Penggunaan Video Interaktif Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika dan Bahasa pada Era Merdeka Belajar di SMP Al Fusha Kedungwuni
Abstract
Salah satu pembelajaran yang inovatif dan kreatif bisa dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti video interaktif. Edpuzzle adalah salah satu platform yang bisa membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui video yang bersifat interaktif antara guru dan siswa. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah pemanfaatan video interaktif edpuzzle dalam pembelajaran Matematika dan Bahasa sebagai inovasi pembelajaran untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa dan kurangnya literasi teknologi guru. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan memberikan pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pengabdian ini diberikan kepada guru SMP Al Fusha Kedungwuni selama bulan Agustus 2021. Kegiatan pengabdian ini dirancang dalam beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan pelatihan, follow up hasil pelatihan, dan evaluasi. Pada perencanaan dilakukan penyusunan bahan sosialisasi, bahan pelatihan, dan soal pretest. Pada pelaksanaan pelatihan, kegiatan dimulai dengan pemberian soal pre-test, sosialisasi video interaktif edpuzzle, pelatihan penyusunan konten video pembelajaran, dan pelatihan pembuatan video interaktif edpuzzle. Hasil pre-test menunjukkan bahwa sebanyak 67% peserta sudah mengetahui video interaktif dan manfaat video interaktif. Namun, belum ada peserta yang pernah mendengar istilah edpuzzle. Oleh karena itu diperlukan pelatihan pembuatan video interaktif edpuzzle. Tahap selanjutnya, yaitu follow up hasil pelatihan, yang dilakukan dengan pendampingan penyusunan konten video pembelajaran dan pembuatan video pembelajaran serta pengeditan video dengan menggunakan edpuzzle. Tahap terakhir, yaitu evaluasi yang dilakukan denan pemberian post-test kepada peserta pelatihan. Hasil post-test menunjukkan bahwa 83% peserta mengetahui video interaktif dan manfaat video interaktif. Selain itu, 67% peserta juga bisa menjelaskan tentang edpuzzle, serta kegunaan dan fitur-fitur yang ada di dalam edpuzzle. Setelah kegiatan ini peserta sudah memiliki kemampuan untuk menyusun video interaktif dengan menggunakan edpuzzle.
One innovative and creative learning can be done using interesting learning media, such as interactive videos. Edpuzzle is a platform that can help teachers carry out learning through interactive videos between teachers and students. This service activity's purpose is to use interactive edpuzzle videos in Mathematics and Language learning as a learning innovation to overcome the low interest in student learning and the lack of teacher technological literacy. The method used in this service is to provide training and mentoring. This service activity was given to teachers of SMP Al Fusha Kedungwuni in August 2021. This service activity was designed in several stages: planning, implementing training, following up on training results, and evaluating. In planning, the preparation of socialization materials, training materials, and pretest questions was carried out. In the implementation of the training, the activities began with giving pretest questions, socialization of interactive edpuzzle videos, training in the preparation of learning video content, and training on making interactive edpuzzle videos. The pretest results showed that as many as 67% of the participants already knew about interactive videos and the benefits of interactive videos. However, the participants had yet to hear of the term edpuzzle. Therefore, training in making interactive edpuzzle videos is needed. The next stage is the follow-up of the training results, which is carried out by preparing learning video content, making learning videos, and editing videos using edpuzzles. The last stage, namely the evaluation conducted by giving a post-test to the training participants. The post-test results showed that 83% of the participants knew about interactive videos and the benefits of interactive videos. In addition, 67% of participants were also able to explain the edpuzzle, as well as the uses and features of edpuzzle. After this activity, the participants can already compile interactive videos using edpuzzle.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, S., Sunismi, & Fuady, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Realstik pada Materi Aritmatika Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(7), 77–83.
Asmedy. (2021). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Ainara Journal, 2(3), 169–174.
Bakla, A. (2017). Interactive Videos in Foreign Language Instruction: A New Gadget in Your Toolbox. Mersin University Journal of the Faculty of Education, 13(1), 124–137.
Harto, K. (2018). Tantangan Dosen PTKI di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15.
Hayat, B., & Yusuf, S. (2010). Benchmark internasional: Mutu pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayati, F., Pratiwi, H., & Hanifah. (2022). Literasi Digital pada Praktik Pendidikan Anak Usia Dini : Edpuzzle sebagai Media digital untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 4, 219–226.
Heistyka, R., & Malasari, P. N. (2022). Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Menggunakan Edpuzzle Berbantuan Google Classroom Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(1), 85–97.
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 2(1), 56–62.
Julinar, J., & Yusuf, F. N. (2019). Flipped Learning Model: Satu Cara Alternatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 366–373.
Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Kotzer, S., & Elran, Y. (2012). Learning and teaching with Moodle-based E-learning environments, combining learning skills and content in the fields of Math and Science & Technology. 1st Moodle Research Conference, 122–131.
OECD. (2019). PISA 2018 Results: Combined Executive Summaries Volume I, II & III.
Silverajah, V. S. G., & Govindaraj, A. (2018). The use of Edpuzzle to support low-achiever’s development of self-regulated learning and their learning of chemistry. Proceedings of the 10th International Conference on Education Technology and Computers, 259–263.
Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan WhatsApp Group sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 67–72.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |