Pelatihan Peningkatan Mutu Pembelajaran PAUD Berbasis Literasi dan Pemanfaatan Mobil Pintar
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu lebih dari 90% guru di PKG Teratai Kecamatan Anjir Pasar kesulitan dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis literasi di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru-guru yang ada di PKG Teratai Kecamatan Anjir Pasar dalam meningkatkan mutu pembelajaran berbasis literasi. Kegiatan dilaksanakan di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Anjir Pasar, pada tanggal 19 Juli 2022 dan 6 Agustus 2022. Kegiatan ini diikuti oleh jumlah peserta sebanyak 50 orang. Metode pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini meliputi: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil posttest diperoleh hasil evaluasi peserta meningkat menjadi 98%. Sehingga terukur dengan jelas, 98% dari jumlah seluruh peserta telah memiliki pengetahuan mendalam tentang pembelajaran berbasis literasi secara teoritik dan mampu menyusun perangkat pembelajaran PAUD Berbasis Literasi. Pelatihan ini berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan guru-guru PAUD dalam peningkatan mutu pembelajaran PAUD berbasis literasi di Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala sejak usia dini.
The problem faced by partners is that more than 90% of teachers in PKG Teratai, Anjir Pasar District, have difficulty implementing literacy-based learning in Early Childhood Education (PAUD). This training aims to improve the abilities and skills of teachers in PKG Teratai, Anjir Pasar District, in improving the quality of literacy-based learning. The activity was carried out at the UPT Education Office of Anjir Pasar District on July 19 2022, and August 6 2022. Fifty participants attended this activity. Implementing this Community Service program (PkM) includes preparation, implementation, and evaluation. Based on the post-test results, the participants' evaluation results increased to 98%. So that it is clearly measurable, 98% of the total participants already have in-depth knowledge of literacy-based learning theoretically and can develop Literacy-Based PAUD learning tools. This training contributes to increasing the ability of PAUD teachers to improve the quality of literacy-based PAUD learning in Anjir Pasar District, Barito Kuala Regency, from an early age.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmono, D. (2011). Pengembangan layanan membaca masyarakat melalui mobil pintar, rumah pintar, dan motor pintar. Universitas Negeri Malang.
Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta.
Mitria, M., & Marlini, M. (2019). Pemanfaatan perpustakaan keliling dinas perpustakaan dan kearsipan kota padang sebagai penunjang program pendidikan dalam mengenalkan literasi informasi pada siswa sd. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 252–262.
Mulyati, M. (2010). Respon pengunjung terhadap layanan pembelajaran sentra di perpustakaan (mobil pintar) jakarta. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nurohman, A. (2014). Signifikansi literasi informasi (information literacy) dalam dunia pendidikan di era global. Jurnal Kependidikan, 2(1), 1–25.
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD Publishing.
Pentury, H. J. (2018). Pengembangan literasi guru paud melalui bahan ajar membaca, menulis dan berhitung di kecamatan limo dan cinere. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).
Permatasari, A. N., Inten, D. N., Mulyani, D., & Rahminawati, N. (2017). Literasi dini dengan teknik bercerita. Jurnal FamilyEdu, 3(1), 20–28.
Siswoyo, A. A., & Hotimah, K. (2021). Pengembangan budaya literasi menulis bagi guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan ptk dan artikel ilmiah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51.
Sulistya, R. (2019). Heutagogy As a Training approach for teachers in the era of industrial revolution 4.0. Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 127–138.
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |