Pelatihan Tools Microsoft Word dan PowerPoint untuk Mempermudah Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Manajemen Informatika Politama Surakarta

Rusydi Umar, Herman Herman, Izzan Julda D.E Purwadi Putra, Aldi Rifki Andriawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan serta mempermudah mahasiswa dalam menggunakan tools Microsoft Word dan PowerPoint sebagai media penulisan tugas akhir. Pelatihan ini diikuti 23 mahasiswa tingkat akhir pada program studi Manajemen Informatika Politeknik Pratama Mulia Surakarta (Politama) yang beralamat di Jl. Haryo Panular No.18A, Panularan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pelatihan ini dilakukan secara kombinasi yaitu dalam jaringan (DARING) dan luar jaringan (LURING) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan karena sedang dalam masa pandemic Covid-19. Pelatihan ini dilaksanakan pada Sabtu, 30 oktober 2021 yang bertempat di laboratorium Manajemen Perusahaan Politama Surakarta. Pertemuan sesi pertama memberikan materi tentang tools Microsoft Word yang disampaikan oleh saudara Izzan Julda dan sesi kedua materi PowerPoint disampaikan oleh saudara Aldi Rifki, dilanjutkan dengan tanya jawab mahasiswa terkait materi yang disampaikan. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa nilai presentase meningkat setelah dilakukan pelatihan Microsoft Word dan PowerPoint. Hasil ini mengindikasikan adanya peningkatan dalam pengetahuan dan soft skill tentang tools Microsoft Word dan PowerPoint.

This study aims to maximize and facilitate students in using Microsoft Word and PowerPoint tools as media for writing their final project. This training was attended by 23 last year students in the Informatics Management study program at the Pratama Mulia Surakarta Politeknik (Politama), whose address is Jl. Haryo Panular No. 18A, Panularan, Kec. Laweyan, Surakarta City, Central Java. This training is carried out online and offline, while still paying attention to health protocols due to the Covid-19 pandemic. This training was held on Saturday, 30 October 2021, at the Surakarta Politama Company Management laboratory. The first meeting session provided material on Microsoft Word tools delivered by Izzan Julda and the second session presented PowerPoint material by Aldi Rifki, followed by questions and answers from students regarding the material presented. The pre-test and post-test results showed that the percentage score increased after the Microsoft Word and PowerPoint training. These results indicate increased knowledge and soft skills in Microsoft Word and PowerPoint tools.


Keywords


Microsoft Word; PowerPoint; Soft skill; Tools; Tugas Akhir

Full Text:

PDF

References


Amaliah, T. H. (2021). Peningkatan kompetensi mahasiswa melalui pelatihan penulisan karya ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 7(2), 89–93.

Bakhri, A. S. (2022). Pelatihan aplikasi microsoft word pada siswa kelas xii smk texar karawang. Abdimas: Sistem Dan Teknologi Informasi, 01(02), 7–11.

Hadajaratie, L., Padiku, I. R., Kaluku, M. R. A., Pakaya, N., Polin, M., Zakaria, A., Pakaya, P., & Binolombangan, J. F. (2022). Pelatihan penggunaan microsoft office power point sebagai media interaktif di sma negeri 1 kabila. DEVOTION: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 49–53.

Hartini, H., Eka Apriyanti, & Hasria Alang. (2022). Pelatihan microsoft office kepada remaja di desa kindang. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 57–62.

Hutahaean, J., Azhar, Z., & Mulyani, N. (2020). Pelatihan aplikasi microsoft powerpoint bagi guru dan staf sd negeri 010240 pematang cengkring kecamatan medang deras. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 147–154.

Koutsokostas, V., Lykousas, N., Apostolopoulos, T., Orazi, G., Ghosal, A., Casino, F., Conti, M., & Patsakis, C. (2022). Automated analysis of malicious Microsoft Office documents. Computers and Security, 114, 102582.

Kusjono, G., Suprianto, S., Syamruddin, S., Lubis, I., & Nasution, A. Y. (2020). Pelatihan pembuatan jurnal penelitian pendidikan smp negeri 17 tangerang selatan. Indonesian Journal of Society Engagement, 1(1), 117-138.

Mahato, S., Khan, D. A., & Yadav, D. K. (2020). A modified approach to data hiding in Microsoft Word documents by change-tracking technique. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, 32(2), 216–224.

Manurung, J., Sinaga, B., Hasugian, P. M., Logaraj, L., & Ramen, S. (2022). Pelatihan peningkatan kemampuan pengunaan microsoft office bagi mahasiswa sekolah tinggi teologi baptis medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 2(2), 75–81.

Marhalim, Andilala, & Khairullah. (2022). Pelatihan microsoft office powerpoint sebagai bahan ajar bagi guru smpn 18 kota bengkulu. Jurnal Abdimas Serawai, 2(2), 61–67.

Rasmila, Huda, N., Jemakmun, Mukti, A. R., Amalia, R., Hadinata, N., Kurniawan, Putra, A., & Nainggolan, C. E. (2022). Pelatihan presentasi menggunakan Microsoft Power Point pada SMP Patra Mandiri 2 Palembang. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1),

–136.

Saharuddin, S., Juliansyah, H., Putri, C., Sari, M., Dharma, Y., & Maulida, L. (2022). Pelatihan penulisan proposal penelitian mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas malikussaleh saharuddin. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial, 1(1), 1–5.

Siregar, A. C. (2021). Pelatihan penulisan tugas akhir dengan menggunakan LaTeX bagi mahasiswa teknik informatika universitas muhammadiyah pontianak. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 18(1), 40.

Ulfa, N. M. (2022). Edukasi dan pelatihan pembuatan kapsul biji pepaya sebagai alternatif anti kanker payudara. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 199.

Uz, Ç., Orhan, F., & Bilgiç, G. (2010). Prospective teachers’ opinions on the value of PowerPoint presentations in lecturing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2051–2059.

Vivian, Y. C. L. @, Ming, L. L., Tong, C. S., & Jin, N. Y. (2013). The impact of powerpoint on undergraduates’ technical communication achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1088–1092.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel jurnal bagi guru-guru ips kabupaten malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 54–62.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats