Pelatihan Layanan Peminatan Karir Berbasis Digital bagi Guru Bimbingan dan Konseling Kota Banjarmasin

Ririanti Rachmayanie Jamain, Akhmad Sugianto, Hendro Yulius Suryo Potru, Ghina Aulia, Hairunisa Hairunisa

Abstract


Pemilihan peminatan karir yang tepat mempunyai arti penting bagi prospek kehidupan peserta didik di masa depan. Namun layanan peminatan karir yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) masih belum optimal karena masih menggunakan instrumen dan cara analisa manual. Tujuan pengabdian masyarakat adalah memberikan keterampilan penggunaan dan kebermanfaatan layanan peminatan karir berbasis digital kepada guru BK di kota Banjarmasin. Mitra dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah guru BK yang tergabung dalam MGBK Kota Banjarmasin yang berjumlah 23 orang. Pengabdian masyarakat dilaksanakan tanggal 27 Juli 2022 yang bertempat di Gedung FKIP II ULM. Kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan bentuk cermah, pelatihan, diskusi dan tanya jawab serta evaluasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukan bahwa layanan peminatan karir berbasis digital dapat memberikan keterampilan guru BK dalam menggunakan teknologi dan memberikan kebermanfaatan khususnya dalam penggunaan layanan peminatan karir berbasis digital sehingga bisa diterapkan pada sekolah masing-masing. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh tim pelaksana memberikan dampak kepada peningkatan kompetensi guru BK di kota Banjarmasin. Implikasi dari kegiatan pengabdian ini adalah layanan peminatan karir berbasis digital bisa digunakan oleh masing-masing guru BK di sekolah.

Selection of the right career specialization has an important meaning for students' future life prospects. However, career specialization services carried out by Guidance and Counseling teachers are still not optimal because they use manual analysis methods and instruments. Community service aims to provide training on using digital-based career specialization services for counselling teachers in Banjarmasin. Partners in implementing this activity are counselling teachers who are members of the Banjarmasin City MGBK, a total of 23 people. The community service was held on July 27, 2022, at the ULM FKIP II Building. Community service activities are carried out in the form of lectures, training, discussions, questions and answers, and evaluations. The results of the implementation of this community service activity show that digital-based career specialization services can help counselling teachers work in using technology, especially in using digital-based career specialization services, so that they can be applied to their respective schools. These results indicate that the implementation of Pkm by the implementing team increased BK teachers' competence in Banjarmasin. This activity implies that each counselling teacher at school can use digital-based career specialization services.

 


Keywords


Bimbingan dan Konseling; Peminatan Karir; Pelatihan Digital

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A., & Supriyati, N. (2021). Implementasi bimbingan dan konseling daring pada madrasah tsanawiyah di jawa timur. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 9(2), 165-179.

Irmayanti, S. (2022). Optimalisasi peran guru bk dalam bimbingan karir pada siswa kelas ix smp negeri 7 probolinggo tahun ajaran 2020-2021. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(4), 388-397.

Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no. 35 Tahun 2018. Jakarta: Kemendikbud RI.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no. 111 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud RI.

Marlina, E., Arifin Ahmad, M., & Pandang, A. (2015). Pengembangan inventori peminatan karir (IPK) sebagai alat ukur arah pilih karir siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(1).

Nindya, N. N., Kiswantoro, A., & Hidayati, R. (2019). Layanan informasi melalui media animasi untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2).

Prabowo, A., Suharso, S., & Mugiarso, H. (2020). Faktor penghambat pelaksanaan program peminatan pada sma negeri se-kabupaten banyumas. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(2), 83-90.

Rohani, R. (2020, September). Strategi layanan bk untuk pegentasan perilaku seks bebas pada peserta didik jenjang sma. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 2(1).

Talib, J. A., Salleh, A., Amat, S., Ghavifekr, S., & Ariff, A. M. (2015). Effect of career education module on career development of community college students. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 15(1), 37-55.

Zamroni, E., Sugiharto, D., & Tadji, I. (2014). Pengembangan multimedia interaktif bimbingan karir untuk meningkatkan keterampilan membuat keputusan karir pada program peminatan siswa smp. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 130-136.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.6428

Refbacks



Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats