Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP di Samarinda
Abstract
Tujuan Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP di Samarinda antara lain adalah 1) agar pemahaman konsep siswa dapat meningkat dan 2) mengembangkan kreativitas siswa dalam membuat poster digital pada Materi Pemanasan Global. Namun, pada artikel ini, fokus membahas kaitannya dengan pemahaman konsep siswa. Sebanyak lima sekolah menengah pertama di Samarinda berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan ini yang terdiri dari 15 siswa dan lima guru damping. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama empat hari secara luring dimulai tanggal 27 hingga 30 Juli 2022. Kegiatan hari pertama dilakukan penyajian materi pemanasan global. Hari kedua yaitu penyajian materi tentang bagaimana membuat poster secara umum dan dengan bantuan teknologi. Hari ketiga bimbingan dan praktik pembuatan poster tema pemanasan global, dan hari keempat yaitu presentasi hasil poster, serta pengumpulan poster akhir. Teknik pengambilan data yaitu Teknik tes dengan instrument berupa soal essay materi Pemanasan Global sebanyak delapan soal. Soal-soal tersebut diberikan kepada siswa pada awal (pre-test) dan akhir (post-test) kegiatan pelatihan. Data dikumpulkan, diolah dan dianalisis, hasilnya menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebelum kegiatan pelatihan yaitu 54,00 berada pada kategori cukup dan setelah kegiatan pelatihan yaitu 77,92 berada pada kategori baik. Perhitungan N-Gain diperoleh nilai 0,52 berada pada kategori sedang.
The objectives of the "Global Warming Theme Digital Poster Making Training for Junior High School Students in Samarinda" are 1) students' understanding of concepts can increase and 2) develop students' creativity in making digital posters on Global Warming Topics. However, this article focuses on discussing its relation to students' understanding of concepts. A total of five junior high schools in Samarinda participated in this training activity consisting of 15 students and five assisted teachers. The training activity was conducted offline for four days, from 27 to 30 July 2022. The first day's action was to present a topic on global warming. The second day's activity was presenting the topic of making posters. The third day is the guidance and practice of making posters on the global warming theme; the fourth is presenting the poster results and the final poster collection. The data collection technique is a test technique with an essay question instrument for Global Warming with as many as eight questions. The questions were given to students at the beginning (pre-test) and the end (post-test) of the training activity. Data were collected, processed and analyzed, and the results showed that the average value of students' conceptual understanding before training activities was 54.00 (sufficient category), and after training was 77.92 (good category). The calculation of N-Gain obtained a value of 0.52 is in the moderate category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrina., Mudinillah, A., Isnain, D.N. (2021). Pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas iii madrasah ibtidaiyah. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 55–65.
Astuti, P., Buani, D.C.P., Nuraeni, N., Ispandi & Hayuningtyas, R.Y. (2022). Menggunakan microsoft power point bagi ibu-ibu majlis taklim hidayatullah mubtabin tangerang sekolah tinggi manajemen informatika dan komputer nusa mandiri. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 58-63.
Az’ Zahra, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan poster interaktif berbasis android. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 131–144.
Caymaz, B. (2020). Thematic review of some studies about the global warming in turkey. International Electronic Journal of Environmental Education, 10(1), 16–31.
Chairunnisa, K., & Sundi, V.H. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan poster pada siwa kelas x sman 8 tangsel. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Djonnaidi, S., Wahyuni, N., & Nova, F. (2021). Pengaruh penerapan media poster digital dalam pembelajaran daring di masa pandemi terhadap kemampuan berbicara siswa di politeknik negeri padang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 38–46. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p038
Efwinda, S., Qadar, R., Rananda, N., Mabrurah, F. F., & Setiyawan, R. (2021). Pelatihan pembelajaran steam bagi guru ipa smp di kalimantan timur. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 447. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.4074
Hake, R. R. (1999). "Design-based research in physics education research: a review," in A.E. Kelly, R.A. Lesh, & J.Y. Baek, eds. (in press), Handbook of Design Research Methods in Mathematics, Science, and Technology Education. Erlbaum; online at
Kerans, G., & Ngongo, K. P. (2022). Pelatihan pemanfaatan bahan pangan lokal untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa enterpreneurship himpunan mahasiswa program studi pendidikan ipa. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 573. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5123
Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M., & Suyitno, S. (2020). The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 9(5), 7964–7968. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2020/151952020
Melinda, T. & Saputra, E.R. (2021). Canva sebagai media pembelajaran ipa materi perpindahan kalor di sekolah dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 96–101. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848
Multi, R., Ayu, K., & Febrianti, K.A.M. (2021). Perancangan poster digital pada objek wisata untuk promosi taman edelweis dimasa pandemi covid-19 (designing digital posters on tourist attractions for the promotion of edelweiss park during the covid-19 pandemic). Seminar Nasional Desain, 1.
Phun, Y., Chauca, M., Curro, O., Chauca, C., Yallico, R., & Quispe, V. (2020). Disruptive education based on action characterizing ecoenvironmental variables to mitigate global warming. Procedia Computer Science, 172(2019), 979–984. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.142
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran matematika di smpn 1 na ix-x aek kota batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,6(2), 1325–1334.
Sagala, R., Nuangchalerm, P., Saregar, A., & El Islami, R. A. Z. (2019). Environment-friendly education as a solution to against global warming: A case study at Sekolah Alam Lampung, Indonesia. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 85–97. https://doi.org/10.17478/jegys.565454
Wardana, M.A.W., Rizqina, A. A., Salsabilah, A.N., Amanda Putri Handayani, D.A.P., Dewi, S.M., & Ulya, C. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dengan model microblogging sebagai pembelajaran teks prosedur tingkat smp. 10(1), 71–79. https://doi.org/10.26858/jnp.v10i1
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2021). Pelatihan pemanfaatan canva dalam mendesain poster. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fordicate (Informatics Engineering Dedication), 2(1).
Wulandari, T. & Mudinillah. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Yanti, W. A. (2015). Persepsi siswa smp kelas 7 terhadap konsep pemanasan global. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), IV (2). http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |