Sosialisasi Produk dan Sertifikasi Halal Serta Pelatihan Inovasi Produk Bagi UMKM

Asri Laksmi Riani, Hunik Sri Runing Sawitri, Suryandari Istiqomah, Anastasia Riani Suprapti, Intan Novela Qurratul Aini

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja bisnis UMKM Desa Polengan melalui upaya meningkatkan kualitas dan inovasi produk. Metode dalam pengabdian dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dimana pendekatan ini dimulai dengan melakukan analisis situasi dengan pihak desa dan BUMDES sehingga didapatkan berbagai data permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yaitu antara lain: masih rendahnya pengetahuan tentang produk dan sertifikasi halal; rendahnya pengetahuan dan ketrampilan SDM dalam pengembangan produk/ inovasi produk. Oleh karena itu maka pengabdian ini melaksanakan kegiatan Sosialisasi Produksi dan sertifikasi halal dan Pelatihan Inovasi Produk serta penyerahan alat yang dibutuhkan UMKM. Hasil dari sosialisasi halal didapatkan bahwa UMKM semakin menyadari pentingnya sertifikasi halal dan tertarik untuk mengikuti sertifikasi halal yang dibantu oleh pemerintah. Sedangkan dari pelatihan inovasi produk yaitu pembuatan bayam krispi dan kripik belut daun singkong menarik perhatian warga untuk mencoba memproduksi kripik tersebut karena bahan yang mudah untuk didapatkan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2022 dengan jumlah peserta 20 UMKM di Desa Polengan. Kesadaran masyarakat Desa Polengan akan produk halal dan inovasi produk ini diharapkan akan meningkatkan kinerja bisnis UMKM kedepannya.

 

This service aims to improve the business performance of Polengan Village SMEs through efforts to enhance product quality and innovation. The method of service is the Participatory Action Research (PAR) approach where this approach begins by conducting a situation analysis with the village and BUMDES so that various data on problems faced by MSMEs are obtained, namely: low knowledge about products and halal certification; low HR knowledge and skills in product development/ product innovation. Therefore, this service carries out Halal Production and Certification Socialization activities, Product Innovation Training, and handing over the tools that MSMEs need. The results of the halal socialization found that MSMEs are increasingly aware of the importance of halal certification and are interested in participating in halal certification assisted by the government. While the product innovation training, namely making crispy spinach and cassava leaf eel chips, attracted the attention of residents to try to produce these chips because the ingredients were easy to obtain. This service activity was carried out on July 20, 2022, with 20 SMEs in Polengan Village. The awareness of the people of Polengan Village about halal products and product innovation will improve the SMEs business performance in the future.


Keywords


Halal; Inovasi; Pelatihan; Produk; Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Esfandiari, F., Al-Fatih, S., Azelia Nasera, F., Rahman Shaleh, T., Lucky Rahmawati, A., Khaira Annajid Elfauzi, F., Arrizqi Zainsyah, L., & Kunci, K. (2021). Pendampingan akad dan sertifikasi halal mui serta edukasi jaminan produk halal pada minuman cangloh di mergosono kota malang. Jurnal Dedikasi Hukum, 1(2), 87–99. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jdh/article/view/17607

Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia : Peluang dan Tantangan. 6(03), 428–435.

Jakiyudin, A. H., & Fedro, A. (2022). Sehati : Peluang Dan Tantangan Pemberian Sertifikasi Halal Gratis Bagi Pelaku UMK Di Indonesia. 07(02).

Kleinknecht, A., Van Montfort, K., & Brouwer, E. (2002). The non-trivial choice between innovation indicators. Economics of Innovation and New Technology, 11(2), 109–121. https://doi.org/ 10.1080/10438590210899

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Lucky, M. (2020). Inovasi dan kreativitas pelaku usaha umkm di era covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 87–93.

Ma’rifat, T. N., & Sari, M. (2017). Penerapan Sistem Jaminan Halal Pada UKM Bidang Olahan Pangan Hewani. Khadimul Ummah, 1(1). https://doi.org/10.21111/ku.v1i1.1421

MacDonald, C. (2012). Understanding PAR: A qualitative research methodology. Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34–50. file:///C:/Users/Christelle/Downloads/37-Article Text-89-1-10-20120913.pdf%0Ahttps://pdfs.semanticscholar.org/3b78/ecfe0b4a0a7591d2ea068c71e8ea320ff451.pdf

Moerad, S. K., Pingit, S., Mutiah, W., Chamid, S., & Dian, E. (2022). Sosialisasi serta pendampingan sertifikasi halal umkm di kabupaten sidoarjo. SEGAWATI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1–15. https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/118

Negara, D. J., & Kristinae, V. (2018). Pengaruh teknologi dan inovasi dalam persaingan traditional food di kalimantan tengah. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.347

Puspasari, E. L., & Rahardjo, S. T. (2017). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan dukungan partner terhadap keunggulan bersaing. Dipornegoro Journal of Management, 6, 1–8.

Sekarwati, E., & Hidayah, M. (2022). Pendampingan dan sosialisasi pendaftaran sertifikasi halal menggunakan aplikasi sihalal bagi pelaku umkm kabupaten purworejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.35315/intimas.v2i2.9010

Tidd, J., Bessant, J., & Pavitt, K. (2005). Managing Innovation (3th ed.). John Wiley & Sons, Ltd.

Trimo, L., Sendjaja, T. P., Suminartika, E., Deliana, Y., Wulandari, E., & Djuendah, E. (2018). Pengentasan kemiskinan melalui pengembangan ekonomi kreatif perdesaan berbasis potensi lokal di kabupaten

sumedang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 7(2), 105–115. https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf

Widayat, W., Sulardjaka, S., Al-Baarri, A. N., & Nurjannah, R. (2020). Pendampingan sertifikasi halal pada umkm hanum food (halal certification support in umkm hanum food). Indonesian Journal of Halal, 3(1), 83–87.

https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/ijh/article/view/9189.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats