Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar: Penguatan Kompetensi Guru pada Satuan PAUD di Kabupaten Belu

Efraim Semuel Nalle, Anita A Hege Udju, Kaleb Lelo, Retno J. K. Lopo, Fredericksen V Amseke, Yulmi Elisabeth Manno

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang telah dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Institut Agama Kristen Negeri Kupang memiliki tujuan yaitu orang tua mengetahui pentingnya mempersiapkan anak usia dini sebelum masuk sekolah dasar, mengetahu perkembangan anak usia dini khususnya anak usia 5–6 tahun di satuan PAUD Kabupaten Belu, dan Guru mengetahui metode stimulasi perkembangan anak usia dini untuk mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Sasaran pelaksanaan kegiatan yaitu orang tua dan guru PAUD Balido Abadi, PAUD Husar Binan Tubatan, PAUD Maria Bunda P. Abadi, PAUD Oan Halituku, PAUD Ernesti, PAUD Ferik Katuas Lidak, PAUD Harapan Bangsa, dan PAUD Olivia, yang mana kegiatan dilakukan pada tanggal 30 Mei 2022 sampai 2 Juni tahun 2022 dengan jumlah 49 orang tua dan 25 guru PAUD yang bertempat di PAUD Oan Halituku, Desa Haekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Metode kegiatan berupah sosialisasi, tes kesiapan anak masuk sekolah dasar, pelatihan dan penguatan. Hasil tes kesiapan anak menyatakan anak cukup berkembang pada perkembangan akademik, berpikir dasar, sosial emosional dan disiplin. Untuk perkembangan fisik, motorik, berkomunikasi, moral dan agama berkembang secara baik. Dari hasil tes tersebut tim PkM memberikan pelatihan dan penguatan penggunaan metode-metode yang dapat menstimulasi enam aspek perkembangan anak usia dini kepada guru.

Community service has been done by a team of lecturers and students of the Early Childhood Christian Education Study Program, IAKN Kupang has a goal for parents to know the importance of preparing for early childhood before entering elementary school, knowing the development of early childhood, especially children aged 5-6 years in the Belu Regency PAUD, and teachers know the simulation methods for early childhood development to prepare children for elementary school. The targets are parents and teachers of PAUD Balido Abadi, PAUD Husar Binan Tubatan, PAUD Maria Bunda P. Abadi, PAUD Oan Halituku, PAUD Ernesti, PAUD Ferik Katuas Lidak, PAUD Harapan Bangsa, and PAUD Olivia, which activities were carried out on May 30, 2022, to June 2, 2022, with a total of 49 parents and 25 PAUD teachers located at PAUD Oan Halituku, Haekasa Village, West Tasifeto District, Belu Regency, East Nusa Tenggara. The method is socialization, tests for children's readiness to enter elementary school, training, and strengthening. The child's readiness test results indicate that the child is quite developed in academic development, basic thinking, social-emotional, and discipline. Physical, motoric, communication, moral and religious development are well developed. From the test results, the PKM team provides training and strengthens the use of methods that can stimulate the six aspects of early childhood development for teachers.


Keywords


Anak; Guru; Kesiapan; PAUD

Full Text:

PDF

References


Abidin, L. A. M., Yaqutunnafis, L., Muslim, B., Idrus, A. A., Ilhamdi, L., & Husain, P. (2021). Revitalisasi moral generasi muda dan penekanan angka pernikahan dini melalui sosialisasi penguatan nilai-nilai agama dan budaya di desa bagik payung timur, lombok timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4).

Erikson, H. E. (2010). Childhood and society. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Erwani, E. (2017). Meningkatkan kemampuan kognitif melalui modifikasi pembelajaran sentra di ra nurul ida kecamatan gebang kabupaten langkat. Jurnal PGSD UNIMED, 1(1), 86–92.

Faqumala, F., Anisa, D., & Pranoto, Y. K. S. (2020). Kesiapan anak masuk sekolah dasar. Pekalongan: NEM - Anggota IKAPI.

Patmonodewo, P., & Soemiarti, S. (2003). Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: Rinneka Cipta.

Piaget. J. (2002). Tingkat perkembangan kognitif. Jakarta: Gramedia.

Purnomo, P., Bambang, H., Martono, B., & Widayati, W. (2018). Pemberdayaan guru pos paud terpadu (ppt) kuncup ceria rw v kelurahan wonokromo, surabaya tentang pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan. Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Surabaya.

Rinayati, R., Erawati, A. D., Wahyuning, S., & Harsono, H. (2021). Peningkatan keterampilan guru paud dalam menstimulasi dan deteksi dini perkembangan balita. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 12(1), 25–31.

Rukmana, I. (2017). Hubungan kecakapan emosi dengan kemandirian anak prasekolah di mulyorejo malang. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Savitri, I. M. (2019). Aktivitas montessori (stimulasi indra dan bahasa). 1st ed. edited by F. N. Aulia. Jakarta: Cika Aksara.

Suvidian, E. (2017). Esensi metode montessori dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 3(1).

Wahyuni, W., Windi, I., Putra, A. A., Utami, D. T., Oktadila, R., Fitriah, R., & Nurfitriah, N. (2022). Peningkatan soft skill guru pendidikan anak usia dini. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 364–69.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats