Sosialisasi Nilai–nilai Konservasi dalam Al-Quran Pada Santri TPQ An –Nur Sedayu sebagai Upaya Pembentukan Kader Konservasi Islami

Hariyanto Hariyanto, Erni Suharini, Rahma Hayati, Ervando Tommy El-Hanif, Ashabul Kahfi, Vina Wiranata, Nona Chalista Aurora Nur Cahyo

Abstract


Nilai-nilai luhur konservasi mengajarkan manusia untuk dapat bertanggung jawab dalam melestarikan alam dan lingkungan. Nilai-nilai ini juga diajarkan dalam konsep agama islam dan memiliki dalil-dalil di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Penguatan karakter konservasi melalui pendidikan, baik formal, maupun non-formal. Tujuan dari dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat di TPQ An-Nur Sedayu ini adalah untuk penguatan karakter konservasi yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2022 yang didalamnya terdapat empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, dan tahap pengendalian. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terlaksananya kegiatan pengabdian yang meliputi kegiatan jalsah konservasi, perancangan model pembelajaran konservasi lingkungan di TPQ, tadabbur konservasi, dan muhafadzah al-ardh. Pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan harapan dan kegiatan ini juga mendapatkan respon positif baik dari guru, maupun para santri. Evaluasi yang dilakukan di akhir kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan tingkat literasi konservasi peserta sebesar 30% dibandingkan dengan sebelum dilaksanakan program. Harapannya tim pengabdi ke depannya dapat terus menjalin kerja sama dengan mitra binaan, dan dapat melaksanakan penyebaran IPTEK dengan cakupan yang lebih luas.

The noble values of conservation teach humans to be responsible for preserving nature and the environment. These values are also trained in the concept of Islam and have arguments in the Qur'an and Hadith. They were strengthening the character of conservation through education, both formal and non-formal. The purpose of implementing community service in TPQ An-Nur Sedayu is to strengthen the character of conservation by the Qur'an and Hadith. This service activity was carried out from July to August 2022, with four stages, namely the planning stage, organizing stage, implementation phase, and control stage. The results of this service activity are implementing service activities, including jalsah conservation activities and designing environmental conservation learning models in TPQ, Tadabbur Conservation, and Muhafadzah Al-Ardh. The implementation of the activities proceeded to expectations, and this activity also received a positive response from both the teacher and the students. Evaluation conducted at the end of the activity shows an increase in the level of participant conservation literacy by 30% compared to before the program was implemented. The hope of the Devotee Team in the future can continue to establish cooperation with fostered partners and carry out the spread of science and technology with a broader scope.

 


Keywords


Al-Qur’an dan Hadits; Kader Konservasi; Nilai Konservasi

Full Text:

PDF

References


Anam, M. S., Yulianti, W., Nur Safitri, S., Nur Qolifah, S., & Rosia, R. (2021). Konservasi sumber daya alam dalam perspektif islam. Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 2(1), 26–37. https://doi.org/10.47887/amd.v2i1.19

Anggereini, E. (2017). Pengembangan e- modul pembelajaran lingkungan hidup terintegrasi nilai-nilai perilaku pro environmental dengan aplikasi 3d pageflip profesional untuk siswa sma sebagai upaya menjaga lingkungan hidup berkelanjutan (sustainable environment). BIODIK, 3(2), 81–91. https://doi.org/10.22437/bio. v3i2.5499

Asyhari, A. (2017). Literasi sains berbasis nilai-nilai islam dan budaya indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 137–148. https://doi.org/10.24042/ jpifalbiruni.v6i1.1584

Aziz, A. (2019). Konservasi alam dalam perspektif etika islam; tantangan dan tuntutan globalisasi. Asy-Syari’ah : Jurnal Hukum Islam, 5(2), 101–119. https://doi.org/10. 36835/assyariah.v5i2.116

Dewi, K. R., Hartanto, P., Jariah, A., & Jamaluddin, J. (2021). Penanaman nilai pendidikan lingkungan hidup untuk meningkatkan literasi lingkungan di pondok pesantren al-istiqomah telagawaru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).

https://doi.org/10.29303/ jpmpi.v4i2.661

Efendi, M. H., Irawati, M. H., Rohman, F., & Gofur, A. (2019). Model pendidikan konservasi lingkungan hidup dengan penerapan nilai-nilai islam di pondok pesantren nurul haramain nw narmada lombok barat—indonesia. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 9.

Fatah, A. (2018). Nilai-nilai pendidikan dan konservasi lingkungan hidup dalam islam. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching, 2(1).

Fua, J., & Wekke, I. (2017). Islam dan konservasi: pendekatan dakwah dalam pelestarian lingkungan. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(2), 411–432. https://doi.org/ 10.21154/altahrir.v17i2.998

Hariyanto, H., Kahfi, A., Benardi, A. I., Wijayanto, P. A., Wiranata, V., & Savitri, A. (2021). Daya Dukung Lingkungan di Kecamatan Mijen Untuk Mendukung Pembangunan Pertanian Berkelanjutan [Laporan Penelitian]. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Hayati, R. S. (2020). Pendidikan lingkungan berbasis experiential learning untuk meningkatkan literasi lingkungan. Humanika, 20(1), 63–82. https://doi.org/10. 21831/hum.v20i1.29039

Kristianto, T., Azizah, A. F., Akbar, F. S., Albana, A. S., & Istyanto, N. P. (2020). Sosialisasi pencegahan penanganan wabah covid-19 terhadap komunitas tunarungu di Kota Surabaya. Jurnal Abdimas, 1(2), 43–47.

Mangunjaya, F. M. (2019). Konservasi alam dalam islam. Yayasan Pustaka Obor Jaya.

Saddam, S. (2019). Integrasi nilai-nilai konservasi habituasi kampus melalui kegiatan nonakademik. Pendekar, 2(2), Article 2.

Suwarni, E., Rosmalasar, T. D., Fitri, A., & Rossi, F. (2021). Sosialisasi kewirausahaan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa mathla’ul anwar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 157–163. https://doi.org/ 10.52436/1.jpmi.28

Wakhidah, K., & Adiarti, W. (2014). Pengaruh penanaman nilai-nilai konservasi terhadap karakter peduli pada lingkungan anak usia dini. Early Childhood Education Papers, 3(2), Article 2.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats