Pendampingan Orang Tua dalam Pembuatan Media Belajar Matematika di Kelurahan Sungai Pinang Luar Kota Samarinda
Abstract
Pembelajaran matematika untuk anak usia dini harus merupakan proses yang menyenangkan. Untuk itu dibutuhkan media pembelajaran yang membuat pembelajaran anak bermakna namun tetap menyenangkan. Tujuan pengabdian ini adalah mendampingi orang tua khususnya ibu membuat media pembelajaran matematika sederhana. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2022. Peserta pengabdian ini terdiri dari 20 ibu rumah tangga sekaligus anggota PKK di kelurahan Sungai Pinang Luar. Metode yang digunakan adalah presentasi serta pendampingan praktik pembuatan media belajar. Hasil yang diperoleh adalah para peserta pelatihan mampu membuat media belajar matematika sederhana yang bahan-bahannya mudah ditemukan. Setelah penelitian ini diharapkan para orang tua lebih termotivasi dalam mendampingi pembelajaran matematika anak di rumah.
Mathematics learning, especially for preschool children, should be a fun process. Therefore, what is needed is a learning media which promotes fun and, at the same time, meaningful learning. The current community service aims to guide parents, especially mothers, to make simple learning media. The participants comprised 20 women and members of the Family Welfare Movement (PKK) in Sungai Pinang Luar Sub-district. Presentation and practice are methods employed in this community service. The Renault showed that participants could use attainable material to make simple mathematics learning media. It is expected that after this activity, parents become more engaged in supporting their children's mathematics learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan media flashcard untuk mengenalkan matematika permulaan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2),
–2016.
Chayati, N., Sugiyo, S., & Sulistiyorini, S. (2021). The influence of snake-ladder game toward early childhood children’ s mathematics skills. Journal of Primary Education, 10(3), 373–380.
Cui, Y., Zhang, D., & Leung, F. K. S. (2019). The influence of parental educational involvement in early childhood on 4th grade students’ mathematics achievement. Early Education and Development, 1–21.
Giantari, I. I. (2020). Mengenal konsep bilangan menggunakan media kantong bilangan [Video]. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=x-uw0Qx4Sxg
Hasbi, M., Nurjannah, & Hasanah, L. (2020). Early childhood learning from Home: Implementation of distance learning in early childhood education during the Covid-19 pandemic period in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(11), 763–778.
Husein, S. (2020). The curriculum of early childhood: Indonesia and United Kingdom. Progresiva: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 62–76.
Lei, H., & Hu, A. (2021). Designing a rich numeracy task in early childhood mathematics education : Teaching addition in a kindergarten in Macao. Studies in Social Science Research, 2(1), 1–10.
Lestariningrum, A. (2015). Pemanfaatan media biji-bijian sebagai sumber belajar bidang pengembangan matematika pada anak usia dini. Jurnal EFEKTOR, 26(1), 12–18.
Lundqvist, J., Franzén, K., & Munter, A. C. (2021). Early childhood mathematics: a case study. Early Years, 00(00), 1–15.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61.
Stramel, J. (2021). Mathematics methods for early childhood. Open Educational Resources. Retrieved from https://scholars.fhsu.edu/all_oer/2
Syafdaningsih, Rukiyah, & Utami, F. (2020). Educational game tools in early childhood mathematics learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 513, 227–232.
Wahyuningsih, S. (2022). The role of mothers in early childhood education amidst the COVID-19 pandemic in Indonesia. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 10(1).
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |