Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif bagi Guru–guru Sekolah Dasar di Banjarmasin
Abstract
Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Guru–guru di SD Negeri Inti Surgi Mufti 4 Banjarmasin dalam membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktik terbimbing. Pelatihan dilaksanakan di SD Negeri Inti Surgi Mufti 4, Banjarmasin dan diikuti oleh seluruh Guru, Staf dan mahasiswa magang dilaksanakan pada tanggal 15 & 18 Agustus 2022. Indikator keberhasilan kegiatan ini adalah apabila pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan mencapai lebih dari 90% serta kepuasan peserta terhadap pelaksanaan mencapai lebih dari 90%Hasil pelaksanaan pelatihan ini adalah peserta memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran berbasis multimedia interaktif serta memiliki keterampilan dalam menggunakan aplikasi yang digunakan dalam membuat multimedia pembelajaran berbasis multimedia interaktif guna meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar. Hal ini terlihat dari pemahaman peserta pelatihan terkait materi pelatihan sebesar 92%, sedangkan keterampilan peserta dalam pemanfaatan aplikasi dalam membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif meningkat menjadi 92%. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan tersebut berjalan dengan sukses dan berhasil mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan.
This training activity aims to improve teachers' skills at Inti Surgi Mufti 4 Banjarmasin public elementary school in making interactive multimedia-based learning media to increase student learning motivation. The method used in this training is the lecture method, question and answer and guided practice. The training was held at Inti Surgi Mufti 4 Public Elementary School, Banjarmasin and was attended by all teachers, staff and student interns on August 15 & 18, 2022. The indicator of this activity's success is if the trainees' knowledge and skills reach more than 90% and the participant's satisfaction with the implementation reaches more than 90%. Interactive multimedia-based learning multimedia to increase elementary school students learning motivation. This can be seen from the training participants' understanding of the training material by 92%. In comparison, the participants' skills in using applications in making interactive multimedia-based learning media increased to 92%. Based on these findings, the training implementation was successful and achieved the specified success criteria.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan motivasi belajar model pembelajaran blended learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://doi.org/10. 31004/basicedu.v5i4.1201
Daryanto, J., Rukayah, R., Sularmi, S., Budiharto, T., Atmojo, I. R. W., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Meningkatkan motivasi belajar peserta didik sekolah dasar melalui pemanfaatan media lkpd interaktif berbasis liveworksheet pada masa revolusi industri 4.0. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 319. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5516
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep ipa peserta didik di sekolah dasar. Educare Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 17(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Farida, N. (2021). Fungsi dan aplikasi motivasi dalam pembelajaran. Education and learning journal, 2(2), 118–125. http://dx.doi.org/ 10.33096/eljour.v2i2.133
Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Meilani, S., Munsarif, M., Jamaludin, & Janner, S. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Harahap, N. (2014). Hubungan antara motivasi dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division pada konsep ekosistem. Visipena Journal, 5(1), 35–46. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.221
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.
Mispa, R., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). Penggunaan e-lkpd berbasis live worksheet pada konsep protista terhadap hasil belajar peserta didik kelas x sman 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2134–2145. https://doi.org/10.36418/ japendi.v3i1.478
Munir. (2015). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.
Nurbayani, A. Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N.D., Fajriati, N.F., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi penggunaan aplikasi liveworksheets sebagai lkpd interaktif bagi guru-guru sd negeri 1 tegalmunjul purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education, 1(2). 126-133.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akutansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3046
Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi dalam Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Sari, I. K. (2021). Blended learning sebagai alternatif model pembelajaran inovatif di masa post-pandemi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1137
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengaja. Rosdakarya.
Tirta, I. (2022). Siswa Sambut Pembelajaran Tatap Muka. Republika.co.id. https://republika. id/posts/25930/siswa-sambut-pembelajaran-tatap-muka
Yuliah. (2021). Semangat Menyambut Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. radar Semarang. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021 /10/29/semangat-menyambut-pembelajaran-tatap-muka-terbatas/
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6520
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |