Pelatihan Pembuatan Konten Digital nenggunakan Canva pada Pembelajaran Matematika bagi Guru MI Kota Bitung

Kadir Kadir, Andi Asma, Agung Budi Santoso, Gita Fajrin Jafar, Sri Wulandari

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pelatihan pembuatan konten digital dengan aplikasi Canva yang terfokus pada pembelajaran matematika bagi guru MI di Kota Bitung dilaksanakan pada tanggal 29, 30 dan 31 September 2022. Terdapat 30 peserta pelatihan dari berbagai kalangan usia yang berasal dari MI yang berbeda di Kota Bitung. Materi kegiatan pelatihan disampaikan melalui presentasi dan tanya jawab yang berlokasi di Aula Ponpes Arafah Bitung. Kegiatan PkM ini dilaksanakan atas dasar minimnya media pembelajaran digital yang selama ini digunakan oleh guru matematika MI di Kota Bitung dalam proses belajar mengajar pada masa pandemi. Akibatnya, hal ini berimplikasi pada terciptanya suasana belajar yang tidak menyenangkan dan cenderung membosankan. Sehingga, tim PkM Prodi PGMI IAIN Manado menyelenggarakan pelatihan bagaimana cara mendesain konten digital pembelajaran matematika yang interaktif dengan aplikasi Canva untuk mengatasi potensi permasalahan yang terjadi akibat diterapkannya kurikulum merdeka belajar. Adapun hasil dari pelatihan dalam menggunakan aplikasi Canva, guru lebih terampil dan kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran matematika.

This community service aims to describe training activities regarding digital content creation training with the Canva application, which focuses on learning mathematics for MI teachers in Bitung City, held on September 29, 30 and 31, 2022. There were 30 trainees from various age groups from MI who were different in Bitung City. The material for the training activities was delivered through presentations and questions and answers, located in the Arafah Bitung Islamic Boarding School Hall. This PkM activity was carried out based on the lack of digital learning media that MI math teachers in Bitung City had used during the teaching and learning process during the pandemic. As a result, this has implications for creating an unpleasant learning atmosphere that tends to be boring. So, the PkM PGMI IAIN Manado Study Program team held training on how to design digital interactive mathematics learning content with the Canva application to overcome potential problems due to the implementation of the independent learning curriculum. As for the results of training in using the Canva application, teachers are more skilled and creative in developing mathematics learning media.

 


Keywords


Canva; Konten Digital; Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2020). Asesmen kompetensi minimum. Remaja Roesdakarya.

Bachtiar, A. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran assure terhadap kreativitas peserta didik. Https://Ejournal.Unibabwi.Ac.Id/Index.Php/Transformasi/Article/View/1200, 5(1). https://doi.org/https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/1200

Bakri. (2021). Pelatihan pembuatan materi presentasi dan video pembelajaran menggunakan aplikasi canva kepada guru di kota medan dan jayapura secara online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7 (1).

Dewantara, D., Misbah, M., Mahtari, S., Azhari, A., Sasmita, F. D., Rusmawati, I., ... & Lutfi, M. (2021). Digital electronic practicum with logisim application using google meet. In Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 012006.

Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313-317.

J, M. (2016). Desain pendidikan guru. Kencana Prenada Media Group.

Mahmudi, A. (2008). Tinjauan kreativitas dalam pembelajaran matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 37–49. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.559

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis zoomable presentation berbantuan software prezi pada pokok bahasan listrik dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229-240.

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 (Yog (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Subali, B., & Mariyam, S. (2013). Pengembangan kreativitas keterampilan proses sains dalam aspek kehidupan organisme pada mata pelajaran IPA SD. Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1625

Yani, A. D., Wati, M., & Misbah, M. (2021). Direct current electric teaching materials through google classroom for 16-17 years old students: Teacher perception. Online Learning in Educational Research, 1(1), 25-36.

Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019, February). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 1-5.

Zainuddin, Z., Misbah, M., Rizki, M., Sasmita, F. D., Rahman, F., & Noviyani, E. (2021). Pelatihan Penggunaan google classroom dan edmodo di lingkungan lahan basah pada guru mgmp ipa kabupaten barito kuala. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 286-292.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats