Peningkatan Pengetahuan Petugas Kesehatan melalui Workshop dan Pelatihan Deteksi Dini Masalah Perkembangan dan Perilaku Anak

Jafar Arifin, Rizma Adlia Syakurah

Abstract


Peran petugas kesehatan, terutama bidan, sangat krusial dalam deteksi dini dan pemantauan tumbuh kembang anak. Sayangnya, beberapa faktor menghambat kontribusi kurang optimalnya kinerja bidan dalam melaksanakan SDIDTK (Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang). Sebagai upaya peningkatan pengetahuan petugas kesehatan mengenai pemeriksaan tumbuh kembang anak yang sesuai, maka diadakan sebuah workshop dan pelatihan. Hal tersebut dikarenakan masih ditemukan petugas kesehatan yang melakukan kesalahan dalam pemeriksaan tumbuh kembang anak. Menggunakan pendekatan manajemen program, kegiatan workshop dan pelatihan dilaksanakan di Hotel Santika Premier Bandara Palembang pada 26 Februari 2022. Peserta pelatihan sebanyak 41 orang. Kuesioner pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur pengetahuan peserta. Hasil kegiatan pengabdian kemudian disajikan secara deskriptif. Perencanaan dilakukan dengan pembentukan panitia dan pembagian tugas, serta menetapkan jadwal kegiatan. Kegiatan workshop dilakukan dengan metode ceramah, kemudian dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi Prima dari IDAI untuk deteksi dini tumbuh kembang anak, serta sesi tanya jawab oleh peserta. Evaluasi ditentukan melalui tes awal dan tes akhir. Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata awal pengetahuan peserta sebesar 62,68 dan mengalami peningkatan menjadi 89,51. Hal ini mengindikasikan adanya peningktan pengetahuan tenaga kesehatan mengenai pemeriksaan tumbuh kembang anak melalui kegiatan workshop dan pelatihan. Masih ditemukan beberapa kendala dalam kegiatan, baik pada kendala internal maupun eksternal. Diharapkan kepada petugas kesehatan yang mengikuti kegiatan agar dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan sehingga pemeriksaan tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.  

 Health workers, particularly midwives, play a crucial role in detecting and monitoring child growth and development early. However, suboptimal performance in implementing SDIDTK (Stimulation of Early Detection and Intervention of Growth and Development) is influenced by various factors. To address this, a workshop and training program were conducted to enhance health workers' knowledge in conducting appropriate assessments. The program took place at Santika Premier Hotel Airport Palembang on February 26, 2022, with 41 participants. Pre-test and post-test questionnaires were used for evaluation, and descriptive analysis was performed on the service activities. Planning involved forming a committee, dividing tasks, and scheduling activities. The workshop included lectures and training on the Prima application from IDAI for early detection. Question and answer sessions facilitated participant interaction. Initial and final tests were conducted for evaluation. The results showed a significant increase in participants' average knowledge score from 62.68 to 89.51. This indicates enhancing health workers' knowledge of child growth and development examination through the workshop and training. Despite encountering internal and external obstacles, participants are expected to apply their newfound knowledge to improve the examination of child growth and development.


Keywords


manajemen program; pelatihan; tumbuh kembang anak

Full Text:

PDF

References


Adistie, F., Lumbantobing, V. B. M., & Aryam, N. N. A. (2018). Pemberdayaan kader kesehatan dalam deteksi dini stunting dan stimulasi tumbuh kembang pada balita. Media Karya Kesehatan, 1(2), 173–184.

Anggraini, R. D. (2018). Tanggung jawab bidan dalam menangani pasien non kebidanan dikaitkan dengan manajemen terpadu balita sakit dan manajemen terpadu bayi muda. Al-Adl : Jurnal Hukum, 10(2), 221–236.

Angraini, D. I., Apriliana, E., Imantika, E., Sari, M. I., Mayasari, D., & Wijaya, S. M. (2019). Pelatihan kader posyandu dalam deteksi dini ibu hamil risiko tinggi (risti) di Puskesmas Karang Anyar Kabupaten Lampung Selatan. JPM Ruwa Jurai, 4(1), 13–17.

Darmawan, A. (2019). Pedoman Praktis Tumbuh Kembang Anak (Usia 0-72 Bulan). PT Penerbit IPB Press.

Fannya, P., & Indawati, L. (2020). Analisis pemecahan masalah rendahnya cakupan PHBS di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh. Indonesian of Health Information Management Journal, 8(1), 21–28.

Fathana, P. B., Lestari, R., & Wardani, I. S. (2020). Pelatihan tuberkulosis pada tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Propinsi Nusa Tenggara Barat. Prosiding PEPADU 2020, 153–157.

Hamdi, M. M. (2020). Evaluasi kurikulum pendidikan. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75.

Jamani, C., Budiati, E., & Irianto, S. E. (2022). Implementasi kebijakan penerima bantuan iuran badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan di Kabupaten Lampung Tengah. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora (AJSH), 2(2), 111–116.

Karyati, R. (2020). Monitoring dan evaluasi supervisi akademik sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah binaan kepengawasan Kota Malang. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(3), 122–132.

Larassati, L., & Nurseto, T. (2019). Pengembangan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 16(1), 8–15.

Mansur, A. R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Andalas University Press.

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan pelatihan terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129–147.

Menteri Kesehatan RI. Keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor 900/menkes/sk/vii/2002 tentang registrasi dan praktik bidan. (2002). Indoneisa.

Merita. (2019). Tumbuh kembang anak usia 0-5 tahun. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 1(2), 39–83.

Moudy, J., & Syakurah, R. A. (2022). Diagnosis komunitas dengan pendekatan proceed-preced pada mahasiswa kepaniteraan klinik. Jambi Medical Journal “Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan,” 10(1), 1–19.

Mujiastuti, R., Abdussani, A., & Adharani, Y. (2018). Sistem pakar untuk tumbuh kembang anak menggunakan metode forward chaining. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2018, 1–12.

Nurarifin, N. (2019). Implementasi Fuzzy untuk Pemantauan Status Gizi dan Tumbuh Kembang Balita Berdasarkan Data Antropometri Berbasis Android. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Pebriyanti, E., & Syakurah, R. A. (2022). Analisis manajemen praktik klinik keperawatan gawat darurat prodi d3 keperawatan universitas bengkulu. Jurnal Kedokteran Ibnu Nafis, 11(1), 49–61. Retrieved from https://jurnal.fk.uisu.ac.id/index.php/ibnunafis/article/view/383

Purnami, L. A., Sedana, K. P., Dwijayanti, L. A., & Purniasih, N. K. (2020). Kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP) sebagai penilaian tumbuh kembang balita: pelatihan kader Desa Girimas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 6(2), 71–74.

Putri, D. A., Misnaniarti, & Rahmiwati, A. (2023). Evaluasi pemantauan tumbuh kembang balita: literature review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(3), 821–828. Retrieved from

http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/1034/

Rizki, F., Garna, H., & Rasyad, A. S. (2020). Pengaruh pengetahuan, ketersediaan sarana prasarana, dan supervisi-monitoring terhadap penatalaksanaan imunisasi oleh bidan. 2-TRIK: Tunas-Tunas Riset Kesehatan, 10(4), 245–251.

Syahril, S. (2016). Hubungan tingkat pengetahuan ibu dan dukungan tenaga kesehatan dengan pelaksanaan deteksi dini tumbuh kembang (Ddtk) pada anak balita di Kelurahan Batuangtaba wilayah kerja Puskesmas Pagambiran Padang Tahun 2015. Jurnal Medika Saintika, 7(2), 1--7. Retrieved from

https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/medika/article/view/108

Syofiah, P. N., Machmud, R., & Yantri, E. (2019). Analisis pelaksanaan program stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang (sdidtk) balita di Puskesmas Kota Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 151–156.

Winarno, A., Agustina, Y., Wijijayanti, T., Churiyah, M., & Subagyo. (2020). Pelatihan manajemen dan pembukuan dasar bagi IKM Sanan Kota Malang. Jurnal Karinov, 3(1), 59–64.

Yuliani, D. A. (2022). Peran bidan dalam implementasi kebijakan stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 9–25.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.6676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats