Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Video berbasis Kearifan Lokal pada Kurikulum Merdeka

Mahlianurrahman Mahlianurrahman, Rapita Aprilia

Abstract


Kegiatan lokakarya ini berangkat dari permasalahan bahwa guru sekolah dasar memiliki keinginan untuk menerapkan media pembelajaran video berbasis kearifan lokal pada kurikulum merdeka, namun kemampuan guru dalam mengembangkan video pembelajaran yang sesuai dengan kearifan lokal masih rendah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan video pembelajaran berbasis kearifan lokal pada kurikulum merdeka. Lokakarya ini dilaksanakan pada bulan Juli 2022 dan dihadiri 20 guru tingkat sekolah dasar. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah menggunakan metode Asset Based Community Development. Adapun hasil posttest kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran video berbasis kearifan lokal menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dibandingkan dengan kemampuan guru sebelum mengikuti lokakarya. Setelah mengikuti kegiatan lokakarya guru merasa senang karena guru mendapatkan pengalaman baru dan berkomitmen untuk mengembangkan media pembelajaran video berbasis kearifan lokal.

This workshop activity departs from the problem that elementary school teachers desire to apply video learning media based on local wisdom to the independent curriculum. However, the ability of teachers to develop learning videos that follow local wisdom still needs to improve. This activity aims to improve the ability of elementary school teachers to develop learning videos based on local wisdom in the independent curriculum. This workshop was held in July 2022 and was attended by 20 elementary school teachers. The method applied in implementing this activity is using the Asset Based Community Development method. The results of the post-test of the teacher's ability to develop video learning media based on local wisdom showed an increase compared to the teacher's ability before attending the workshop. After participating in the workshop, the teacher was happy because teacher got new experiences and was committed to developing video learning media based on local wisdom.

Keywords


Kearifan Lokal; Kurikulum Merdeka; Media Video

Full Text:

PDF

References


Annisah, S. (2021). Pengembangan media video pembelajaran pendidikan karakter bertema budaya sipakatau’ berbasis luring di sd negeri 48. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication. 1 (2), 97-102.

Anugerah, S. Y., Ulfa, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan video pembelajaran bahasa isyarat indonesia untuk siswa tunarungu di sekolah dasar luar biasa. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran: Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran. 7 (2), 76-85.

Ario, M., Annajmi, A., & Isharyadi, R. (2020). Pengembangan video pembelajaran kalkulus diferensial berbasis pen tablet. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1129-1142.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74-84.

Cinantya, C. & Maimunah, M (2021). Bimbingan teknis pembelajaran dalam jaringan (daring) bagi guru di sekolah dasar. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 190-195.

Daniati, N. T. (2020). Video referensi sebagai solusi pembelajaran animasi 3d di tengah pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 64-70.

Fajriah, N., Sumartono, S., Budiarti, I., & Normarisda, E. (2021). Workshop pembuatan video pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi bandicam. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-8.

Firdaus, S., & Hamdu, G. (2020). Pengembangan mobile learning video pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) di sekolah dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 66-75.

Hakim, M. L. (2019). Pengembangan media video dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 6(2), 300-331.

Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan media video pembelajaran renang pada mata pelajaran pjok untuk siswa kelas v sd. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320-328.

Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313-317.

Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon siswa terhadap penggunaan video youtube sebagai media pembelajaran daring matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153-162.

Ilsa, A., Farida, F., & Harun, M. (2021). Pengembangan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi powerdirector 18 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288-300.

Ismail, R., & Imawan, O. R. (2021). Meningkatkan penguasaan tpack guru di papua melalui pelatihan pembuatan video pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 277-288.

Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi video dalam pengajaran dan pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105-112.

Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan video animasi audiovisual berbasis animaker pada materi sistem gerak manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 110-115.

Mahlianurrahman, M., & Syamsu, F. D. (2019). Developing tutorial video for enhancing elementary school students’ process skills in science. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1-12.

Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). Pengembangan media video untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(01), 8-17.

Mahlianurrahman, M. (2018). Pengembangan dan implementasi lembar kerja siswa berbasis problem based learning. JTIEE (Journal Of Teaching In Elementary Education), 2(1), 65-74.

Mahlianurrahman, M. (2019). Media pembelajaran ipa terhadap kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Prosiding Nasional, 24-34.

Manik, H., Sihite, A. C., & Sianturi, F. (2022). Tantangan menjadi guru matematika dengan kurikulum merdeka belajar di masa pandemi omicron covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328-332.

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166-177.

Nubatonis, O. E. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi bandicam dan screencast o-matic. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Nugraha, I., Widodo, A., & Riandi, R. (2020). Refleksi diri dan pengetahuan pedagogi konten guru biologi smp melalui analisis rekaman video pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 10-26.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas iv sd. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1).

Pancaningrum, D. (2021). Meta analisis pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 74-78.

Parlindungan, D. P., Al Ghani, M., & Nurhaliza, S. (2020, October). Peranan guru dan orang tua dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh (pjj) dimasa pandemi covid-19 di sds islam an-nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1)

Pasani, C. F., Sari, A., Juhairiah, & Adawiah, R. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan microsoft powerpoint bagi guru di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 242- 248.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68.

Putri, A. I. V., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan video edukasi kartun animasi materi siklus air untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377-387.

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020, December). Efektivitas penggunaan media video berbasis powtoon dalam pembelajaran daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1-10.

Rahmansyah, M. F. (2021). Merdeka belajar: Upaya peningkatan mutu pembelajaran di sekolah/madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Rosadi, H. Y., & Andriyani, D. F. (2021). Tantangan menjadi guru BK dengan kurikulum merdeka belajar di masa pandemi COVID-19. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Rosiyanti, H., Adriansyah, A. F., Widiyasari, R., & Dewi, N. S. (2020, December). Analisis persepsi peserta didik terhadap video pembelajaran matematika kelas VIII pada masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Setyoningtyas, K. Y., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran video instruksional interaktif pada mata pelajaran ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1521-1533.

Shofiyah, N., Aulina, C. N., & Efendi, N. (2021). Peningkatan kompetensi pedagogik guru paud dalam pembuatan video pembelajaran sains berbasis smartphone. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 23-33.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2(2), 30-38.

Sulistiani, S., Suminto, S., & Suningsih, A. (2021). Pembelajaran daring dengan intervensi video pembelajaran pada masa pandemi covid 19. Jurnal e-DuMath, 7 (1). 27-34.

Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di sd negeri sojopuro dalam masa covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14.

Suyidno, S., Zainuddin, Z., Misbah, M., Salam, A., Mastuang, M., Sasmita, F. D., ... & Ramadhan, R. (2019). Pelatihan media berbasis e-learning menggunakan kahoot! untuk guru fisika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9-14.

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140-160.

Tarida, L., & Indriyani, I. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dan video pembelajaran berbasis problem solving sebagai solusi kegiatan belajar mengajar di era pandemi covid-19. Jurnal Saintara, 5 (1), 16-20.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan media video berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA di kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269-279.

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan video pembelajaran ipa terpadu pada tema konservasi gajah berkarakter peduli lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187-195.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats