sparkol VideoScribe. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Juli 2022 sebanyak 4 kali pertemuan. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru tentang pembuatan video menggunakan sparkol VideoScribe dan respon guru terhadap kegiatan pelatihan menunjukkan kategori baik. Pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru tentang pembuatan video menggunakan sparkol VideoScribe. Produk video yang dihasilkan dapat digunakan dalam membantu proses pembelajaran.
The teacher's low skills in creating audio-visual-based media that is performed by video and the lack of information that teachers have regarding applications that can be used in making videos in a wetland environment are the background of this community service. This training activity aims to improve teachers’ understanding and skills in making videos using Sparkol VideoScribe in a wetland environment. In addition, to find out the teacher's response to participating in the training. The participants of this training were 15 Chemistry Subject Teacher Consultation Group (MGMP) teachers in Hulu Sungai Utara (HSU) District. The training activities were conducted through lectures, discussions and direct practice in making videos using Sparkol VideoScribe. Based on the results of the training, it was found that there was an increase in the teacher's understanding of creating audio-visual-based media that was performed by video using Sparkol VideoScribe, and the teacher's response to the training activities showed a good category. This training can improve teachers' understanding and skills in making videos using Sparkol VideoScribe. The resulting video product can be used to help the learning process.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, S. (2019). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe di kabupaten malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572.
Arigiyati, T. A., Kusumaningrum, B., & Kuncoro, K. S. (2021). Pemanfaatan videoscribe dalam peningkatan kompetensi guru. Kanigara, 1(1), 1–9.
Hafiza, M., Marlina, L., & Astuti, R. T. (2022). Pengembangan media pembelajaran whiteboard animation pada materi hidrokarbon sebagai media alternatif pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 4(1), 82.
Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317.
Ismail, I., Enawaty, E., & Lestari, I. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran videoscribe terhadap hasil belajar siswa materi ikatan kimia. Portal Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura (PJI-UNTAN), 2(November), 1–10.
Khuzaini, N., Marhaeni, N. H., & Nuryadi, N. (2022). Pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan software sparkol videoscribe di sma dharma amiluhur. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(2), 19–25.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F, Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 14.
Nurjanah, F., Nazar, M., & Rusman, R. (2017). Pengembangan media animasi menggunakan software videoscribe pada materi minyak bumi kelas x mia di man darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(4), 230–236.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35.
Purmadi, A., Wibawa, R., & Fitriani, F. (2020). Pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis video menggunakan sparkol video scribe bagi guru smk daarul qur’an. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 1(2), 84–87.
Purnama, P., Erlidawati, & Nazar, M. (2017). Pengembangan media video animasi berbasis videoscribe pada materi koloid untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun akademik 2016 / 2017. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(3), 256–263.
Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.
Suraya, S., Fatkhiyah, E., & Suseno, H. P. (2019). Program kemitraan masyarakat dengan pembuatan bahan ajar aplikasi video scribe pada guru. Jurnal Abdimas PHB, 2(2), 42–50.
Wicaksono, A. B., Chasanah, A. N., & Franita, Y. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe bagi guru mts di kota malang. Indonesian Journal of Community Service, 1(1), 1–6.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.6099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |