Penggunaan iSpring: Media Interaktif Online untuk Pembelajaran Matematika bagi Guru SMP/MTs

Delsika Pramata Sari, Harja Santana Purba, Novan Alkaf Bahraini Saputra

Abstract


Tujuan dari pelatihan ini yaitu meningkatkan keterampilan guru agar dapat menggunakan dan mengembangkan media interaktif online untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Peserta pelatihan diikuti oleh 42 orang, yaitu guru Matematika Kota Banjarmasin serta peserta umum lainnya. Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Agustus 2021. Penyampaian materi pada pelatihan ini dengan ceramah, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Materi pelatihan meliputi penggunaan aplikasi iSpring dan penggunaan media pembelajaran interaktif materi statistika dan bangun ruang sisi lengkung yang dikembangkan oleh Program Studi Pendidikan Komputer. Media pembelajaran interaktif yang dilatihkan telah divalidasi tingkat efektivitas, kelayakan dan kepraktisan. Selain itu dilaksanakan pelatihan penggunaan iSpring untuk membuat materi presentasi dan evaluasi yang dapat diakses siswa secara online. Pengumpulan data dari kegiatan ini dengan survei. Hasil survei menunjukkan bahwa pelatihan ini menambah pemahaman tentang media pembelajaran dan cara mengembangkannya, serta membantu permasalahan yang dihadapi. Hal tersebut dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa peserta pelatihan memberikan respon positif terhadap pelatihan ini.

This training aimed to improve teachers' skills in using and developing online interactive media that can enhance the quality of learning. The training participants were attended by 42 people, namely Banjarmasin Mathematics teachers and other general participants. The training will be held on Thursday, August 5, 2021. Delivering the material in this training consisted of lectures, demonstrations, discussions, and questions and answers. The training materials include using the iSpring application and interactive learning media on Statistics and Curved Side Shapes developed by the Computer Education Study Program. The interactive learning media that have been trained have been validated for effectiveness, feasibility, and practicality. In addition, training on iSpring was carried out to create presentation and evaluation materials that students could access online. Collecting data from this activity by the survey. The survey results showed that this training adds to the understanding of instructional media and how to develop them and help with problems encountered. This could be seen from the data analysis results showing that the training participants responded positively to this training.

 


Keywords


iSpring; Media Interaktif; Online

Full Text:

PDF

References


Aditama, M. G., Sugiharto, P. A., Nurwulandari, E., & Hardiyani, A. H. (2021). Meningkatkan kemampuan guru smk dalam pembelajaran jarak jauh melalui in-house training. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(1), 53–59. https://doi.org/10.37373/bemas.v2i1.130

Anwar, M. S., Choirudin, C., Ningsih, E. F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an interactive mathematics multimedia learning based on ispring presenter in increasing students’ interest in learning mathematics. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 135–150. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.4445

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia interaktif berbasis ispring suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389.

Asmaradhana, G. C., & Churiyah, M. (2021). Meningkatkan hasil belajar dan kemandirian peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis ispring suite 9. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(3), 251–262.

https://doi.org/10.17977/um066v1i32021p251-262

Biernath, A. (2022). Covid: Apakah dari pandemi, virus corona akan menjadi endemi, dan apa artinya? BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-60414985

Dewantara, D., Misbah, M., & Wati, M. (2020). The implementation of blended learning in analog electronic learning. Journal of Physics: Conference Series,1422(1), 012002.

Fadillah, A., Bilda, W., Saleh, H., & Yenni, Y. (2021). Design of interactive learning media in the covid-19 pandemic time using ispring. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v5i1.3260

Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan aplikasi android dengan cepat menggunakan ispring untuk menunjang pembelajaran secara daring. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.8

Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). Efektivitas pemanfaatan multimedia pembelajaran berbantuan ispring dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 451–461.

https://doi.org/https://doi.org/10.31980/tp.v3i1.158.g175

Misbah, M., Noor, R. N. F., Zainuddin, Z., Hartini, S., & Dewantara, D. (2021). Blended Learning with schoology in impulse and momentum materials: The development of physics teaching materials. Online Learning in Educational Research, 1(2), 63-73.

Noer, J., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2017). Penggunaan program ispring 7.0 dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), 2715–2723. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23267

Novrizaldi. (2022, May 23). Jika Covid 19 Sudah Menjadi Endemi, Penangananya Jadi Seperti Penyakit Biasa. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/jika-covid-19-sudah-menjadi-endemi-penangananya-jadi-seperti-penyakit-biasa

Pudjianto, U., Kukuh Adisusilo, A., Retnawati, L., & Saurina, N. (2020). Peningkatan kompetensi tenaga pendidik muslimat nu surabaya dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (tik). Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 22. https://doi.org/10.24269/adi.v4i1.2026

Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan pembuatan media evaluasi dengan menggunakan ispring di sma wisuda kota pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 24. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1194

Saputri, A., & Zainil, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis kinemaster pada materi keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua …. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3284–3295.

https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4071

Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Wiranda, N., Purba, H. S., & Rosyadi, I. (2021). Pelatihan penggunaan learning management system(lms) untuk peningkatan kompetensi pengajar dalam pengelolaan kelas online saat pandemi covid-19. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 205–210. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2472

Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., & Jamilah. (2018). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi ispring presenter terhadap kemampuan. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 462–485. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/tp.v3i1.164.g179

Widiyana, E. (2022). Kata Pakar soal pandemi covid-19 bisa berubah jadi endemi. Detikjatim. https://www.detik.com/jatim/berita/d-5973932/kata-pakar-soal-pandemi-covid-19-bisa-berubah-jadi-endemi

Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019, February). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 1-5.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats