Bimbingan Belajar Gratis untuk Membangun Minat dan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan

Hardi Tambunan, Feronika Aprilia Hutasoit, Yuli Efriyanti br Damanik, Indris Tiani Telaumbanua, Sentaria Sentaria, Cyntia Lusiana Sinaga

Abstract


Bimbingan belajar sebagai pendidikan nonformal diperlukan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan peserta didik. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam matematika. PkM ini dilaksanakan di kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Percut Sei Tuan, Medan, Sumatera Utara. Jumlah peserta bimbingan belajar sebanyak 75 orang. PkM dilaksanakan melalui bimbingan belajar gratis dalam mata pelajaran matematika sebanyak 22 kali pertemuan, mulai tanggal 02 sampai 26 Februari tahun 2022. Teknik pelaksanaan PkM adalah (1) memberikan modul yang meliputi ringkasan materi, contoh dan latihan, (2) menjelaskan, (3) tanya jawab, dan (4) kuis.  Teknik pengumpulan data dengan instrumen angket yang meliputi minat dan motivasi belajar matematika. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui minat dan motivasi belajar siswa setelah pelaksanaan PkM. Hasil pelaksanaan PkM dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar siswa dalam matematika meningkat dengan kategori tinggi setelah mengikuti bimbingan belajar gratis.

Tutoring is non-formal education needed to improve the skills and abilities of students. The implementation of community service (CS) aims to increase student's interest and motivation in learning mathematics. This CS was carried out in class IX of the State Junior High School Percut Sei Tuan, Medan, North Sumatra. The number of participants for tutoring is 75 people. CS is carried out through free tutoring in mathematics subjects for 22 meetings, starting from 02 to 26 February 2022. The CS implementation techniques are (1) providing modules that include material summaries, examples and exercises, (2) explaining, (3) question and answer, and (4) quizzes. Data collection techniques with questionnaire instruments include interest and motivation to learn mathematics. Descriptive analysis is used to determine the interest and learning motivation of students after the implementation of CS. The results of the implementation of CS can be concluded that student's interest and motivation in mathematics increased with a high category after attending free tutoring.


Keywords


Bimbingan; Minat; Motivasi

Full Text:

PDF

References


Ahmad., Negara., H. R. P., Kurniawati, K. R. A. & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa melalui kegitan bimbingan belajar. JPMB Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2):189-198

Amelia, L., Sonya, E. R. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi dengan bimbingan belajar. proceedings uin sunan gunung Djati Bandung, I (34), 63-69

Annisa, A. N. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa di sekolah. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2 (2), 1-6

Butar-butar, J. L., Sinuhaji, F., & Sembiring, J. A. (2019). Pendidikan karakter anak dengan metode whole brain teaching dalam pembelajaran di bimbingan belajar pencil generation di lingkungan V Simalingkar B Medan Tuntungan. Jurnal Pengabdian UntukMu Negeri, 3(2), 178–185

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2018). Pendampingan bimbingan belajar matematika berbantu buku saku melalui media permainan monopoli untuk menanamkan minat belajar siswa dalam berhitung di SD 02 RW 02 Keluarahan Sei Lankai. Minda Baharu, Volume 2, 49-58

Hutahaean, D. T., Pandiangan, E., Munte, L. A., Batu, W. L., Simamora, M., & Purba, D. (2022). Bimbingan belajar gratis bahasa inggris, bahasa indonesia dan matematika di SMP Negeri 1 Pollung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 337–344.

Hutauruk, A. J. B., Manurung, M. R., Situmorang, C. I., Sinaga, S., Sitanggang, D., & Siallagan, C. A. (2022). Pemanfaatan Waktu Luang dengan bimbingan gratis matematika, bahasa inggris dan bahasa indonesia di SD N 15 Ambarita. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 7–12.

Khairinal., Syuhada, S., & Alawyah, W. W. (2021). Pengaruh pendapatan orang tua, bimbingan belajar dan tingkat konsentrasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Ferdy Ferry Putra Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Sosial, 2(1), 435-442

Kusuma, A. P., et al. (2022). Pendampingan belajar dalam workshop konsep dasar pembelajaran matematika untuk anak-anak sanggar kabasa. Journal of Social Outreach, 1(1), 53–62.

Laraswati, V., & Yusiana, R. (2018). Tinjauan pelaksanaan kegiata promosi oleh bimbingan belajar tridaya tahun 2018. EProceedings of Applied Science, 4(3).

Mahargono, S. (2018). Membangun kegiatan literasi melalui komunitas: upaya pustakawan bergerak dengan program go-read. Media Pustakawan, 25(3), 39–48

Marpaung, S. F. (2018). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru Di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Resitasi: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 3(3), 59–67

Meltzer, D. E., Manivannan, K. (2002). Transforming the lecture-hall environment: the fully interactive physics lecture. Am. J. Phys. 70, 639-654

Purwanto, M.B & Malini, S. (2022). Kegiatan Bimbingan belajar (bimbel) bahasa inggris dan matematika untuk siswa sd di lingkungan rt. 29 rw. 10 kelurahan 20 Ilir di Kota Palembang. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 139–144

Rawa, N. R., et al. (2021). Pendampingan bimbingan belajar berbantu alat peraga bagi siswa sekolah dasar di kelurahan mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2), 192–199

Sari, N. Y., et al. (2022). Cerdas bimbingan belajar matematika dan bahasa inggris gratis Di SD Negeri No. 058374. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 96–101

Sirwanti., Nursyam, A., & Ningsi, E. (2019). Pengaruh tingkat pendidikan, pekerjaan dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8 (2), 23-42

Sugiasih, P. (2015). Pengaruh peran guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar ekonomi siswa SMA Se-Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2014/2014. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5 (1), 1-11

Tambunan, H. (2018). The dominant factor of teacher’s role as a motivator of students’ interest and motivation in mathematics achievement. International Education Studies, 4(4), 144-151.

Tambunan, H. (2020). Kinerja guru matematika SMP dalam membangun minat dan motivasi belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 108-117

Tambunan, H. (2021). Analysis of teacher performance to build student interest and motivation towards mathematics achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10 (1), 42-47.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats