Optimalisasi Promosi melalui Visualisasi dengan menggunakan Microsoft PowerPoint
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang cara membuat desain visual promosi dengan menggunakan Microsoft PowerPoint sebagai upaya cara memaksimalkan (mengoptimalkan) aktivitas promosi jual beli di media online. Metode kegiatan ini berupa pelatihan yang dilakukan secara luring dan daring melalui aplikasi Zoom, adapun sasaran kegiatan ini adalah pelaku UMKM sebanyak minimal 10 peserta. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebanyak tiga kali, yakni; Pertama, pada tanggal 05 Juni 2022, yang dilaksanakan secara luring di Desa Srimulyo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan melibatkan dua narasumber, lima mahasiswa dan dihadiri sembilan peserta. Kedua, Pada tanggal 25 Juni 2022 di Carney Café yang berlokasi di Kledokan Caturtunggal Kab. Sleman. Ketiga, melalui daring atau video conference zoom pada tanggal 18 Juni 2022 dan juga melibatkan praktisi desain. Ketiga, Pada tanggal 17 Juni 2022, kegiatan dilakukan secara daring via platform zoom yang dihadiri sebanyak sembilan belas peserta dan dua pemateri. Adanya kegiatan pengabdian ini berdampak pada sisi pengetahuan peserta, dimana peserta mengetahui bahwa Microsoft PowerPoint juga dapat digunakan untuk keperluan desain visual promosi. Sehingga tidak perlu kesulitan lagi dalam mempelajari software desain visual lainnya.
This community service aims to provide knowledge on making promotional visual designs using Microsoft PowerPoint to maximize (optimize) buying and selling promotion activities in online media. The method of this activity is in the form of training, which is conducted offline and online through the Zoom application. In contrast, the target of this activity is MSME actors with a minimum of 10 participants. This community service activity was carried out three times. First, on June 5, 2022, held offline in Srimulyo Village, Special Region of Yogyakarta, involving two resource persons and five students and attended by nine participants. Second, on June 25, 2022, at the Carney Café in Kledokan Caturtunggal Kab. Sleman. Third, via online or zoom video conference on June 18, 2022, and also involve design practitioners. Third, on June 17, 2022, the activity was carried out online via the zoom platform, which nineteen participants and two presenters attended. This service activity's existence impacted the participants' knowledge side, where participants knew that Microsoft PowerPoint could also be used for promotional visual design purposes. So there is no need to have more difficulties learning other visual design software.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajibulloh, A. A., & Smartfren Community. (2020). Pemanfaatan microsoft powerpoint sebagai solusi strategi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 474–478.
Athoillah, M., Pramesti, W., Gili, I. L., & Findiariska, Y. (2022). Pelatihan visualisasi data sekolah smk sepuluh nopember sidoarjo. Kanigara II, (2), 312–21.
Azpeitia, J. (2021). Social media marketing and its effects on tiktok users. 44–51.
Banyumurti. (2022). Digital 2022 Indonesia Overview Report.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157.
Fadila, R. U. (2020). 1.785 Koperasi Dan 163.713 UMKM Terdampak Pandemi Covid-19.
Febriyantoro, T. M. & Arisandi, D. (2014). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi asean. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61–76.
Koetsier, J. (2020). Digital crack cocaine: the science behind tiktok’s success. Forbes.
Loka, W. I., & Natalia, F. (2019). Perancangan dan pembuatan visualisasi data dana penelitian internal dan hibah dikti lppm universitas multimedia nusantara. Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 10(1), 61-68 10(1), 61–68.
Maryatun, M. (2015). Pengaruh penggunaan media program microsoft powerpoint terhadap hasil belajar strategi promosi pemasaran mahasiswa semester 2 program studi pendidikan ekonomi universitas muhammadiyah metro tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Promosi, 3(1), 1–13.
Rizkinaswara, L. (2020). UMKM online jadi solusi bertahan saat pandemi covid-19. Https://Aptika.Kominfo.Go.Id/. Retrieved January 29, 2023 (https://aptika.kominfo.go.id/2020/05/umkm-online-jadi-solusi-bertahan-saat-pandemi-covid-19/).
Sanjaya, A., Komala, S., Juwita, Z., Pratama, S. M., Salam, M. I. L., & Sandy, K. H. (2022). Pelatihan Desain Grafis menggunakan Microsoft Powerpoint bagi Pelajar. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 454-462.
Siddiq, M., Hartini, S., & Khatib, A. J. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam metode bercerita. Jurnal TEKNODIK 24(2), 131–46.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6257
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |