Pelatihan Riset bagi Guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala
Abstract
Perlunya peningkatan kemampuan guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala dalam melakukan riset seperti penelitian dan pengembangan (Research & Development/ R&D), maka dilakukan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para guru untuk melakukan R&D. Para guru mengembangkan sebuah produk berupa multimedia interaktif. Adapun metode pelaksanaan pelatihan terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Kegiatan akan dilaksanakan secara luring dan daring, sebanyak 5 (lima) kali pertemuan. Kegiatan daring dilaksanakan pada tanggal 1, 22, dan 29 Juli 2022 serta 5 Agustus 2022. Sedangkan kegiatan luring dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2022 di SMP Negeri 2 Alalak. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru tentang riset R&D, dihasilkan suatu produk berupa multimedia interaktif, dan respon guru terhadap kegiatan pelatihan memiliki kategori sangat baik. Pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi profesionalisme guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala.
It is necessary to increase the ability of MGMP IPA teachers in Barito Kuala Regency to conduct research and development (R&D), so training is carried out to improve teachers' understanding and ability to conduct research and development. The teachers develop a product in the form of interactive multimedia. The implementation training consists of stages of planning, action, observation, evaluation, and reflection. The activity will be carried out in attractive and bold 5 (five) meetings. Brave activities will be held on July 1, 22, and 29, 2022 and August 5, 2022. At the same time, offline activities will be held on July 16, 2022, at SMP Negeri 2 Alalak. Based on the results of the training, it was found that there was an increase in the teacher's understanding of R&D, a product in the form of interactive multimedia, and the teacher's response to training activities had a very good category. This training can improve the professional competence of MGMP IPA teachers in Barito Kuala Regency.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal, M. (2019). Pembuatan program pembelajaran berbantuan komputer. UPP FKIP Universitas Bengkulu, Universitas Bengkulu.
Dantes, N. (2006). Penelitian tindakan kelas: konsep dasar dan prosedur pelaksanaan dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. (bahan pelatihan bagi guru-guru di kabupaten karangasem). Jurnal Widya Laksana, 6(2), 155-165.
Hasyim, A. (2016). Metode penelitian dan pengembanga di sekolah. Media Akademi: Yogyakarta.
Muldayanti, N. D., & Kurniawan, A. D. (2019). Pelatihan pembuatan proposal dan coaching clinic penelitian tindakan kelas guru IPA biologi se-kabupaten kubu raya. Jurnal Al-Ribaath, 16, 36–40.
Muqdamien, B., Umayah, Juhri, & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap definisi dalam four-d model pada penelitian research&development (R&D) alat peraga edukasi ular tangga untuk meningkatkan pengetahuan sains dan matematika anak usia 5-6 tahun. Jurnal Intersections, 6(1), 23–33.
Pratama, A. N., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi penerapan nilai-nilai pancasila. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 157–168.
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran ipa di kelas v sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253.
Santyasa, I. W. (2009). Motode pengembangan & teori pengembangan modul. Universitas Pendidikan Ganehsa
Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate storyline: Sebuah pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25.
Syukur, A. (2014). Profesionalisme guru dalam mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi di kabupaten nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 200-210.
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode penelitian pengembangan (rnd) dalam bimbingan dan konseling. Jurnal Quanta, 5(3), 111–118.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |