Pelatihan Calon Pembina Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika bagi MGMP Matematika SMA Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Abstract
Olimpiade Sains Nasional bidang Matematika tingkat SMA merupakan kompetisi bergengsi bagi siswa SMA/MA di seluruh Indonesia yang memerlukan strategi dan teknik penyelesaian soal-soal yang cenderung tidak standar, pemahaman konsep yang mendalam, dan ide kreatif. Melalui kegiatan PDWM ULM Tahun 2022, tim dosen Program Studi Matematika FMIPA ULM sebagai pelaksana dan MGMP Matematika SMA HST sebagai mitra bekerja sama menyelenggarakan kegiatan pelatihan Olimpiade Sains Nasional bidang Matematika bagi anggota MGMP Matematika SMA Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan anggota MGMP Matematika SMA HST agar dapat melaksanakan pembinaan Olimpiade Sains Nasional bidang Matematika bagi siswa di sekolah masing-masing. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan latihan mandiri. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari pertama yang berlangsung secara offline di sekretariat MGMP Matematika SMA HST dan hari kedua yang berlangsung secara online. Hasil evaluasi kegiatan melalui pree-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari pengetahuan dan kemampuan peserta, dengan rata-rata nilai hasil test dari peserta meningkat sebesar 41 poin pada post-test dibandingkan pada pree-test. Maksimum perubahan nilai dari pree test ke post-test adalah 90 poin, sedangkan minimum perubahan nilai dari pree test ke post-test adalah 5 poin. Melalui survey di akhir kegiatan, peserta menyampaikan harapan agar kegiatan pengabdian ini dapat berlanjut, diadakan secara berkala, dan dilaksanakan full offline.
The National Science Olympiad in Mathematics at the Senior High School level is a prestigious competition for high school students throughout Indonesia who require strategies and techniques for solving questions that tend to be non-standard, in-depth understanding of concepts and creative ideas. Through the PDWM ULM 2022 program, a team of lecturers from the Program Studi Matematika FMIPA ULM as implementers and the association of MGMP Matematika SMA in Hulu Sungai Tengah Regency as partners collaborated in organizing training for the National Science Olympiad in Mathematics for members of the association. This activity aims to increase knowledge and improve the members' ability so that they can coach the National Science Olympiad in Mathematics for students in their respective schools. The methods used in this activity are lectures, discussions, and independent exercises. The activity was carried out for two days, the first day, which took offline at the MGMP Matematika SMA secretariat, and the second day, which took online. The results of the evaluation of activities through the pre-test and post-test showed a significant increase in the knowledge and abilities of the participants, with the average test score of the participants increasing by 41 points in the post-test compared to the pre-test. The maximum change in value from the pre-test to the post-test is 90 points, while the minimum change in value from the pre-test to the post-test is 5 points. Through a survey at the end of the activity, participants expressed their hope that this training could continue, be held regularly, and be carried out fully offline.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Banuwa, A. K., & Susanti, A. N. (2021). Evaluasi skor pre-test dan post-test peserta pelatihan teknis new SIGA di perwakilan BKKBN provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), 77–85.
Budi, W. S. (2003). Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika. CV Ricardo: Jakarta Selatan.
Erfan, M., Ratu, T., Yahya, F., Walidain, S. N., & Fitriyanto, S. (2019). Pendampingan persiapan olimpiade sains nasional (OSN) tingkat kabupaten bagi siswa SMA Negeri 4 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 114–119.
Grum, D. K., & Grum, B. (2015). Competitiveness and motivation for education among university students. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 6(3), 125–136.
Hartanato, D., & Yuliani, S. (2019). Statistik Riset Pendidikan (Dilengkapi Analisis SPSS). CV. Cahaya Firdaus: Pekanbaru.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.
Karim, M. A., Yulida, Y., Shiddiq, M. M., Jannah, M., & Septiansyah, G. (2022). Belajar dari rumah: pelatihan kompetisi sains nasional tingkat SMP bidang matematika di masa pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 180–187.
Magdalena, I., Fatharani, J., Oktavia, S. A., Amini, Q., & Tangerang, U. M. (2020). Peran guru dalam mengembangkan bakat siswa. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 61–69.
Marisda, D. H., & Riskawati. (2020). Peningkatan kompetensi guru ipa sekolah dasar melaluii pembinaan olimpiade sains nasional (OSN). JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 4–7.
Mujiyati. (2015). Siap Jadi Juara Olimpiade Sains Nasional Matematika. Pustaka Baru Press: Yogyakarta.
Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan belajar di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa di desa gegerbitung. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–59.
Puspresnas. (2021). Panduan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Tahun 2021, Pusat Prestasi Nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: Jakarta.
Puspresnas. (2022). Pedoman Olimpiade Sains Nasional Tahun 2022 Jenjang SMA/MA, Pusat Prestasi Nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: Jakarta.
Siregar, E., & Sinambela, Y. (2019). Pembekalan dan pelatihan siswa sma plus penyabungan mandailing natal untuk menghadapi kompetisi sains nasional (KSN) kimia dengan menggunakan model pembelajaran atm (amati, tiru, modifikasi). Jurnal Pendidikan dan Pengabdian
Masyarakat, 2(1), 7-12.
Suryawan, I. P. P., D. (2017). Peningkatan kompetensi siswa berbakat dalam bidang olimpiade matematika tingkat SD. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.
Suryawan, I. P. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. Y. (2017). Peningkatan kompetensi siswa berbakat dalam bidang olimpiade matematika tingkat sd. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |