Pendampingan Pembuatan E-modul untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital bagi Guru MGMP IPA Kota Pagaralam

Ismet Ismet, Rodi Edi, Maefa Eka Haryani, Saparini Saparini

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat telah dilaksanakan oleh tim dosen pendidikan fisika dan pendidikan kimia FKIP Universitas Sriwijaya pada 23 Juli 2022 sampai 25 September 2022. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah untuk memberikan pendampingan pembuatan e-modul IPA sampai dengan validasinya bagi guru IPA yang tergabung pada MGMP IPA Kota Pagaralam. Bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pendampingan dengan metode pemberian materi dan diskusi, workshop, dan validasi e-modul. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah tim guru IPA pada masing-masing SMP di Kota Pagaralam yang tergabung di MGMP IPA Kota Pagaralam berjumlah 39 orang. Temuan selama kegiatan berlangsung yaitu guru sudah memiliki pemahaman yang baik pentingnya pembuatan e-modul sendiri namun belum ada yang mencoba membuat sendiri, dan guru belum mengetahui fitur google sites sebagai salah satu alternatif pembuatan e-modul. Hasil kegiatan diperoleh bahwa guru-guru IPA yang tergabung di MGMP IPA kota Pagaralam dan mengikuti kegiatan pengabdian pada masyarakat telah mampu membuat e-modul IPA menggunakan google sites yang valid dan sangat valid untuk masing-masing aspek materi, bahasa, dan desain. Untuk meningkatkan keterampilan guru-guru IPA tersebut diharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkala oleh MGMP IPA kota Pagaralam.

Community service activities have been carried out by a team of lecturers for physics education and chemistry education at Sriwijaya University from July 23, 2022, to September 25, 2022. The purpose of the community service activities is to assist in creating science e-modules until their validation for science teachers who are members of the MGMP Science Pagaralam City. The form of community service activities is in the form of assistance with methods of providing materials and discussions, workshops, and e-module validation. The target audience for this activity is a team of science teachers in each junior high school in Pagaralam City who are members of the Pagaralam City Science MGMP. The findings during the training are that teachers already have a good understanding of the importance of making their e-modules. Still, no one has tried to make their own, and teachers do not yet know the features of google sites as an alternative to making e-modules. The results of the activity showed that science teachers who were members of the Pagaralam IPA MGMP and participated in community service activities had been able to create science e-modules using google sites that were correct in terms of material, easy to understand in terms of language, and had an attractive appearance in terms of design. To improve the skills of the science teachers, it is hoped that similar activities can be carried out periodically by the IPA MGMP of Pagaralam city. This activity was carried out to increase teachers' understanding of learning modules' importance and basic concepts. It was an active activity encouraging teachers to make their learning modules, especially e-modules.


Keywords


E-modul; Google Sites; IPA; Literasi Digital; Pendampingan

Full Text:

PDF

References


Ayun, Q. (2021). Analisis tingkat literasi digital dan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 271–290.

Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar: Mahesa Research Center, 1(1), 80–86.

Ghaliyah, S., Bakri, F., & Siswoyo. (2015). Pengembangan modul elektronik berbasis model laerning cycle 7e pada pokok bahasan fluida dinamik untuk siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV(May 2018), 149–154.

Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis pembelajaran IPA secara daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233.

Hartini, S., Susilowati, E., & Misbah, M. (2019). Media pembelajaran fisika SMA berbasis e-learning di Kabupaten Tanah Laut sebagai upaya melatihkan literasi digital. Pro Sejahtera (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).

Herdhita Vidya Kharisma. (2017). Literasi digital di kalangan guru sma di kota surabaya. Libri-Net, 6(4), 1–12.

Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2021). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan membangun desain pembelajaran online dengan memanfaatkan multiplatform : sebuah gerakan literasi digital. Massagi : Masyarakat Multiliterasi Pedagogi, 1(1), 1–8.

I Putu Gede Sutisna. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283.

Kemendikbud. (2022). Buku saku penyusunan perangkat ajar : Modul ajar.

Misbah, M., Khairunnisa, Y., Amrita, P. D., Dewantara, D., Mahtari, S., Syahidi, K., ... & Deta, U. A. (2021). The effectiveness of introduction to nuclear physics e-module as a teaching material during covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 012052.

Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109-114.

Muhammad, N., Hamid, F., Misbah, M., & Dewantara, D. (2021, November). E-module on elasticity of solids topic through cooperative learning to improve learning outcomes and motivation: Validity aspects. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1), 012015.

Mutadi, H. (2021). Google Sites: Prestigious Training. Balai Diklat Keagamaan Semarang, 1.

Napaswati. (2020). Analisis situasi pembelajaran IPA fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19 (studi kasus peserta didik mts dDI Seppange Kabupaten Bone). Karst Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 6–12.

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan literasi digital dengan kualitas penggunaan e-resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117.

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. (2019). Analisis literasi digital siswa melalui penerapan e-learning berbasis schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9-13.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.

Wati, M., Apriani, R., Misbah, M., Miriam, S., & Mahtari, S. (2021). Pengembangan e-modul suhu dan kalor bermuatan kearifan lokal melalui aplikasi sigil. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 112-121




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats