Penyuluhan Pendidikan Keluarga Harmonis bagi Ibu PKK Kelurahan Karang Anyar

Kiki Sabrina, Ruth Dania Putry Ramadhani, Gloria Novi Tamara Tamba, Tiyo Saputra, Nurafifah Nurdin, Mustangin Mustangin

Abstract


Permasalahan yang terjadi di Kelurahan Karang Anyar yaitu kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang disebabkan karena kurangnya pendidikan pengetahuan tentang membangun kelurga harmonis. Oleh karena itu, pelaksanaan penyuluhan keluarga harmonis menjadi hal yang perlu dilaksankan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode edukasi melalui tahapan persiapan seperti melaksanakan koordinasi, melaksanakan sosialisasi program, menjalin kesepakatan dengan mitra, menyiapkan media pembelajaran berupa video dan modul dan pelaksanaan penyuluhan itu sendiri. Kegiatan penyuluhan pendidikan keluarga harmonis ini dilaksanakan pada bulan juli dengan peserta adalah Ibu PKK di Kelurahan Karang Anyar yang berjumlah 30 Orang. Pada pelaksanaan penyuluhan, dilaksanakan dengan menyampaikan materi dengan metode ceramah. Selanjutnya diskusi dengan para Ibu PKK terkait dengan materi yang disampaikan. Pada pelaksanaan kegiatan juga terdapat pemutaran video yang dijadikan bahan diskusi dengan para peserta. Selanjutnya evaluasi pelaksana melihat adanya pengetahuan baru dengan ibu-ibu PKK dipersilahkan untuk maju kedepan mempresentasikan atau menyampaikan hasil analisis video yang ditampilkan dikaitkan dengan materi pendidikan keluarga harmonis. Hasilnya adalah adanya pengetahuan baru bagi ibu PKK terkait dengan Pendidikan Keluarga Harmonis.

 

The problem in Karang Anyar Village is the case of Domestic Violence (Kekerasan Dalam Rumah Tangga/ KDRT) caused by a lack of knowledge and education about building a harmonious family. Therefore, the implementation of harmonious family counselling needs to be carried out. The method used in this activity is an educational method through preparatory stages such as carrying out coordination, carrying out program socialization, establishing agreements with partners, preparing learning media in the form of videos and modules and the implementation of counselling itself. This harmonious family education counselling activity was carried out in July, with participants being PKK mothers in Karang Anyar Village, totalling 30 people. The implementation of counselling is carried out by delivering material with the lecture method. Furthermore, the discussion with the PKK mothers was related to the material presented. In the implementation of the activity, a video screening was also used as discussion material with the participants. This video is a learning medium to increase the knowledge of participants further. Furthermore, the evaluation of the implementer sees that there is new knowledge with PKK mothers who are welcome to come forward to present or convey the video analysis results related to the harmonious family education material. The result is new knowledge for PKK mothers related to Harmonious Family Education


Keywords


Kekerasan dalam Rumah Tangga; Pendidikan Keluarga Harmonis , Pendidikan Masyarakat; Penyuluhan Ibu Rumah Tangga

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F., & Mustangin, M. (2022). Transfer of knowledge: Bukti eksistensi adat bekudung betiung suku dayak ga’ai kampung tumbit dayak kabupaten berau. SOSIOLOGI: Jurnal Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 24(1), 26–38. https://doi.org/10.23960/sosiologi.v24i1.240

Alimi, R., & Nurwati, N. (2021). Faktor penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga terhadap perempuan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM). 2(1), 20–27. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.33434

Aziz, R., & Mangestuti, R. (2021). Membangun keluarga harmonis melalui cinta dan spiritualitas pada pasangan suami istri di provinsi jawa timur. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(2), 129–139. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.129

Goni, G., Rattu, J. A. M., & Malonda, N. S. H. (2019). Pengaruh penyuluhan dengan teknik ceramah terhadap pengetahuan pelajar tentang gizi seimbang di sekolah dasar kecamatan tompasi (studi kasus sd gmim 2 dan sd negeri 2 tompaso). Jurnal KESMAS, 8(7), 328–335.

Lukman, A. I. (2021). Menumbuhkan motivasi warga belajar melalui media audio-visual di skb. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 192. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39439

Malia, R., & Rahayu, L. S. (2014). Pengaruh penyuluhan melalui metode ceramah dan diskusi terhadap tingkat pengetahuan teknologi sistim tanam legowo di kelompok tani karya mukti iii desa sukakarya kecamatan sukanagara kabupaten cianjur. Agroscience, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.35194/agsci.v4i1.615

Radhitya, T. V., Nurwati, N., & Irfan, M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 111–119. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29119

Saptadi, S. (2020). Peran instruktur dalam layanan pembelajaran peserta kursus mengemudimobil roda empat di lkp cendana samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432

Saraka, S. (2020). Pembelajaran bahasa inggris berbasis pendidikan non-formal di kampung inggris kediri. Lingua, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629

Sukardi, E., Pasaribu, D., & Kwang, V. C. (2021). Upaya penanggulangan kekerasan dalam rumah tangga akibat covid-19 perspektif teori keadilan bermartabat. Jurnal Kajian Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 9(1), 453–470.

Syahrin, A., Dewi, D. K., Alsa, A., & Bukit, A. (2022). Pengembangan protokol perlindungan hukum bagi korban kdrt untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan reproduksi perempuan selama pandemi covid-19 di medan (kawasan polsek medan baru). Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(1), 33–42.

https://doi.org/10.36490/abdimasku.v1i1.234

Triwinarti, H. (2020). Komunikasi pelaksanaan program kesetaraan paket c di pusat kegiatan belajar masyarakat (pkbm) tiara dezzy samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32

Widiastri, D. A. D. (2020). Program pelatihan sebagai upaya pemberdayaan korban pasca rehabilitasi penyalahgunaan narkoba di rumah damping borneo bnn ri samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.255




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats